Hobi Gowes? Ini Tips Merawat Kulit Wajah Tetap Sehat

Hobi Gowes? Ini Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat

Hobi Gowes? Ini Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat

Tips Merawat Wajah Kusam – Semenjak mulai diberlakukannya New Normal, bersepeda atau gowes menjadi tren yang banyak digemari. Tak memandang usia, kegiatan bersepeda bisa jadi salah satu olahraga sehat yang dilakukan semua kalangan.

Untuk menjaga kebugaran tubuh, bersepeda menjadi olahraga di luar rumah yang dianjurkan pemerintah, namun tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satunya tidak bergerombolan atau berkerumunan.

Meski dapat memberi efek menyehatkan tubuh, tetapi Anda tidak boleh mengabaikan kesehatan kulit wajah. Terlebih untuk Anda yang hobi gowes hingga berjam-jam di bawah paparan sinar matahari. Supaya kulit tetap sehat terjaga meski gowes, ini tips merawat kulit wajah tetap sehat.

BACA JUGA5 Tempat Nongkrong di Jakarta untuk Pecinta Sepeda

Tips Merawat Kulit Wajah Tetap Sehat Meski Hobi Gowes

1. Jangan Lupa Cuci Wajah Usai Bersepeda

Tips merawat wajah yang pertama adalah jangan lupa untuk membersihkan usai gowes. Membersihkan wajah tidak hanya setelah bersepeda, tetapi wajib Anda lakukan usai beraktifitas seharian di luar ruangan atau menggunakan make up.

Nah buat Anda hobi gowes, pastikan kondisi kulit Anda dalam keadaan bersih sebelum dan sesudah bergowes. Mengingat aktivitas di luar rumah harus menggunakan masker, penting untuk menjaga kulit tetap bersih.

Karena jika kondisi kulit berminyak dan terpapar debu maupun kotoran, kemudian Anda menutupinya dengan masker, bukan tidak mungkin akan terjadi iritasi hingga memunculkan bakteri penyebab jerawat akibat pori-pori yang tersumbat.

2. Perhatikan Kebersihan Masker

Berapa kali Anda mengganti masker setiap harinya? Penting untuk menjaga kehigienisan masker Anda untuk menghindari iritasi atau mascne. Tidak hanya itu, menjaga kebersihan masker juga sangat penting untuk menghindari virus masuk ke hidung dan mulut.

Sebaiknya masker wajah diganti setiap 4 jam sekali, sedangkan untuk masker medis sekali pakai, selalu rutin ganti setiap digunakan, meski kondisi masker masih dalam keadaan baik.

Buat anda pengguna masker medis, jangan lupa untuk menghancurkan masker, dan menggunting tali pengaitnya sebelum dibuang, ya!

3. Lindungi Kulit Dengan Tabir Surya

Gowes memang sangat menyenangkan, menikmati hangatnya sinar matahari pagi ataupun sore, ditambah semilir angin nan sepoi-sepoi. Tapi jangan lupa untuk melindungi kulit wajah Anda dengan tabir surya, agar tidak terbakar akibat paparan sinar matahari.

Pilih jenis tabir surya yang sesuai dengan kondisi kulit, baik jenis chemical maupun mineral sunscreen agar menghindari wajah kusam. Selain itu, pastikan untuk selalu melakukan re-apply sunscreen setidaknya setiap 2 jam sekali.

Untuk sesi re-apply Anda bisa mengandalkan produk tabir surya berjenis spray agar lebih praktis dan mudah dibawa saat bersepeda.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Trekking di Bogor yang Seru

4. Rutin Lakukan Eksfoliasi

Jika anda adalah golongan orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, secara tidak langsung membuat kulit terpapar debu, kotoran serta keringat. Apalagi saat bersepeda, tentu saja keringat yang dihasilkan akan lebih banyak.

Agar kondisi kulit tetap bersih dan sehat, pastikan untuk rutin melakukan eksfoliasi baik dengan produk scrub, atau melakukan peeling secara rutin di rumah maupun klinik kecantikan.

5. Rawat Kelembapan Kulit Dengan Produk yang Tepat

Selain rutin mengangkat sel kulit mati, Anda juga perlu memilih produk pelembap yang cocok untuk memenuhi kebutuhan hidrasi kulit. Selain menggunakan produk pelembap secara rutin di pagi dan malam hari, tak ada salahnya untuk menambahkan perawatan seperti penggunaan sheet mask yang kaya kandungan pelembap.

Penggunaan sheet mask tidak hanya menghidrasi kulit, tapi juga bisa memberi efek relaksasi di wajah. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menyeka area belakang leher, atau telapak kaki yang terasa pegal.

Nah itulah tips menjaga kulit tetap sehat untuk Anda yang hobi gowes agar terhindar dari wajah kusam. Tentunya Anda tidak inginkan tubuh sehat tapi kulitnya menjadi kusam, terutama pada area wajah.

BACA JUGA: Dukung Donor Darah, JNE Gowes Bareng Sandiaga Uno

Exit mobile version