7 Cara Mengemudikan Mobil Hemat BBM

cara mengemudi mobil hemat BBM

Harga BBM (Bahan Bakar Minyak) terus merangkak naik. Pengguna kendaraan pun mengeluh, karena pengeluaran menjadi lebih banyak. Tentu saja, hal ini memengaruhi operasional harian aktivitas masyarakat Indonesia. Mau tak mau, berbagai langkah untuk bisa hemat BBM pun harus dilakukan.

Di sisi lain, Pertamina memiliki kewajiban untuk menaikkan kualitas BBM agar lebih ramah lingkungan dan mengurangi subsidi agar tidak membebani keuangan negara. Karena itu, penyesuaian harga BBM ini memang tak bisa dihindari.

So, daripada mengeluh, coba dicek apakah kita sudah melakukan cara mengemudikan mobil yang hemat BBM?

Baca juga: BBM Naik, Ini 3 Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Matik

Cara Mengemudi Hemat BBM

1. Merencanakan Perjalanan

Kondisi lalu lintas yang semakin padat sementara jalanan kota tidak bertambah lebar membuat pengelola jalan melakukan banyak rekayasa, antara lain dengan lalu lintas searah, nomor kendaraan ganjil genap dan melarang U-turn di beberapa tempat.

Hal ini kadang membuat perjalanan kita pun menjadi lebih jauh karena harus memutar atau mencari jalan alternatif. Karena itu, rencanakan perjalanan sebelum mengeluarkan mobil, meski hanya untuk ke tujuan yang dekat. Pilih rute yang paling efisien agar lebih hemat BBM. Rute yang efisien tidak harus yang terpendek, bisa juga agak memutar tapi tidak macet.

Ajak pula penghuni rumah lain untuk pergi bersama dalam satu mobil jika jadwal dan rute memungkinkan, meskipun memiliki beberapa mobil. Atur agar semua kebutuhan bisa dipenuhi, dengan energi yang sehemat mungkin.

2. Cek Tekanan Ban

Tekanan ban yang pas akan membuat mobil melaju lebih baik sehingga lebih hemat BBM.

Setiap akan mengemudikan mobil, biasakan untuk berjalan ke sisi kanan dan kiri mobil lebih dulu sebelum membuka pintu, untuk melihat kondisi ban sepintas. Kondisi ban yang tidak ideal sangat dirasakan sopir karena kemudi menjadi agak berat dan agak sulit dikendalikan.

Ada 4 saat yang tepat untuk mengecek tekanan ban, yaitu ketika cuci mobil, mengisi bensin, akan bepergian jauh, dan ketika stir mobil terasa agak goyang.

Jika lupa berapa tekanan ban yang disarankan oleh produsen pembuatnya, bisa dicek di dekat pintu sopir bagian bawah. Umumnya tekanan ban tertulis di sana. Biasanya petugas pengisi angin di pom bensin atau cucian mobil juga sudah hafal standar tekanan ban untuk mobil-mobil yang laris di pasaran.

3. Matikan Mobil Jika Berhenti

Mobil-mobil injeksi dan matic sudah tidak perlu lagi dipanasi dalam waktu lama, apalagi hingga menggeram-geram karena digas. Dari kondisi dingin, cukup dipanaskan selama 1 menit sudah bisa jalan. Untuk mobil keluaran lawas, memang mungkin perlu perlakuan berbeda.

Jika sedang menunggu seseorang di tepi jalan, matikan mesin. Jika udara panas, bukalah jendela dan berhenti di tempat rindang agar tidak perlu menggunakan AC. Anggapan bahwa mesin yang terus dinyalakan akan lebih hemat BBM daripada yang dimatikan dan dihidupkan lagi itu tidak benar. Penguapan bahan bakar akibat mesin yang terus menyala justru membuat BBM boros.

Sedangkan mobil yang tidak sering digunakan karena bekerja secara daring atau terbiasa naik kendaraan umum, tetap perlu dipanaskan seminggu sekali agar aki tetap terisi. Untuk mobil yang ditinggal lama, aki bisa dilepas agar tidak tekor.

