Homestay di Jogja: Pilihan Akomodasi yang Ramah Anggaran dan Nyaman

Homestay di Jogja makin banyak seiring pulihnya pariwisata setelah pandemi. Sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, seluruh hotel di Jogja penuh setiap liburan. Banyaknya wisatawan yang tak tertampung hotel membuka peluang usaha homestay.

Homestay di Jogja memanfaatkan rumah-rumah yang tidak dihuni pemiliknya sebagai salah satu efek kota pelajar. Banyak orang tua dari luar Jogja yang membeli rumah untuk anaknya yang berstatus mahasiswa agar lebih leluasa ketika berkunjung. Namun banyak mahasiswa yang kemudian bekerja di kota lain setelah lulus kuliah.

Homestay di Jogja

Homestay berbeda dengan hotel. Jika hotel harus memenuhi standar tertentu, homestay tidak memiliki aturan baku. Kadang homestay mirip rumah kos, yaitu rumah yang menyewakan kamar-kamar kepada orang lain. Namun khusus untuk Jogja, Pemkot tidak membiarkan homestay beroperasi tanpa pengetahuan tentang pelayanan prima untuk tamu.

Melalui Dinas Pariwisata, homestay diberi pengetahuan tentang standarisasi usaha, standar CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment), dan standar kompetensi SDM pariwisata. Berikut adalah beberapa homestay dengan standar kepariwisataan yang baik untuk wisatawan umum dan backpacker.

Homestay di Jogja: Pilihan Akomodasi yang Ramah Anggaran dan Nyaman

1. Palem Kipas Homestay

Alamat: Gang Kenanga MJ3/59 Ngadinegaran, Mantrijeron, Yogyakarta.
Harga: Rp500.000.

Homestay di Jogja bagian selatan ini terletak 1,8 km dari Kraton Yogyakarta. Fasilitas yang tersedia adalah peralatan mandi, AC dan sarapan. Uniknya, tamu bisa memilih menu sarapan Asia, halal atau vegetarian.

Homestay ini berupa rumah yang besar dan luas. Bangunan dengan cat warna putih dan lampu yang terang membuat homestay terlihat bersih. Kamar-kamar yang disediakan juga lebih luas dari kamar hotel.

Baca juga: 10 Villa di Jogja dengan Kolam Renang Pribadi

2. Tigalima Homestay

Alamat: Jl. Kepuh GK III No.946, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.
Harga: Rp375.000

Fasilitas yang mencolok dari homestay ini adalah kolam renang, dan ditumbuhi banyak tanaman yang membuat suasana adem.

Homestay ini berjarak 2 km dari Universitas Negeri Yogyakarta. Meski berada di tengah kampung, tapi suasana cukup tenang. Aksesnya mudah dari Jl Afandi atau Gejayan.

Tigalima dilengkapi dengan AC, tempat nongkrong, ruang makan, wifi, dan dapur lengkap yang bisa diakses oleh tamu. Bahkan Tigalima sudah menyiapkan genset jika mati lampu sehingga aman buat yang berlibur sambil memantau pekerjaan.

3. Bedhots Homestay

Alamat: Jalan KH Ali Maksum, Pelem Sewu, Bantul, Yogyakarta.
Harga: Rp373.000.

Homestay ini sangat unik dengan desain khas Jogja. Para tamu dapat terbawa suasana yang santai dan ramah. Meski atmosfernya bersahaja, ettapi fasilitasnya modern. Tersedia lounge bersama, dapur bersama, wifi, dan stasiun pengisian kendaraan listrik. Kamar-kamar di Bedhots juga dilengkapi dengan AC dan TV.

Karena homestay ini disukai banyak wisatawan asing, maka pilihan menu sarapan lebih fleksibel. Antara lain menu kontinenal, pancake, vegetarian dan buah-buahan. Bedhots juga menyediakan sepeda, motor, becak, dan jeep untuk membawa tamu berkeliling di selatan Jogja.

4. Abrakadabra Homestay

Alamat: Jl. Siliran Kidul No.65A, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.
Harga: Rp153.000.

Homestay di Jogja ini berbentuk sebuah rumah yang lucu, dilengkapi plung pool. Sebenarnya ini rumah lama di perkampungan tetapi sudah dirapikan dan dibersihkan, serta ditambah dengan fasilitas modern. Abrakadabra menyediakan dapur dan ruang makan yang bisa digunakan bersama-sama.

Suasana dan pelayanannya akan membawa tamu seolah sedang di rumah, bukan di penginapan. Terasa seperti hidden gem.

