HP Basah Karena Kehujanan? Simak Tipsnya Berikut Ini!

HP basah kehujanan terkena air

Tips HP Basah Kehujanan – Indonesia saat ini sudah mulai masuk musim penghujan. Selain harus menjaga diri agar tidak kehujanan dan sakit, kamu juga musti waspada terhadap barang bawaan, terutama gadget, agar tidak kemasukan air ketika menerobos hujan.

Pun beberapa produsen smartphone saat ini sudah membekali beberapa smartphone dengan sertifikasi IP68 atau anti air, masih cukup banyak dari smartphone yang beredar di pasaran tidak dilengkapi fitur tersebut.

Nah, buat kamu yang mungkin mengalami hal apes, seperti HP kehujanan dan terkena air, tetap tenang dan jangan panik. Berikut ini akan kami berikan tips mengatasi HP kehujanan dan terkena air. Selamat mencoba!

Baca Juga: Jangan Panik Gaes! Begini Cara Melacak HP yang Hilang

Tips HP Basah Terkena Air Hujan

1. Langsung matikan HP

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mendapati HP basah terkena air hujan adalah mematikan perangkat tersebut dengan segera. Mengapa? Mematikan ponsel dapat mencegah terjadinya kerusakan atau korsleting pada komponen HP itu sendiri. Yang namanya air, pastinya akan cepat menyebar ke seluruh permukaan hingga ke dalam. Maka dari itu, penting untuk mematikan HP terlebih dahulu.

2. Segera lap bagian HP yang basah kehujanan

Selanjutnya setelah HP kamu sudah dimatikan, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengeringkan HP dengan lap. Kamu bisa menggunakan berbagai macam alat lap, mulai dari tisu sampai kain kering untuk mengeringkan bagian permukaan smartphone.

3. Copot beberapa bagian HP

Langkah berikutnya setelah bagian permukaan kering adalah melepas beberapa bagian smartphone yang bisa dilepas. Maksudnya melepas di sini bukan membongkar dan mencopot semua komponen ya. Tapi, lebih ke slot SIM card dan microSD atau baterai jika smartphone kamu bukan yang menggunakan baterai tanam. Jangan lupa juga untuk melap bagian dalam slot SIM card dengan menggunakan tisu, lap, atau cotton but. Tapi, kamu harus hati-hati ya. Jangan sampai bagian tisu tertinggal di dalam.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan UMKM dengan Samsung Galaxy M11

4. Jangan keringkan HP Basah Kehujanan dengan Hair Dryer

Nah, ini merupakan kesalahan yang masih banyak dilakukan oleh orang-orang ketika HP basah kehujanan atau terendam air. Dipikir mengeringkan HP dengan menggunakan hair dryer menjadi salah satu solusi. Padahal, hal ini tidak dianjurkan karena bisa berisiko merusak komponen penting di dalam HP karena panas berlebih dari hair dryer itu sendiri.

5. Pakai alat vakum

Karena menggunakan hair dryer dilarang, bukan berarti kamu tidak punya usaha untuk mengeringkan HP kesayanganmu yang basah kehujanan. Selain dilap pada permukaan hingga ke sela-sela, kamu juga bisa memanfaatkan alat vakum jika punya. Tujuannya adalah untuk menghisap air yang sudah terlanjur masuk ke dalam. Ada banyak alat vakum portable yang dijual di pasaran saat ini.

6. Rendam dengan beras atau gunakan silica gel

Cara ini bukan mitos belaka lho. Bahkan orang luar pun ada yang menggunakan cara seperti ini. Panas yang ditimbulkan dari beras akan membuat proses penyerapan air yang masuk ke dalam ponsel lebih cepat. Letakan smartphone di dalam beras kurang lebih selama satu hari sampai dua hari agar benar-benar kering. Selain dengan beras, kamu juga bisa menggunakan silica gel. Tapi, kalai di rumahmu hanya ada beras, tidak mengapa.

Baca Juga: Cara Aman Charge HP di Mobil dengan Car Charger

Exit mobile version