Baca juga: Hati-Hati, Kenali Penyebab Ban Mobil Kerap Kempes

4. Kosongkan Bagasi dari Barang-barang yang Tidak Perlu

Di zaman yang makin sibuk ini, mobil sudah menjadi rumah kedua bagi banyak orang. Pekerjaan, makanan, baju, alat ibadah, alat mandi, bahkan sepeda lipat, kadang menumpuk di bagasi. Jika benar-benar tidak ada waktu dan tenaga untuk bongkar muat tiap hari, gunakan waktu libur seperti akhir pekan untuk menyeleksi dan menurunkan barang-barang yang tidak diperlukan.

Semakin berat beban sebuah mobil, maka semakin berat pula mobil berakselerasi sehingga membuat BBM boros. Bagi sopir, bagasi yang penuh juga menguras tenaga karena kemudi makin berat diputar. Sopir akan cepat lelah dan konsentrasinya gampang terganggu.

5. Hindari Mengemudikan Mobil secara Agresif

Banyak pengendara di dalam kota yang mengemudikan mobil dengan emosi tinggi. Mereka sering mengincar kesempatan untuk menyalip. Selain memburu jadwal aktivitas yang padat, di dalam kota juga sering terjadi kemacetan.

Perilaku tiba-tiba tancap gas dan tiba-tiba mengerem akan membuat BBM boros. Dari laman MyPertamina disebutkan bahwa cara mengemudi yang benar bisa mengurangi efisiensi bahan bakar atau hemat BBM sebanyak 33%. Wah, lumayan banyak ya?

Banyaknya lampu lalu lintas di dalam kota juga menyebabkan pengendara tidak sabar. Mereka sering melakukan gas rem dan antre dengan sangat mepet mobil di depannya. Perilaku ini selain membuat sopir mobil depan kesal, juga sangat boros BBM.

Mengemudikan mobil di luar kota, terutama di jalan tol yang lebar dan mulus, juga memicu sopir untuk agresif. Di jalan tol memang dilarang menggunakan kecepatan rendah, tetapi bukan berarti memperlakukan jalan tol seperti sirkuit balap mobil. Mengemudikan mobil dengan kecepatan yang sangat tinggi akan membuat BBM boros karena mesin bekerja ekstra.

Menurut para pakar, mengemudikan mobil dalam kecepatan rendah dan kecepatan tinggi sama-sama membuat BBM boros. Kecepatan efektif yang disarankan adalah sekitar 48 – 80 km/jam.

6. Jangan Malas Pindah Gigi

Malas pindah gigi biasanya terjadi dalam antrean lampu lalu lintas atau kemacetan. Pindah gigi berfungsi untuk menjaga putaran mesin. Banyak pelatih kursus mengemudi yang mengajarkan agar mesin menggeram dulu, baru pindah gigi. Sebenarnya itu hanya cara mudah agar siswa kursus mengemudi bisa merasakan sinyal untuk pindah gigi. Pada praktiknya, justru hal ini membuat BBM jadi lebih boros.

Setelah bisa mengemudi, pindah gigi seharusnya dilakukan sesuai dengan penambahan dan pengurangan kecepatan agar putaran mesin yang stabil terjaga. Jika perpindahan ini mulus, akan lebih hemat BBM.

7. Merawat Mobil Secara Rutin

Mesin dan saluran-saluran yang kotor akan mengakibatkan BBM boros. Lakukan perawatan rutin sesuai dengan buku pedoman produsen mobil yang bersangkutan agar hemat BBM. Untuk pembersihan yang mudah, misalnya membersihkan saringan AC dan udara, bisa dilakukan sendiri. Sedangkan pembersihan yang lebih detail atau tune-up harus diserahkan kepada ahlinya.

Perawatan mobil seharusnya dilakukan secara rutin agar komponen mobil awet. Hindari menunggu mobil mengeluarkan bunyi-bunyian yang aneh atau bahkan mogok. Jika hal tersebut sudah terjadi, biasanya harus dilakukan penggantian komponen yang biayanya cukup banyak.

Baca juga: Tips Nyetir Mobil Malam Hari Agar Terhindar dari Kecelakaan

Hemat BBM sesungguhnya tidak hanya menghemat pengeluaran pribadi atau keluarga tapi juga menjaga agar mobil prima selama di perjalanan, serta memperbaiki perilaku pengemudi mobil demi keselamatan diri sendiri dan sesama pengguna jalan.

Jadi, yuk, terapkan tip-tip di atas, agar selain hemat BBM, kita sendiri sebagai pengendara mobil juga menjadi lebih nyaman.

Exit mobile version