Hati-hati saat Membeli, Ini 5 Cara Pilih Ikan Tuna Segar

Tuna fillet

Salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan ada di ikan tuna. Meski harganya sedikit mahal, namun rasa ikan tunas yang khas dan gurih membuat banyak orang menyukainya.

Namun, tahukah kamu jika memilih ikan tuna tidaklah mudah, bahkan cenderung tricky. Terlebih buat kamu yang awam dengan kekhasan ikan tuna. Nah, agar nggak salah pilih ikan tuna, berikut 5 cara memilih ikan tuna yang segar dan berkualitas.

Baca juga: Bagi-bagi Vespa, Intip Sumber Kekayaan Arief Muhammad

1. Tempat membeli ikan tuna

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat memutuskan membeli ikan tuna, adalah tempatnya. Pastikan kamu membeli di tempat yang bersih dan tidak menyengat. Hindari membeli ikan tuna yang dihinggapi lalat dan ditaruh di tempat kotor. Pilih ikan tuna yang bersih dan bersuhu dingin.

2. Warna ikan tuna

Selanjutnya adalah warna ikan tuna. Perhatikan daging ikan sebelum membeli. Ikan tuna yang bagus memiliki ciri daging berwarna kemerahan dan segar. Jangan ambil atau beli tuna yang terlihat pucat dan kotor, karena dipastikan kualitasnya jelek.

3. Tekstur ikan tuna

Kemudian adalah tekstur ikan tuna. Pilih ikan tuna yang bertekstur kenyal dan memiliki kulit yang lembab. Hindari membeli ikan tuna yang kulitnya terasa kering dan dagingnya lembek saat ditekan.

Baca juga: Setelah 141 Tahun, Jalur Kereta Api Bogor-Sukabumi Siap Kembali Beroperasi

4. Aroma ikan tuna

Setelah mengetahui warna dan tekstur ikan tuna, tips selanjutnya adalah aroma yang dikeluarkan ikan tuna. Biasanya ikan yang kualitasnya bagus memiliki aroma segar laut. Sebaliknya, ikan berkualitas jelek akan mengeluarkan aroma tak sedap seperti busuk dan anyir.

5. Hindari membeli ikan tuna potongan

Tips terakhir adalah menghindari membeli ikan tuna bentuk potongan. Jika kamu membeli ikan tuna potongan, hati-hati karena ada pedagang nakal yang suka menambahkan bahan kimia agar ikan terlihat segar. Karena itu, sebaiknya pilihlah ikan tuna utuh agar bisa dipastikan kualitasnya dengan baik.

Exit mobile version