Panduan Memilih Hiasan Dinding yang Tepat untuk Kamar Tidur

Fungsi utama dari kamar tidur adalah untuk mendapatkan kenyamanan saat beristirahat setelah aktivitas seharian yang melelahkan. Menghadirkan kenyamanan bisa dengan berbagai cara, mulai dari penataan furnitur, sirkulasi udara, kasur empuk serta penempatan hiasan dinding kamar yang tepat.

Dekorasi kamar tidur selain menambah nilai estetika, bisa juga bermanfaat sebagai sarana untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan memperhatikan skema desain interior maka fungsi tersebut bisa diwujudkan.

Dalam dekorasi kamar, sering kali hiasan dinding menjadi elemen desain interior yang diabaikan. Masih banyak yang melupakan dan asal memilih hiasan sehingga bukan rasa nyaman yang muncul tapi rasa kosong atau penuh.

Dalam pemilihan hiasan ini bisa dengan menyesuaikan kepribadian penghuninya. Misalnya bagi yang memiliki kepribadian riang, bisa menempatkan hiasan dengan warna-warni cerah. Atau yang memiliki kepribadian penyendiri, tidak selamanya mesti tema monokrom. Bisa juga memilih hiasan dengan warna alam seperti biru langit, hijau daun, maupun warna earth tone.

Oleh karena itu, memilih hiasan dinding kamar tidur yang tepat perlu dipikirkan agar penghuni bisa betah berada di dalamnya. Agar lebih jelasnya, berikut ini panduan memilih hiasan dinding kamar yang tepat.

Panduan Memilih Hiasan Dinding Kamar

Panduan Memilih Hiasan Dinding Kamar

1. Tentukan Gaya Dekorasi

Langkah pertama dalam memilih hiasan dinding kamar adalah menentukan tema dan gaya dekorasi yang diinginkan. Apakah ingin mengusung gaya minimalis, klasik, atau modern? Atau pengin menambahkan unsur seni atau alam di kamar tidur?

Dengan menentukan gaya dekorasi akan lebih mempersempit pilihan hiasan dinding apa yang sesuai dengan kebutuhan serta selera dari penghuninya. Jadi, bisa dengan mudah juga menentukan berapa banyak yang akan dibeli dan membuat anggaran belanja.

Beberapa contoh jenis hiasan dinding yang bisa dipilih terkait gaya dekorasi ini seperti abstrak, pop art, typographic maupun impresionis. Namun perlu diingat, yang penting adalah penghuni kamar tidur memilih gaya dan hiasan benar-benar disukai, memiliki makna tertentu, atau ada unsur kenangan.

Karena kamar tidur merupakan ruangan untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan, jadi pilihlah gaya dekorasi dan hiasan yang bisa mewujudkan hal tersebut.

Baca juga: 6 Tips Dekorasi Kamar Tidur yang Nyaman, Estetik, dan Kekinian

2. Ukuran Kamar dan Hiasan

Dinding kamar tidur yang akan dipasang hiasan dinding wajib diukur terlebih dulu. Setelah selesai mengukurnya, pilih hiasan dinding dengan ukuran yang proporsional terhadap ukuran dinding tersebut.

Apabila memiliki kamar tidur minimalis, sebaiknya memilih ukuran hiasan dinding berukuran sedang atau kecil. Sebaliknya hindari memilih ukuran hiasan yang besar karena akan visual ruangan terlihat lebih sempit.

Berbeda halnya memiliki ruang tidur dengan ukuran yang besar, bisa menempatkan hiasan misal lukisan ukuran besar tetapi cukup satu saja sebagai focal point. Jadi, ruangan tetap terasa lega dan tidak terkesan sesak.

3. Skema Warna

Memilih warna untuk hiasan dinding kamar bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu menyesuaikan kepribadian seperti yang sudah dijelaskan di atas, memilih warna yang sama persis dengan gaya dekorasi dan warna yang kontras sebagai pelengkap.

Dengan memilih warna hiasan yang senada dengan dinding akan membuat tampilan lebih halus. Berbeda dengan warna kontras, akan menimbulkan kesan yang lebih berani. Untuk warna kontras, sebaiknya tetap menggunakan colors wheel supaya tetap tercipta keharmonisan warna.

Pengin menggunakan warna earth tone yang lagi hits atau bahan kayu pun bisa saja asalkan sesuai dengan warna dinding.

4. Mengatur Penempatan dan Pemasangan

Karya seni sekarang ini menjadi favorit untuk ditempatkan sebagai hiasan dinding kamar. Apabila ingin memilih karya seni, pastikan palet warnanya sesuai. Agar pemasangannya tidak ‘merusak’ dinding dan karya seni tersebut, bisa diatur dengan meletakkannya dulu di lantai, kemudian tempelkan kertas di dinding sebagai acuan. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran sebelum membuat lubang di dinding.

Mau pasang hiasan seperti rak dinding pun bisa dilakukan dengan cara yang sama. Pastikan diukur terlebih dulu, digaris, lalu gunakan bor atau paku untuk melubangi dinding.

Untuk penempatan hiasan dinding yang tepat itu ada pada garis dua per tiga hingga tiga perempat dari tinggi dinding kamar tidur atau singkatnya sejajar dengan mata. Jika ingin menggantung hiasan di atas tempat tidur, tempatkan kira-kira 20-25 cm di atas headboard. Jarak tersebut berlaku juga ketika ingin menggantung hiasan di atas sofa dan furnitur.

5. Menyesuaikan Bujet dan Kualitas Produksi

Memilih hiasan dinding kamar, tentunya harus menyesuaikan dengan bujet serta kualitas produknya. Memang sekarang ini ada banyak penjual hiasan dinding dengan model beragam, tapi perlu diperhatikan kualitas produknya juga. Dicek terlebih dahulu bahan pembuatannya karena akan berpengaruh terhadap seberapa lama hiasan tersebut bisa bertahan.

Hiasan dinding berkualitas baik akan bisa bertahan lama dan memberikan nilai tambah pada dekorasi kamar.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Interior Rumah Sederhana Namun Terlihat Mewah

Panduan memilih hiasan dinding kamar di atas bisa diterapkan baik untuk kamar tidur utama dan anak. Dengan panduan tersebut, hiasan dinding akan membuat visual kamar lebih menarik dan meningkatkan nilai estetika.

Exit mobile version