Ingat, Mulai Besok Tol Serpong-Pamulang Mulai Berbayar

Tol Serpong-Pamulang

Usai beroperasi secara gratis dari 2 April 2021, mulai 2 Juni 2021 pukul 00.00 WIB PT Jasa Marga (Persero) Tbk, akan mulai menerapkan tarif untuk Jalan Tol Serpong-Ciner Seksi I (Serpong-Pamulang) yang dikelola PT Cinere Serpong Jaya (CSJ).

Besaran tarif yang akan diberlakukan pada Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I (Ruas SerpongPamulang), sebagai berikut :

Golongan I : Rp 11.000
Golongan II : Rp 16.500
Golongan III : Rp 16.500
Golongan IV : Rp 22.000
Golongan V : Rp 22.000

Secara keseluruhan, total panjang Jalan Tol Serpong-Cinere adalah 10.14 Km yang terdiri dari dua seksi yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang (6.50 Km), yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 April 2021, dan Seksi 2 Pamulang-Cinere (3.64 Km) yang saat ini masih dalam proses konstruksi.

Jalan tol ini memiliki total empat Gerbang Tol (GT) yaitu GT Serpong 5, GT Serpong 6, GT Serpong 7 dan GT Pamulang.

Selain itu, Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki 1 Interchange yaitu Pamulang Interchange yang terhubung dengan Jalan Nasional RE Martadinata. Jalan Tol Serpong-Cinere juga merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang terkoneksi dengan jalan tol beroperasi lainnya antara lain, Jalan Tol Pondok Aren-Serpong dan Jalan Tol Kunciran-Serpong.

BACA JUGA : Tol Layang Terpanjang di Indonesia Ganti Nama Jadi Mohamed Bin Zayed

“Sebagai simulasi, perjalanan jarak pendek untuk kendaraan golongan 1 dari/menuju GT Pamulang dari/menuju BSD yang sebelumnya hanya membayar tarif Jalan Tol Pondok Aren-Serpong sebesar Rp7.000, sejak dimulainya diberlakukan penerapan tarif ini akan membayar total Rp18.000 karena ada tarif Rp 11.000 untuk Jalan Tol Serpong-Cinere. Hal ini juga akan berlaku di beberapa ruas jalan tol lainnya yang terkoneksi dengan Jalan Tol Serpong-Cinere,” kata Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari.

Ayu juga berharap dengan terkoneksinya Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong dan dan Jalan Tol Pondok Aren-Serpong dapat menjadi salah satu alternatif akses warga sekitar Pamulang dari dan menuju ke BSD, dan ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Nantinya setelah Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere selesai konstruksinya dan sudah dioperasikan, jalan tol ini juga akan tersambung hingga Jalan Tol Cinere-Jagorawi. Namun untuk saat ini bagi pengguna jalan tol yang akan menuju Jalan Tol Cijago melalui Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dapat keluar di GT Pamulang dan melanjutkan perjalanan via jalan nasional/arteri RE Martadinata dan masuk kembali ke jalan tol melalui GT Kukusan Jalan Tol Cijago,” tutup Ayu.

Exit mobile version