Kisaran Kalori pada 6 Hidangan Iduladha yang Wajib Hadir

JNEWS – Menyambut Hari Raya Kurban, umat muslim biasanya akan menyiapkan aneka hidangan Iduladha dari bahan dasar daging sapi dan kambing. Rempah pelengkap pun sudah disediakan agar bisa langsung mengolah daging tersebut dan disantap bersama keluarga.

Iduladha adalah hari raya umat Islam yang diadakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Hari raya ini identik dengan penyembelihan hewan kurban setelah selesai melaksanakan salat Ied. Hewan yang biasanya dikurbankan adalah sapi, kerbau, domba maupun kambing. Namun, di Indonesia umumnya berkurban dengan hewan sapi dan kambing.

Setelah hewan kurban dipotong, biasanya dagingnya langsung dibagikan kepada masyarakat sekitar. Biasanya masyarakat akan mengolahnya ke berbagai makanan khas Iduladha mulai dari gulai hingga rendang.

Komposisi hidangan Iduladha dari daging memang kaya akan protein yang tinggi, vitamin, kalsium, dan juga lemak. Adapun kandungan lemak pada daging akan memengaruhi dari jumlah simpanan kalorinya. Apalagi jika daging tersebut diolah dengan berbagai bahan tambahan seperti santan dan kacang, tidak menutup kemungkinan kalorinya bisa bertambah.

Perlu diketahui, rata-rata asupan kalori harian yang direkomendasikan bagi perempuan dewasa sekitar 1.600-2.400 kalori. Sedangkan untuk pria dewasa antara 2.200 hingga 3.200 kalori per hari.

Mengonsumsi daging pada saat Iduladha tidak masalah, asall pastikan untuk tidak berlebihan. Berikut ini sejumlah hidangan Iduladha yang wajib hadir beserta kisaran kalorinya.

6 Hidangan Iduladha yang Wajib Ada beserta Kisaran Kalorinya

Resep daging sapi: Rendang

1. Rendang

Rendang adalah hidangan Iduladha biasanya selalu disajikan di hari raya ini. Berbahan dasar dari daging sapi, rendang dimasak dengan menggunakan aneka rempah dan santan. Umumnya ada dua jenis rendang yang kerap disajikan, yaitu rendang kering dan basah.

Selain kaya akan rempah, menu ini juga harus melewati proses memasak yang cukup lama. Apabila menginginkan rendang kering, masaknya selama 5-6 jam. Kalau ingin masak rendang basah, prosesnya sekitar 4 jam.

Bagaimana dengan kalorinya?

Dalam 100 gram rendang (setara 1-2 potong daging ukuran sedang), mengandung sekitar 195 kkal dan 19,6 gram protein. Untuk 1 porsi rendang (240 gram) jumlah kalori sebesar 468 kalori, dengan 51% lemak, 40% protein, dan 9% karbohidrat.

Sayangnya, hidangan ini ternyata memiliki lemak paling tinggi yaitu 11 gram. Jumlah tersebut setara dengan 51% kebutuhan lemak harian orang dewasa.

Baca juga: 3 Resep Daging Sapi dengan Berbagai Cita Rasa untuk Iduladha

2. Gulai Kambing

Iduladha tanpa gulai kambing, rasanya pasti kurang lengkap. Hidangan ini memang favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan cita rasa pedas, bercampur rempah yang kaya dan gurih dari santan, membuat masakan ini selalu dicari saat Hari Raya Kurban.

Mengolah daging kambing memang membutuhkan keterampilan memasak yang mumpuni. Karena apabila tidak diolah dengan baik, bau prengus akan melekat dan daging juga akan alot.

Dikutip dari website Nilai Gizi, kalori yang terkandung dalam seporsi gulai kambing sebanyak 126 kkal. Sementara untuk protein sebesar 4,20 gram, lemak 9.40 gram, karbo 6.20 gram.

3. Sate Kambing

Selain gulai kambing, hidangan sate pun menjadi favorit saat Iduladha. Cara pengolahan sate kambing tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya. Sedikit berbeda pada bumbu marinasi saja untuk menghilangkan baunya.

Biasanya resep sate kambing yang umum dibuat adalah sate kambing dengan bumbu kecap. Lalu, untuk bawang merah dan cabai diiris tipis sebagai pelengkap.

Dalam 100 gram sate kambing terdapat 216 kalori. Untuk lemak 14,06 gram (57%), karbo 4,81 gram (9%) dan protein 18,93 gram (34%). Sedangkan dalam 1 tusuk sate kambing mengandung 32 kalori, 2,11 gram lemak, karbo 0,72 gram dan protein 2,84 gram.

4. Semur Daging

Semur adalah salah satu menu yang paling gampang untuk diolah. Cukup merebus dagingnya bersama bumbu seperti kecap, bawang merah, bawang putih, pala, dan cengkih. Lalu, masak hingga empuk. Untuk melengkapi semur biasanya ditambahkan kentang dan taburan bawang goreng.

Dalam satu mangkuk semur daging (200 gram) mengandung 281 kalori, lemak 16 gram, karbo 8,68 gram dan protein 25,39 gram. Sedangkan untuk semur 100 gram memiliki jumlah kalori sebesar 141 kalori. Untuk satu mangkok, kalorinya sebesar 337 kalori.

5. Tongseng

Tongseng adalah kuliner khas dari Jawa Tengah. Menu ini menggunakan bahan dasar daging kambing, santan, kol, cabai rawit dan tomat merah. Penggunaan santan dalam hidangan ini menciptakan cita rasa perpaduan gurih, manis, dan pedas.

Seporsi tongseng 100 gram mengandung 169 kalori, lemak 11,83 gram, karbo 6,43 gram dan protein 10,81 gram. Rincian kalori: 61% lemak, 15% karbo, 25% protein.

6. Sop Iga Sapi

Sop iga sapi adalah hidangan favorit semua kalangan, terlebih anak-anak. Cara memasaknya pun tidak sulit, cukup dengan merebus iga sapi sampai empuk lalu tambahkan bumbu bawang putih, cengkih, dan pala. Biasanya disajikan dengan kentang, wortel, daun bawang, dan bawang goreng.

Untuk seporsi iga sapi dengan kentang dan sayuran (wortel, brokoli) terdapat 222 kalori. Dengan rincian kalori: 40% lemak, 35% karbo, 25% protein.

Agar bisa mengonsumsi hidangan Iduladha di atas tanpa rasa khawatir dengan jumlah kalori yang banyak, beberapa tip singkat berikut ini bisa diterapkan yaitu:

Baca juga: Mengenal Hidangan Tradisional Isra Mikraj: Warisan Kuliner Umat Islam

Hidangan Iduladha di atas bagi sebagian orang semacan nostalgic food, karena mengingatkan pada momen-momen indah bersama orang tersayang. Namun, tetap pastikan untuk mengonsumsi dalam porsi secukupnya.

Exit mobile version