10 Hotel Wisata Magelang dengan Suasana yang Tenang dan Fasilitas Lengkap

JNEWS – Hotel wisata Magelang, Jawa Tengah, ada cukup banyak tetapi tersebar di berbagai wilayah kota dan kabupaten. Bahkan ada hotel yang menjadi langganan artis atau tokoh dunia tetapi nama hotelnya hanya dikenal di kalangan tertentu. Dibandingkan dengan hotel-hotel di kota besar, rata-rata hotel-hotel di Magelang memang jauh dari ingar-bingar.

Konsep hotel wisata Magelang menyesuaikan dengan objek wisata Magelang yang didominasi dengan wisata alam dan budaya. Contohnya, Borobudur, arung jeram, hutan pinus dan sebagainya, yang bisa dilihat di laman Disparpora Magelang.

10 Hotel Wisata Magelang

Wilayah Magelang sebagai sebuah kota cukup kecil. Namun jika dilihat secara keseluruhan termasuk kabupaten maka wilayah Magelang sangat luas hingga Borobudur. Magelang terkenal sebagai kota pensiunan, yang hanya ramai di musim mudik.

Berikut adalah 10 hotel wisata Magelang yang bisa dijadikan tempat pelarian dari riuhnya dunia.

10 Hotel Wisata Magelang dengan Suasana yang Tenang dan Fasilitas Lengkap

1. Puri Asri Magelang Hotel & Resort

Hotel ini merupakan hotel lama kesayangan masyarakat Magelang karena terletak di tengah kota tapi dengan suasana alam. Hotel ini cocok didatangi bersama seluruh anggota keluarga dari anak-anak hingga lansia.

Anak-anak bisa bermain di objek wisata Taman Kyai Langgeng yang bersebelahan langsung atau berenang di kolam renang hotel. Pengunjung dewasa bisa ikut arung jeram Sungai Elo dan Progo. Sementara lansia bisa duduk-duduk memandang sawah.

Harga kamar di Puri Asri mulai Rp520.000 per malam.

Baca juga: Sewa Mobil di Jogja dengan Sopir: Keuntungan dan Hal yang Perlu Diketahui

2. Amanjiwo

Amanjiwo merupakan langganan orang-orang penting dengan privacy tinggi. Amanjiwo adalah resort lama tetapi baru dikenal pada masa zaman media sosial dari unggahan para tamu.

Tamu yang pernah menginap di Amanjiwo antara lain David dan Victoria Bechkam, Richard Gere, Mark Zuckerberg, Anang Hermansyah dan Ashanty, serta Nikita Willy ketika bulan madu.

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, nyaris menginap di Amanjiwo setelah kunjungan ke Borobudur. Namun Secret Service menolak karena Amanjiwo dikelilingi bukit-bukit yang dianggap tidak aman. Amanjiwo memang dikelilingi oleh pemandangan bukit yang memukau dan menenangkan.

Biaya menginap di Amanjiwo mulai Rp19.000.000 per malam. Tamu akan mendapatkan layanan full service.

3. Manohara Borobudur Hotel

Untuk hotel wisata Magelang terdekat dengan Candi Borobudur, Manohara adalah juaranya. Manohara satu halaman dengan Candi Borobudur tapi berbeda pintu gerbang. Tamu Manohara boleh berjalan-jalan di halaman kompleks candi yang hijau dan sangat terawat.

Namun untuk naik ke candi harus ditemani pemandu dari hotel karena sudah termasuk dalam paket menginap. Hotel akan menyediakan pemandu wisata dan semua pelengkapan, terdiri dari jarik, tas, sandal dan gelang untuk discan di pintu masuk Borobudur.

Tamu Manohara juga boleh makan atau ngopi di restorannya saja. Dari restoran ini, tamu dapat duduk-duduk sambil memandang Borobudur di udara yang bersih dan sejuk.

Harga kamar di Manohara Borobudur Hotel mulai Rp1.700.000 per malam.

4. Plataran Heritage Borobudur Hotel

Plataran Heritage Hotel viral di kalangan pasangan muda berkat unggahan artis-artis dan selebgram yang menikmati sunrise breakfast seolah di atas awan. Hotel ini memang lebih mengamokodasi keinginan tamu akan tempat healing yang bisa ditampilkan di media sosial. Hotel wisata Magelang ini lebih dekat dengan Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise yang tak kalah viral.

Plataran Heritage Hotel mengusung konsep hotel mewah pada umumnya. Desain kamar dan kolam renang juga serba besar dan mewah sehingga memenuhi gaya hidup modern.

