6 Hewan yang Dipercaya Merupakan yang Pertama Hidup di Dunia

Hewan pertama di dunia masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Kurangnya jejak fosil membuat para peneliti hanya bisa membuat daftar hewan-hewan yang telah lebih dahulu hidup di dunia tapi tak bisa memastikan apakah hewan tersebut benar-benar yang pertama.

Sedikitnya penemuan fosil tersebut dikarenakan pada saat itu bumi masih minim oksigen dan diselimuti gas metana yang tinggi. Hanya hewan tertentu yang bisa bertahan. Umumnya, organisme yang diduga sebagai hewan pertama di dunia masih berbentuk mikroba sehingga jejaknya bukan berupa fosil, melainkan berupa jejak karbon di bebatuan.

Hewan Pertama di Dunia

 

Dikutip dari National Geographic Indonesia, munculnya spesies di bumi diawali dengan teori sup primordial. Sup primordial atau sup purba tersebut berisi gas metana, hidrogen, amonia, dan uap air yang mendapat bantuan energi dari sinar kosmis dan sambaran petir untuk membentuk senyawa-senyawa kompleks, antara lain asam amino. Senyawa-senyawa kompleks tersebut tumpah ke laut lalu muncullah awal kehidupan.

Wujud hewan-hewan pertama di bumi tidak bisa dibandingkan dengan hewan zaman sekarang yang sudah memiliki anatomi lengkap. Karena itu, jejak fosil yang lebih jelas seperti cangkang tidak bisa ditemukan. Berikut adalah 6 jenis hewan yang diduga merupakan hewan pertama di dunia, tanpa urutan perkiraan usia dan waktu penemuan.

hewan pertama di dunia

1. Filum arthropoda

Filum arthropoda dianggap paling sesuai mendiami bumi pada masa awal kehidupan. Spesies dalam filum ini antara lain serangga, laba-laba, krustasea, dan lipan.

Hewan pertama di dunia ini keluar dari sup primordial lalu menjelajah daratan. Kemudian serangga perintis berkembang biak dan memiliki banyak keturunan. Khusus untuk serangga dan laba-laba, ditemukan fakta bahwa hewan ini berkembang dengan subur di hutan purba.

Meski banyak ahli yang setuju, tetapi pada awal dikemukakannya pendapat ini belum ada bukti konkret dan spesifik tentang spesies mana yang dimaksudkan.

Baca juga: Mengenal Orangutan Kalimantan, Jenis Spesies, Habitat, hingga Perilakunya yang Unik

2. Kampecaris obanensis

Penemuan spesies ini memperkuat pendapat bahwa hewan yang bisa bertahan pada masa awal terbentuknya bumi adalah filum arthropoda. Kampecaris obanensis adalah semacam hewan kaki seribu purba yang ditemukan di Pulau Karrena, Skotlandia, pada tahun 1899.

Berdasarkan penelitian menggunakan penanggalan radiometrik, hewan ini diperkirakan hidup 425 juta tahun yang lalu. Hewan ini merupakan serangga perintis bagi makhluk darat.

Meski para peneliti setuju bahwa usia hewan ini sangat tua, tetapi belum bisa dipastikan apakah ini merupakan hewan pertama di bumi. Yang bisa disepakati adalah bahwa hewan kaki seribu merupakan penanda penting beralihnya kehidupan ke daratan.

3. Ubur-ubur Sisir atau Ctenophora

Ubur-ubur yang dimaksudkan di sini bukanlah ubur-ubur sejati yang memiliki penyengat. Meski belum lengkap, ubur-ubur sisir sudah organ tubuh yang kompleks. Ctenophora adalah garis keturunan pertama yang bercabang dari pohon silsilah hewan. Ubur-ubur sisir ini adalah pemangsa yang rakus.

Hewan ini diperkirakan sudah ada sebelum ledakan Kambrium sekitar 500 juta tahun yang lalu. Diperkirakan organisme ini sudah ada sejak 700-600 juta tahun yang lalu. Dasarnya adalah karena ubur-ubur sisir dan spons tidak memiliki fitur Bilaterian seperti makhluk hidup modern, yaitu otak yang terpusat, usus dari mulut ke anus, otot dan sebagainya.

4. Kelompok Spons atau Porifera

Kelompok spons adalah keturunan berikutnya setelah ubur-ubur sisir. Kelompok spons diikuti oleh diversifikasi ke semua hewan lain, termasuk garis keturunan yang mengarah ke manusia. Kelompok spons menghabiskan seluruh kehidupan dewasanya di satu tempat dengan menyaring makanan dari air laut.

5. Bicellum brasieri

Fosil organisme yang dianggap sebagai salah satu hewan pertama di dunia ini diperkirakan berusia satu miliar tahun dengan dua tipe sel yang berbeda. Organisme yang ditemukan di dataran tinggi Loch Torridon, Skotlandia, ini diperkirakan berkembang di sekitar danau air tawar, bukan di lautan.

Fosil ini merupakan penemuan penting yang memberikan gambaran tentang transisi dari organisme bersel tunggal ke organisme multisel. Bicellum brasieri berada di antara keduanya. Ini menunjukkan bahwa diferensiasi sel telah dimulai satu miliar tahun yang lalu.

6. Dickinsonia costata

Makhluk ini diperkirakan hidup sekitar 580 juta tahun yang lalu pada periode Ediacaran. Makhluk ini diperkirakan hidup di di dasar laut dengan bentuk tubuh bermacam-macam, seperti pelepah, pita, dan selimut. Makhluk ini hidup berdampingan dengan kelompok spons selama 80 juta tahun.

Para peneliti memperkirakan ada suatu perubahan besar sehingga sebagian makhluk yang hidup pada periode Ediacaran mendadak punah. Namun di akhir masa Ediacaran ini pula ditemukan adanya cacing yang mulai menggali dasar laut. Hilangnya satu makhluk hidup diikuti dengan munculnya makhluk hidup lain.

Baca juga: Panduan Wisata Gunung Padang: Eksplorasi Situs Megalitik Terbesar di Asia Tenggara

Beralihnya periode Ediacaran ke periode Kambrium 541-485 juta tahun yang lalu menandai pula kemunculan hewan-hewan dengan bagian tubuh yang lebih keras, seperti cangkang dan duri. Bagian-bagian tubuh tersebut memungkinkan hewan melakukan aktivitas baru, seperti menggali. Bagian tubuh lain seperti kepala dan ekor yang lebih jelas memungkinkan hewan mengejar musuh atau makanan.

Demikianlah fakta-fakta sejumlah hewan pertama di dunia yang dipercaya sebagai asal usul kehidupan di bumi. Penelitian untuk menemukan hewan yang secara ilmiah tak terbantahkan sebagai hewan pertama di dunia terus berlanjut.

Exit mobile version