7 Hobi Ekstrem untuk Pacu Adrenalin yang Seru Banget

Apakah kamu bosan dengan hobi yang biasa-biasa saja ? Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, hobi yang biasa-biasa saja mungkin akan kurang memuaskan. Ketika kamu melakukan hobi sebagai petualangan, kamu akan menemukan pengalaman baru dan tidak terlupakan. Hobi ekstrem menjadi hobi yang cocok bagi kamu untuk mencari petualangan baru dan memacu adrenalin.

Kamu pengin mencoba? Berikut beberapa hobi ekstrem yang masih cukup friendly dicoba oleh pemula, tetapi bisa memacu adrenalin biar hidup makin seru.

Hobi Ekstrem yang Menarik dan Memacu Adrenalin

1. Mendaki Gunung

Mendaki gunung menjadi salah satu hobi ekstrem yang diminati anak-anak muda. Selain terlihat keren, mendaki gunung juga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar karena kamu akan dipancing untuk berjalan jauh.

Hobi ini dapat membangunkan adrenalin kamu karena banyak rintangan yang akan kamu hadapi. Kamu akan menyusuri jalur pendakian yang tidak biasa dan sangat sulit untuk dilalui. Setiap gunung memiliki jalur yang berbeda-beda seperti ada jalur yang penuh dengan bebatuan dan ada juga jalur berupa tanah. Meskipun begitu, kamu akan tetap dipancing untuk terus mendaki hingga ke puncak dan dapat melihat pemandangan yang sangat indah seperti melihat sunrise.

Mendaki tidak hanya berbekal tas carrier saja, namun  kamu perlu mempersiapkan mental dan niat, serta memiliki kondisi fisik yang baik.

Baca juga: Starter Kit untuk Hobi Fotografi ala Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

sky diving

2. Sky diving

Sky diving juga dapat menjadi salah satu hobi esktrem yang memacu adrenalin kamu karena kamu akan merasakan sensasi terbang di langit. Kamu dapat melihat awan dari jarak dekat dan melihat keindahan daratan serta lautan di bawahmu dari ketinggian kurang lebih 8.000 kaki.

Selain tekad dan keberanian, kamu membutuhkan keterampilan khusus agar bisa melakukan sky diving. Namun, hobi ini memerlukan biaya yang cukup besar karena kamu harus menyewa pesawat, instruktur, dan beberapa peralatan pribadi.

3. Surfing

Bagi kamu yang menyukai pantai dan derasnya ombak, surfing bisa menjadi hobi ekstrem yang cocok bagi kamu. Kamu bisa merasakan sensasi berdiri di atas papan selancar dengan mengikuti arus ombak.

Selain itu, kamu bisa merasakan perasaan damai saat berada di atas ombak dan juga bisa menjadi pengalaman yang tidak bisa terlupakan. Dengan surfing, kamu juga bisa merasakan terjangan ombak yang ganas dan menjaga keseimbangan di atas papan seluncur sehingga dapat memicu adrenalin kamu.

Meskipun terlihat rumit di awal, namun setelah kamu beberapa kali melakukan latihan dasar, kamu akan ketagihan untuk mencobanya berulang kali. Akan tetapi, surfing membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena kamu harus mempersiapkan peralatan seperti papan seluncur, tali pengikat kaki, dan pakaian khusus.

Surfing tidak hanya memicu adrenalin saja namun juga bermanfaat bagi kesehatan mental seperti memperbaiki suasana hati, mengurangi kecemasan, memicu perasaan senang, serta membantu terapi trauma dan PTSD.

Baca juga: Mengalami Gempa Bumi, Begini Cara Antar Anggota Keluarga Saling Menguatkan Agar Tidak Trauma

4. Rafting

Jika kamu ingin bermain air dan tidak tertarik surfing, kamu bisa melakukan rafting atau arung jeram. Hobi ekstrem ini sudah diminati oleh banyak orang karena tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar dan dilakukan beramai-ramai.