Harga kamar di Plataran Heritage Hotel mulai Rp2.300.000 per malam.

5. Plataran Borobudur Resort & Spa

Plataran Borobudur Resort dan Plataran Heritage Hotel merupakan satu grup, tetapi berbeda konsep.

Plataran Borobudur Resort lebih private dan sunyi. Desain kamar dan kolam renangnya diselarasakan dengan alam. Resort ini lebih cocok untuk pasangan atau pribadi yang ingin ketenangan. Tamu resort dapat menikmati dinner di senja hari dengan pemandangan Candi Borobudur, dilanjutkan hingga malam dalam cahaya lilin yang romantis.

Harga kamar di Plataran Borobudur Resort mulai Rp4.200.000 per malam.

6. Le Temple

Hotel ini masih baru. Letaknya di perkampungan sekitar Candi Borobudur. Hotel mewah ini dikelilingi sawah yang luas dengan udara yang sejuk. Ketenangan langsung terasa begitu masuk di pintu gerbang.

Desain Le Temple sangat unik karena terinspirasi dari candi Buddha. Tipe kamarnya terpisah satu dengan lain atau model cottage berupa bangunan melingkar seperti candi tetapi dengan interior yang mewah dan modern. Tersedia pula kamar dengan private pool.

Semua fasilitas tersedia, bahkan untuk kamar-kamar tertentu cocok untuk bulan madu. Harga kamar mulai dari Rp3.000.000 per malam.

7. Villa Borobudur Resort

Tak sia-sia resort ini menggunakan nama Borobudur karena jika beruntung akan mendapatkan kamar dengan pemandangan Candi Borobudur. Resort ini juga menyediakan vila dengan private pool.

Tamu juga mendapatkan pemandangan Gunung Merbabu dan Sumbing yang indah. Udara yang sejuk dan lingkungan yang tenang akan membuat tamu segar kembali setelah beristirahat di sini.

Harga kamar di Villa Borobudur Resort mulai Rp2.500.000 per malam.

8. Sunsetfalls Gardens & Resort

Resort ini berada di sisi lain Magelang, yaitu daerah Ngablak. Objek wisata terkenal yang dekat dengan resort ini adalah Ketep Pass, Hutan Pinus Kragilan, dan Gunung Andong. Sebenarnya dari resort ini bisa memandang 5 gunung sekaligus, yakni Merbabu, Sindoro, Sumbing, Telomoyo, dan Andong, tetapi kadang cuaca yang tidak memungkinkan.

Fasilitas yang disediakan terbilang baru dan mewah, serta mengikuti selera keluarga-keluarga muda. Bahkan disediakan private pool. Semua sudut di resort ini layak masuk media sosial.

Pelayanan di hotel ini juga maksimal, antar lain dikunjungi mbak jamu gendong gratis tiap sore. Tamu juga memiliki banyak pilihan aktivitas.

Harga kamar di Sunsetfalls Gardens mulai dari Rp1.550.000 per malam.

9. Villa Chandaka Borobudur

Villa Chandaka ini tidak jauh dari Borobudur dan luas, menyesuaikan dengan konsep Borobudur dan Jawa. Namun ada pula sedikit nuansa Bali. Ini merupakan private villa yang hanya terdiri dari 7 vila sehingga tamu akan mendapatkan ketenangan maksimal.

Suasana di sekitar vila merupakan khas pedesaan yang asri. Tamu dapat gowes pagi di antara persawahan.

Harga sewa vila di Chandaka mulai Rp1.200.000 per malam.

10. Chubu Camp

Jika ingin benar-benar menyendiri jauh dari manusia, maka Chubu Camp di Silancur Highland bisa menjadi pilihan. Meski mengklaim sebagai glamping, atau glamour camping, tetapi lebih mirip bangunan permanen.

Jalan menuju Chubu menanjak dan kecil tapi mulus. Itulah usaha yang harus dilakukan untuk mendapatkan pemandangan lepas yang menakjubkan dikelilingi gunung-gunung.

Harga sewa camp Rp1.300.000 per malam.

Baca juga: Destinasi Wisata Hutan Pinus Terbaik di Indonesia

Daftar 10 hotel wisata Magelang dengan suasana tenang dan fasilitasnya di atas baru mencakup sebagian hotel. Wisata Magelang memang tidak gegap gempita tetapi justru ketenangan itulah yang dicari para wisatawan.

Exit mobile version