Ingat Pentingnya Menggunakan Dua Lapis Masker

Ilustrasi masker dua lapis

Kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik daun dengan jumlah paparan yang terus meningkat. Tak hanya di Jakarta, namun kota-kota besar lainnya juga mengalami peningkatan layakanya Bandung, Yogyakarta, dan lainnya.

Seperti diketahui, saat ini varian Covid-19 pun makin meluas. Adanya mutasi virus membuat perkembangan penyebarannya makin menganas, apalagi yang disebut-sebut varian Delta tersebut.

Virus Corona varian Delta disebut-sebut merupakan jenis baru yang memiliki kemampuan penyebaran lebih cepat dari sebelumnya. Bahkan lonjakan kasus pada Sabtu (26/6/2021) lalu meningkat hingga 21.095 orang yang jadi angka harian tertinggi sejak Covid-19 masuk Indonesia.

BACA JUGA : Tips Agar Anak Mau Menggunakan Masker

Untuk itu, para ahli termasuk Satgas Covid-19 di Indonesia menyarankan masyarakat yang masih harus beraktivitas di luar rumah wajib menggunakan masker dua lapis.

Penggunaan masker dua lapis disebut ampuh menangkal masuknya virus ke dalam tubuh, terutama untuk varian Delta yang bisa diibaratkan cukup ganas dan agresif.

Wiku Adisasmito, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan, salah satu alat pelindung diri (APD) yang direkomendasikan untuk mencegah tertular penyakit yakni penggunaan masker kain dan masker bedah.

“Pertama, untuk kegiatan sehari-hari masyarakat yang sehat, misalnya untuk di tempat kerja, berbelanja atau mengendarai motor, bisa menggunakan masker kain atau masker bedah sebanyak 2 lembar,” ujar Wiku.

Untuk yang masyarakat yang bergejala terpapar Covid-19, seperti batuk, nyeri pada tenggorakan, bersin-bersin, hidung yang berair, Wiku menyarangkan untuk menggunakan masker sebanyak 3 lapis.

Dilansir dari beragam media, penggunaan maske bedah atau medis ampuh menangkal parkitel udara yang membawa virus corona sebanya 84,3 persen. Sedangkan menggunakan masker dua lapis, yakni masker medis dan kain, bisa melindungi sampai 96,4 persen.

BACA JUGA : JNE Serahkan 225 Tempat Tidur Untuk Isolasi Pasien Covid-19

Penggunaan masker juga perlu diperhatikan, karena dalam praktik di lapangan masih banyak orang yang sembarang menggunakan maskert atau tidak benar. Usaha bentuk masker sesuai dengan wajah agar pas, termasuk filterisasinya.

Jangan sekali-kali keluar rumah tanpa menggunakan masker, lebih baik terproteksi juga dengan facehield untuk memberikan perlindungan ekstra.

 

Exit mobile version