Hutan Mycelia Lembang: Panduan Wisata Malam di Tengah Hutan Pinus

Di Bandung ada destinasi wisata yang baru buka dan viral di kalangan wisatawan, yaitu Hutan Mycelia. Wisata ini berbeda dari yang sudah ada. Dengan memadukan pencahayaan warna-warni, audio yang mengalun indah, memasuki hutan ini berasa seperti di negeri dongeng.

Tempat wisata ini memang baru buka pada tanggal 2 Oktober 2023 lalu. Kendati baru dibuka, Hutan Mycelia ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi berada di hutan fantasi.

Wahana edutainment ini adalah kolaborasi Taman Wisata Grafika Cikole dan Sembilan Matahari. Wisata yang terletak di area Terminal Wisata Grafika Cikole ini menggabungkan unsur alam, edukasi dan seni. Suasana hutan yang identik dengan menyeramkan, disulap menjadi sebuah hutan dengan pemandangan memesona disertai pendar-pendar cahaya yang memukau.

Sekilas tentang Hutan Mycelia Lembang

Hutan Mycelia Lembang: Panduan Wisata Malam di Tengah Hutan Pinus
Sumber: @trave.nstay

Kawasan Cikole Lembang terkenal dengan beragam wisata hutan pinus yang menarik, seperti Orchid Cikole dan Terminal Wisata Grafika Cikole.

Nama Mycelia adalah istilah yang merujuk pada jaringan jamur yang sering ditemukan di hutan. Hutan Mycelia hadir di kawasan wisata ini sebagai hutan pinus yang telah didekorasi sedemikian rupa dan memiliki fasilitas yang cukup memadai. Tidak ada kesan menakutkan dari hutan ini, justru menimbulkan suasana romantis dan menyenangkan.

Konsep tempat wisata ini mengusung tema jamur. Ini bisa dilihat dengan banyaknya bentuk-bentuk jamur yang menghiasi hutan ini. Wisatawan akan mendapatkan sebuah pengalaman pelajaran edukasi tentang dunia jamur.

Cara belajar pun dibuat lebih santai dan menyenangkan dengan menghadirkan pepohonan, bebatuan, jenis-jenis jamur yang dipenuhi dengan cahaya warna-warni serta ditambah elemen audio visual. Dengan pemandangan seperti ini, wisatawan akan memiliki sebuah pengalaman baru yang unik dan pastinya anak-anak akan betah berada di sini.

Sebelum mengunjungi Hutan Mycelia, wisatawan perlu tahu berbagai informasi mulai dari lokasi dan tip sebagai panduan wisata agar bisa menikmati liburan dengan maksimal di tempat wisata ini.

Baca juga: Pesona Orchid Forest Cikole: Menjelajahi Taman Anggrek yang Memukau di Lembang

Panduan Wisata Malam Hutan Mycelia

1. Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Dikutip dari situs Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, dan sudah disebutkan di atas, wisata ini adalah bagian dari Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) yang populer di kalangan wisatawan. TWGC adalah wisata alam yang memiliki banyak fasilitas seperti area hutan pinus, penginapan, camping ground, ruang pertemuan, restoran, dan arena outbond.

Lokasi dari Hutan Mycelia ada di Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, dan buka setiap hari pukul 18.00—22.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yakni Rp50.000 untuk wahana Hutan Mycelia (tour hutan dan outdoor area), dan Rp35.000 untuk edukasi hutan (Seminar pembuatan Hutan Mycelia dari ekonomi kreatif dan teknologi serta berada di indoor).

2. Fasilitas

Mengusung konsep jamur, wisatawan akan mendapatkan segudang edukasi terkait dunia jamur. Wisatawan bisa menikmati pemandangan hutan yang dihiasi tanaman jamur, pepohonan yang dipadukan dengan penerangan warna-warni mulai dari warna ungu, hijau, biru hingga pink. Elemen dari audio visualnya akan membuat wisatawan mudah mencerna informasi yang diberikan.

Tak hanya itu saja, ada sejumlah rumah hobbit dan patung dekorasi bisa dilihat di tempat ini. Bagi yang sudah merasa lapar, ada beberapa tenant yang menjual aneka makanan dan minuman.

Aktivitas yang bisa dilakukan yaitu menjelajahi rumah hobbit yang lucu. Dengan audio dan visual yang menarik sayang untuk tidak diabadikan dalam bentuk swafoto maupun video.

Atmosfer seperti berada di hutan ala film Frozen ini pastinya akan disukai oleh anak-anak. Apalagi untuk kalangan anak muda pencinta seni, tempat ini bisa dijadikan inspirasi dalam membuat sebuah karya.

3. Rute Perjalanan

Wisatawan yang akan mengunjungi hutan ini, bisa menempuh dengan tujuan Wisata Grafika Cikole. Rute yang akan dilalui tidak terlalu sulit. Jarak dari Kota Bandung ke Cikole kurang lebih sekitar 16 km.

Perjalanan dari Kota Bandung mulai dari Jalan Ir. H. Juanda, ambil jalan lurus saja hingga ke Jalan Dago Giri. Tiba di pertigaan Jalan Dago Giri, belok kiri menuju Jalan Buniwangi. Perjalanan dilakukan lurus terus hingga tiba di pertigaan Jalan Ciputri. Ambil jalan belok kanan ke Jalan Nyampay.

Melewati pertigaan yang menanjak di Jalan Nyampay, ambil jalan belok kiri hingga kembali bertemu pertigaan. Belok kanan ke Jalan Raya Tangkuban Perahu, lalu belok kiri di tikungan Jalan Raya Lembang. Lokasi dari Hutan Mycelia tidak jauh dari Alfamart dan Indomart.

4. Tip Berkunjung

Mengingat tempat ini berada di ketinggian, ada beberapa tip yang perlu diperhatikan agar liburan bisa lebih menyenangkan dan terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Baca juga: 7 Wisata Lembang ala Eropa untuk Dikunjungi bersama Keluarga

Liburan akhir tahun tinggal menghitung hari. Hutan Mycelia ini bisa dijadikan referensi terbaik untuk liburan keluarga nanti. Persiapkan segala kebutuhan dan bujet tentunya agar perjalanan nyaman dan menyenangkan.

Exit mobile version