5. Posnya Seni Godod Art Gallery & Homestay

Alamat: Jl. Suryodingratan MJ II/641, Mantrijeron, Yogyakarta.
Harga: Rp150.000.

Suryodiningratan merupakan kawasan yang terdapat banyak kafe, kuliner internasional, hingga art gallery. Hal senada dengan suasana yang ditawarkan oleh homestay ini.

Homestay sederhana tetapi bersih ini dikelola pasangan seniman yang sangat ramah. Homestay ini menyediakan wifi gratis dan penyewaan sepeda. Fasilitas unik yang tidak dimiliki homestay lain adalah art gallery dan kedai kopi.

6. Rumah Roso Homestay

Alamat: Jl. Langenarjan Kidul No.5B, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.
Harga: Rp128.000.

Homestay di Jogja yang sederhana tetapi bersih ini berbentuk seperti rumah penduduk pada umumnya. Letaknya hanya sekitar 6 menit jalan kaki dari Tamansari.

Homestay ini menyediakan beberapa tipe kamar, antara lain tipe asrama dan private room. Untuk tipe asrama, tersedia tempat tidur tingkat, wifi, AC, dan kamar mandi bersama. Meski sarapan disediakan, tamu boleh menggunakan dapur. Rumah Roso juga menyediakan antar jemput bagi tamu yang membutuhkan.

7. Rumah Canting Homestay

Alamat: Jalan Cantel no 12 Timoho, Umbulharjo, Yogyakarta.
Harga: Rp476.000.

Bangunan Rumah Canting merupakan bangunan rumah pada umumnya. Kamar-kamar yang disediakan berukuran besar dan menghadap taman. Jika malas keluar kamar, disediakan sarapan di dalam kamar. Ada pula wifi gratis.

Fasilitas dalam kamarnya lengkap seperti hotel berbintang, termasuk disediakan hair dryer. Bahkan juga ada jasa laundry. Pengelola juga menyediakan fasilitas antar jemput dengan biaya tambahan.

8. Omah Tukangan Homestay

Alamat: Gg. Hansip Karno Waluyo, Tukangan DN2 No.493, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta.
Harga: Rp200.000.

Homestay di Jogja ini berupa rumah kecil di dalam gang. Meski begitu, Omah Tukangan bersih, terang, dan ditata. Bangunannya dicat sedemikian rupa sehingga tampil menarik dan lebih menonjol dibandingkan sekitarnya. Pengelolanya juga ramah. Nilai plus daerah Tukangan adalah dekat Malioboro dan Stasiun Lempuyangan.

9. Pendopo Andari Homestay

Alamat: Jl. Ibu Ruswo GM 2/232 Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta.
Harga: Rp250.000.

Jalan Ibu Ruswo sangat dekat dengan Alun-alun Utara, kompleks gudeg Wijilan, dan Titik Nol Malioboro. Meski dekat dengan banyak objek wisata, tetapi jika malas jalan kaki, pengelola telah menyediakan sepeda gratis. Sedangkan untuk mobil harus disewa.

Pendopo Andari tampak seperti pendopo priyayi-priyayi zaman dulu. Bangunan lama ini telah direnovasi tanpa menghilangkan desain lama sehingga setiap sudutnya yang vintage bagus untuk latar belakang foto. Interior yang paling menonjol adalah piano grand di tengah ruangan yagn bisa dimainkan.

Baca juga: Rute Wisata Jogja Satu Hari: Menjelajahi Tempat-Tempat Menarik dalam Sehari

10. The Wayang Homestay

Alamat: Jl. DI Panjaitan Gg. Pisang No.1017, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta.
Harga: Rp114.000.

The Wayang merupakan bangunan tingkat 2 yang asri dan mirip rumah kos. Meski murah, tetapi pelayanan ramah, halaman asri, dan kondisi ruangan selalu bersih. The Wayang juga menyediakan menu sarapan yang menarik. Peminat homestay ini cukup banyak sehingga harus pesan jauh-jauh hari jika hendak berlibur di Jogja.

Demikianlah berbagai pilihan homestay di Jogja yang menawarkan akomodasi berkualitas dengan harga terjangkau. Sebagai catatan, harga di atas merupakan harga terendah di hari kerja. Ada baiknya, cek ulang harganya sebelum memesan, terutama jika berminat menyewa di masa liburan.

Meski homestay sudah menjamur di Jogja, tetapi orang yang akan berlibur di Jogja sangat banyak pula. Sebaiknya pesan homestay jauh-jauh hari agar bisa memilih yang terbaik.

Exit mobile version