Hindari 5 Hal Ini Saat Memasak Santapan untuk Keluarga

Hindari 5 Hal Ini Saat Memasak Santapan untuk Keluarga

Hindari 5 Hal Ini Saat Memasak Santapan untuk Keluarga

Bahan pangan adalah hal utama yang dibutuhkan manusia, terutama untuk masa pertumbuhan anak-anak. Karena itu dalam memasak santapan untuk keluarga tidak bisa diremehkan.

Ada hal-hal penting yang harus diperhatikan saat memasak, agar kandungan gizi pada pangan tetap terjaga dan aman untuk dikonsumsi.

Baca juga: Awas Ketipu, Gini Cara Mudah Cek Jasa Pinjol yang Resmi

Ada hal-hal yang pantang dilakukan saat memasak, berikut di antaranya:

1. Jangan mencuci ayam atau daging unggas yang mentah sebelum memasak santapan

Mencuci daging unggas dianggap tidak efektif membunuh bakteri yang menempel pada daging. Malah dengan mencuci sebelum memasak santapan dapat menyebabkan bakteri menyebar di sekitar tempat cucian.

Di samping itu, mencuci akan membuat daging makin lembut dan tidak garing saat dimasak. Disarankan untuk mengelap daging dengan tisu kering melalui cara ditepuk-tepuk.

2. Jangan panaskan panggangan terlalu cepat 

Saat akan menggunakan panggangan daging, sebaiknya panaskan grill secara perlahan. Memanggang dilakukan dengan api besar, tapi jangan berlebihan, biarkan waktu panggangan mencapai suhu yang tepat, baru letakkan dagingnya.

Baca juga: Bikin Kamar Tidur Bebas dari Nyamuk

3. Biarkan daging dari freezer memiliki suhu normal sebelum memasak santapan

Pastikan jangan langsung memasak daging yang baru dikeluarkan dari freezer atau chiller. Biarkan daging mencapai suhu normal terlebih dulu ketika akan dimasak.

Kamu bisa meletakkannya di talenan atau piring terlebih dahulu. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dimasak. Hal ini berguna untuk membuat daging matang sempurna dan tidak kering.

4. Jangan masak kentang yang baru dipotong

Buat kamu yang menyukai kentang, sebaiknya hindari mengolah kentang mentah yang baru dipotong. Saat kentang segar yang dipotong kemudian digoreng, maka semua air akan meresap ke dalamnya dan membuat kentang hangus.

Sebaiknya potong dan rendam di air garam selama satu jam. Tiriskan, lalu masukkan ke dalam penggorengan untuk mendapatkan kentang goreng nikmat dengan tekstur renyah di luar namun empuk di dalam.

Baca juga: Ini Mobil Baru Suzuki yang Harganya Ramah Kantong

5. Hindari menambahkan garam di larutan marinasi dalam memasak santapan

Kesalahan lain yang kerap dilakukan para koki rumahan adalah memasukkan garam ke dalam campuran marinasi daging ikan atau unggas. Padahal garam berfungsi sebagai penyerap air. Sehingga saat menambah garam ke dalam marinasi aka menyebabkan rasa menjadi lebih asin dan protein yang dimarinasi menjadi kering.

 

Exit mobile version