Hobi ini akan menggabungkan sisi petualangan, olahraga, kerja sama tim, dan rekreasi karena kamu akan menerjang arus sungai yang cukup deras. Selain itu, kamu diharuskan untuk bisa mengendalikan perahu karet tetap berada di tengah arus sungai dan menjaga keseimbangan perahu ketika terkena terjangan arus deras sungai.

5. Panjat Tebing

Selain skydiving yang dapat sangat memacu adrenalin, panjat tebing menjadi pilihan aktivitas paling ekstrem. Meskipun termasuk kegiatan yang ekstrem, jumlah peminat hobi ini sangat banyak.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah kamu akan merasakan curamnya jalur pendakian dan tantangan untuk memanjat di medan yang tidak biasa. Umumnya, panjat tebing biasa dilakukan di daerah yang berkontur bebatuan dengan sudut kemiringan tebing mencapai 45 derajat, atau bahkan lebih, dan setiap tebing memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda.

Panjat tebing mengolaborasikan beberapa kekuatan fisik dari tangan, kaki, dan tubuh serta jari tangan dan kaki kamu. Meskipun panjat tebing termasuk kegiatan yang sangat ekstrem, kegiatan ini memiliki standar keamanan tinggi, apalagi jika sudah dilakukan oleh mereka yang pro.

Penting bagi kamu sebelum melakukan panjat tebing, lebih baik melakukan latihan dasar dan mengetahui teknik-teknik mendaki yang tepat agar lebih aman.

6. Bungee Jumping

Bungee jumping juga menjadi tempat untuk melakukan hobi ekstrem untuk memicu adrenalin.

Seperti namanya, kegiatan ini mengharuskan kamu untuk melompat dari ketinggian dengan dihubungkan ke tali karet elastis panjang. Tali tersebut dililitkan di pergelangan kaki dan terdapat sabuk pengaman yang dipasang di pinggang untuk keamanan tambahan. Melakukan kegiatan ini tidak diperlukan latihan seperti kegiatan yang lainnya di atas, karena kamu hanya perlu melakukannya sesuai dengan prosedur.

Pada umumnya, bungee jumping dapat dilakukan bagi orang yang sudah mencapai standar usia di atas 10 tahun dengan berat badan minimal 30-43 kg dan maksimal 118 kg. Meskipun tidak ada latihan untuk melakukan kegiatan ini, namun tetap dilakukan dengan pengawasan dari instruktur profesional. Pastikan kamu mendengarkan arahan dari instruktur sebelum melompat.

7. Body Rafting

Body rafting memiliki kesamaan namun berbeda dengan arung jeram karena sama-sama menyusuri arus sungai tetapi menggunakan tubuh dari peserta sendiri. Arung jeram biasa dilakukan dengan perahu karet, bukan? Berbeda dengan body rafting, kamu akan menyusuri arus sungai menggunakan langsung tubuh sebagai perahu dan dayung.

Tentu, kegiatan ini juga memerlukan banyak orang sebagai peserta. Kegiatan ini sangat menantang dan sedikit ekstrem karena mengandalkan kekuatan deras aliran arus sungai untuk menggerakkan tubuh kalian. Kamu diwajibkan untuk menggunakan pelampung, helm, alas kaki, dan harus mengetahui prosedur dari instruktur sebelum melakukan kegiatan ini sebagai keamanan.

Kegiatan ini dapat menjadi petualangan bagi kamu karena kamu akan diajak untuk mempertahankan diri dari kuatnya arus sungai sambil diperlihatkan pemandangan di dalam gua.

Baca juga: Hati-Hati Berwisata Bisa Ancam Kesehatan, Perhatikan Hal Ini

Nah, itu tadi beberapa kegiatan bagi kamu yang memiliki hobi ekstrem. Pastikan kamu sudah mengetahui setiap prosedur sebelum melakukan hobi tersebut sebagai keamanan diri kamu sendiri. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut ?

Exit mobile version