Liburan Hemat dengan Pilihan Hotel Dieng Murah untuk Wisatawan dengan Anggaran Terbatas

Dataran Tinggi Dieng merupakan destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar negeri dari waktu ke waktu. Untuk menjawab kebutuhan akomodasi, tak sedikit hotel Dieng murah yang menawarkan tempat untuk menginap agar wisatawan dapat mengeksplorasi salah satu wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara yang kaya akan keindahan alam ini.

Berlibur ke Dieng akan sukses menjauhkan kita dari hiruk pikuk kota, menginap di hotel-hotel ini akan memberikan kesempatan untuk bersantai dan melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Kawasan wisata Dieng memang menjanjikan panorama alam yang mempesona dengan view pegunungan, perbukitan, dan telaganya yang menyejukkan. Selain itu, terdapat pula wisata sejarah berupa candi dan budaya khas seperti potong rambut gimbal.

Untuk penginapan, tak usah perlu dikhawatirkan. Bahkan, Dieng sudah terkenal di kalangan para backpacker karena biaya penginapan, transportasi, dan kuliner masih sangat terjangkau. Dengan anggaran sekitar Rp1 juta saja, kamu sudah bisa menikmati liburan di sini barang satu atau dua hari. 

Nah, untuk rekomendasi hotel murah Dieng dengan pemandangan gunung, berikut ada daftar yang sebaiknya disimak. Sekaligus akan ada sedikit tips mengelola anggaran agar liburan bisa on budget tetapi tetap seru maksimal. Simak selengkapnya sampai selesai ya.

7 Rekomendasi Hotel Dieng yang Murah  

10 Destinasi Wisata Dieng dengan Pemandangan Memukau

1. Homestay Dieng Cool

Homestay Dieng Cool adalah pilihan penginapan yang sangat menarik dengan lokasi yang strategis dekat dengan objek wisata populer seperti Kawah Sikidang, Candi Bima, Candi Gatotkaca, dan Museum Dieng Kailasa. Homestay ini menawarkan suasana yang nyaman dan pemandangan indah pegunungan Dieng yang meliuk-liuk dari terasnya.

Dengan fasilitas dan lokasi yang menarik, Homestay Dieng Cool cocok dijadikan tujuan staycation, yang memungkinkanmu bisa menikmati liburan di tempat yang tenang dan menyenangkan tanpa harus bepergian jauh.

Tarif menginap per malam di Homestay Dieng Cool juga terjangkau, mulai dari Rp208.250 per malam. Dengan harga tersebut, kamu bisa menikmati pengalaman menginap yang menyenangkan tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Jika tertarik untuk menginap di Homestay Dieng Cool, pastikan untuk melakukan reservasi lebih awal karena tempat-tempat populer seperti ini sering kali cepat terisi. 

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Dieng dengan Pemandangan Memukau

2. Bagas Luxury Camp

Telaga Menjer telah menjadi terkenal karena keindahan alamnya yang memukau. Sekarang, para pelancong memiliki berbagai pilihan penginapan, termasuk glamping, dan salah satunya adalah Bagas Luxury Camp. 

Dengan bangun di pagi hari, para tamu dapat menikmati pemandangan Telaga Menjer yang menakjubkan, menciptakan pengalaman yang langka dan tak terlupakan. Tarif menginap di Bagas Luxury Camp berkisar antara Rp342.900 hingga Rp400.000 per malam.

3. Aman Griyo Farmhouse 

Sebuah penginapan yang menawarkan pemandangan indah kebun dan dataran tinggi yang hijau. Meskipun terlihat sederhana dari luar, di dalamnya menghadirkan estetika yang menarik dengan furnitur kayu yang klasik tetapi modern. 

Fasilitas yang disediakan juga lengkap, termasuk kamar tidur, koneksi internet gratis, dan sarapan. Keistimewaan tempat ini adalah adanya jendela kaca besar yang memungkinkan para tamu menikmati pemandangan sekitar.

Penginapan ini memiliki ketersediaan kamar yang sangat terbatas. Oleh karena itu, para pelancong disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin menginap di sini. Lokasinya terletak di Jalan Telaga Warna, Dieng Wetan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. 

Tarif per kamarnya cukup tinggi, yakni Rp900.000-an per malam, tetapi fasilitas dan pemandangannya tak tergantikan.

4. Cabiliom by Dieng Cool 

Tempat penginapan ini menawarkan suasana yang tidak biasa dengan desain rumah panggung didominasi material kayu dan atap segitiga, menciptakan nuansa yang hangat dan nyaman. 

Penggunaan kayu pada arsitektur tempat ini memberikan kesan rumah yang sangat “homey”. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, termasuk kitchen set, smart TV, Wi-Fi, balkon, kamar mandi, dan tentu saja, pemandangan alam yang menakjubkan.

Tempat ini terletak di Jl. Arjuna Barat Jl. Dieng, Karangsari, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Tarif penginapan di Cabiliom by Dieng Cool mulai dari Rp900.000 per malam.

