Starter Kit untuk Hobi Fotografi ala Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sosok Menteri PUPR Pak Basuki Hadimuljono tiba-tiba menjadi trending topic di jagat Twitter pekan lalu. Foto yang beredar di dunia maya ketika Pak Bas -sapaan akrab beliau- tengah mengambil foto Presiden Jokowi sontak mengundang komen positif dari warganet. Ternyata, Pak Bas memiliki hobi fotografi yang baru diketahui sekarang ini.

Foto yang beredar adalah ketika Pak Bas memotret Presiden Jokowi bersama pemimpin negara G20 seperti Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen yang tengah menanam mangrove di hutan Tahura, Nusa Dua, Bali.

Kala itu Pak Bas mengenakan kemeja putih lengan pendek, celana panjang berwarna hitam, topi yang dipakai dengan cara terbalik, dan kamera DSLR lensa tele atau biasa disebut lensa panjang. Penampilannya layaknya jurnalis foto yang bertugas mengawal kegiatan presiden. Dan karena berada di kerumunan jurnalis, Pak Bas pun sempat dikira sebagai wartawan foto.

Ternyata hobi fotografi Pak Bas diamini oleh juru bicara Kementerian PUPR, Endra Atmawidjaja. Saat itu tugas Kementerian PUPR di event KTT G20 sudah selesai, dan Pak Bas memilih menyalurkan hobi fotografi sambil menemani Pak Presiden Jokowi. Di kalangan Kementerian PUPR, ternyata hobi fotografi Pak Bas sudah tidak asing bagi mereka.

Menjalani hobi fotografi di masa sekarang ini tidak sulit. Harga kamera yang bervariasi dan ramah di kantong membuat banyak orang bisa melakukannya. Bahkan ada yang menjadikan fotografi sebagai ladang mata pencaharian.

Baca juga: Ubah Hobi Jadi Cuan, Begini Caranya!

Nah, bagi kamu yang ingin memulai hobi fotografi, berikut ini starter kit ala Pak Basuki Hadimuljono yang bisa dijadikan referensi.

Starter Kit Hobi Fotografi ala Pak Basuki Hadimuljono

1. Kamera

Memulai hobi fotografi tentunya kamu harus menyiapkan peralatan utama, yaitu kamera. Sering kali yang menjadi bahan pertanyaan adalah kamera apa yang bagus untuk pemula? Semua kamera bagus. Apalagi di era teknologi yang semakin canggih, kamera DSLR maupun mirrorless dilengkapi berbagai fitur untuk berbagai kebutuhan.

Untuk awal, tidak perlu membeli kamera dengan harga selangit, yang kemudian malah membuat bingung dengan fitur-fiturnya. Alangkah baiknya jika kamu membeli kamera dengan harga terjangkau dulu sebagai media belajar. Kamera dengan fitur sederhana akan membuat kamu lebih mudah memahami teknik dasar fotografi.

Dan selalu ingat bahwa kamera mahal maupun murah tidak selamanya menghasilkan foto yang bagus. Karena yang utama adalah orang di balik kamera. Bagaimana seorang fotografer menguasai teknik-teknik fotografi dan memanfaatkan fitur kamera adalah kunci menghasilkan foto terbaik.

Baca juga: 5 Aksesoris Kamera DSLR Penunjang Hobi Fotografi

2. Lensa

Biasanya membeli kamera tidak dilengkapi dengan lensa. Lensa dibeli terpisah. Namun, ada juga toko yang menjual kamera bundling dengan lensa kit (lensa bawaan).

Memulai hobi fotografi sebaiknya menggunakan lensa kit terlebih dulu. Di sini kamu akan belajar segita eksposure, rule of third dengan fitur yang ada di kamera dengan lensa kit. Jika kamu sudah mahir, pilihan lensa lain bisa kamu pertimbangkan untuk membelinya.

Nah, Pak Bas sendiri menggunakan lensa tele atau lensa panjang. Umumnya penggunaan lensa ini untuk memotret olahraga, margasatwa di mana posisi fotografer tidak bisa mendekati subjek tersebut.

Lensa tele juga sering digunakan oleh fotografer model maupun fotografer makanan. Karena lensa ini dirancang khusus untuk mengambil foto subjek ataupun point of interest (POI) dalam jarak dekat juga jauh.

Sumber: suara.com

3. Laptop

Menekuni hobi fotografi berarti kamu harus memiliki laptop juga. Sebaiknya memilih laptop dengan spesifikasi tinggi karena akan sangat menunjang saat melakukan pengeditan foto. Sangat disarankan untuk menginstal software editing foto seperti Adobe Photoshop yang kualitas hasil editannya sudah tidak diragukan lagi.

4. Harddisk Eksternal

Harddisk eksternal itu penting dalam hobi fotografi. Kenapa? Ketika memotret biasanya kita akan motret dalam jumlah yang banyak untuk mendapatkan foto terbaik. Nah, kamu membutuhkan satu tempat khusus untuk menyimpan semua file foto.

Jadi, agar enggak memenuhi memori laptop, jangan lupa sediakan harddisk eksternal untuk menunjang hobi fotografi, ya.

5. Tripod

Tripod sangat berguna untuk memotret di indoor maupun outdoor. Apalagi jika tangan kamu sering tremor saat memegang kamera, tripod adalah penyelamat.

Kadang kala hasil foto yang sedikit blur itu pengaruh dari tangan yang tremor. Sedikit saja tremor akan berpengaruh di hasil foto. Dengan tripod akan membuat kamera untuk tetap berada di tempat dalam kondisi stabil.

Kelebihannya ketika memakai tripod sudut pengambilan foto pun tidak akan berubah. Secara langsung akan memudahkan kinerja kamu saat akan mengedit nanti dan tidak perlu sering ngecek ulang posisi kamera sebelum motret.

Baca juga: Tips Ampuh Dapatkan Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa

Starter kit untuk hobi fotografi ala Pak Basuki Hadimuljono tidaklah banyak. Karena ketika melakukan foto outdoor untuk acara santai seperti yang dilakukan Pak Bas, tidak terlalu banyak membawa barang akan memudahkan pergerakan kamu. Gimana sudah ada referensi mau yang mana dibeli duluan? Selamat memotret!

Exit mobile version