5. The Moby Park 

The Moby Park merupakan pilihan tepat bagi mereka yang ingin menginap sambil menikmati panorama alam yang menyejukkan di Dieng. Tempat ini adalah kombinasi antara kafe dan glamping yang menawarkan penginapan juga.

Terletak di kaki Gunung Sindoro, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam sambil menikmati hidangan kafe, seperti minuman, makanan ringan, dan makanan berat. Tarif penginapan mulai dari Rp345.000 per malam. 

The Moby Park memiliki spot outdoor dan indoor yang cocok untuk dinikmati dalam cuaca terik maupun hujan. Lokasinya berada di Blembem, Kaliurip, Damarkasiyan, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo.

6. Dieng Hill Hotel & Cafe 

Hotel Dieng murah selanjutnya yaitu Dieng Hill Hotel & Cafe, yang dapat kamu nikmati sebagai tempat beristirahat sambil melihat pemandangan, dan menikmati secangkir kopi. Semuanya dalam perpaduan sempurna. 

Selain menawarkan pemandangan indah, penginapan ini juga memiliki sudut-sudut yang cocok untuk diabadikan dan diposting di Instagram. Lokasinya berada di Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Harga per malamnya yaitu mulai dari Rp267.300 per orang.

7. Sikembang Glamping

Bagi para pelancong yang ingin menikmati pemandangan alam secara langsung, staycation di Sikembang Glamping adalah pilihan yang tepat. Harga penginapan mulai dari Rp230.000 hingga Rp350.000 per malam.

Tempat ini menawarkan glamping, yaitu kemewahan berkemah, di mana kamu bisa ngecamp tanpa ribet karena semua kebutuhan telah tersedia di sana. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan teh dan perbukitan di sekitar Wonosobo. Lokasinya berada di Jalan Bedakah, Damarkasiyan, Kertek, Kabupaten Wonosobo.

7 Tips Mengatur Anggaran Berlibur ke Dieng 

Mengatur anggaran untuk liburan hemat ke Dieng bisa membantumu menikmati liburan dengan nyaman tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Berikut beberapa tips untuk mengatur anggaran liburan ke Dieng secara hemat.

1. Rencanakan liburan di luar musim ramai

Hindari liburan saat musim liburan sekolah atau puncak kunjungan wisatawan, karena harga penginapan dan transportasi biasanya lebih tinggi. Pilihlah tanggal liburan di luar musim ramai untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

2. Cari promo atau diskon

Pantau situs pemesanan hotel, maskapai penerbangan, atau agen perjalanan untuk menemukan promo atau diskon khusus untuk liburan ke Dieng.

3. Gunakan transportasi umum

Jika memungkinkan, gunakan transportasi umum seperti bus atau travel dari kota terdekat ke Dieng, daripada menyewa mobil atau menggunakan taksi. Transportasi umum biasanya lebih murah dan ramah lingkungan.

4. Pilih penginapan yang terjangkau

Cari penginapan seperti losmen, homestay, atau guesthouse yang menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada hotel-hotel besar. Juga, pertimbangkan untuk berbagi kamar dengan teman atau keluarga untuk mengurangi biaya akomodasi.

5. Masak sendiri atau pilih makanan lokal

Jika penginapanmu memiliki dapur atau fasilitas memasak, pertimbangkan untuk memasak sendiri makanannya. Selain itu, coba makan di warung atau restoran lokal yang menawarkan makanan lezat dengan harga lebih terjangkau daripada restoran di tempat wisata.

6. Bawa bekal dan air minum

Bawa bekal atau camilan dari rumah untuk menghindari pembelian makanan mahal di tempat wisata. Selain itu, selalu bawa botol air minum kosong yang bisa diisi ulang untuk menghemat biaya air minum.

7. Cari info tiket masuk

Ada beberapa objek wisata Dieng yang memiliki tiket masuk Rp20.000-an ke atas, seperti Telaga Warna. Sementara ada pula yang cukup membayar Rp5.000 – Rp10.000, seperti Candi Bima, Telaga Menjer, Telaga Sewiwi, dan lainnya. Pintar-pintarlah untuk mengatur initerary, sehingga biaya tiket masuk bisa sesuai bujet. Misalnya kalau sudah berwisata di Telaga Warna dan Pengilon, maka selanjutnya dipilih yang harga tiketnya murah saja, atau mencari tempat wisata yang gratis. 

Untuk mengecek tiket wisata Dieng, bisa langsung menuju website resminya.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Bogor yang Bisa Dikunjungi dengan Bujet Terbatas

Dengan mengikuti tips di atas–termasuk memilih hotel Dieng murah tetapi nyaman, kamu dapat mengatur anggaran liburan ke Dieng secara hemat tanpa mengurangi kenikmatan dan pengalaman liburan. Selamat menikmati liburan!

Exit mobile version