Ini 3 Alasan Kenapa Oli Kendaraan Harus Rutin Diganti

Pouring motor oil for motor vehicles from a gray bottle into the engine, , oil change, auto repair shop, service,

Mengetahui tentang cara merawat mesin kendaraan wajib dipahami semua orang. Baik yang akan Anda rawat berupa mobil atau motor. Harus mengetahui tentang langkah servis rutin dan dilakukan berkala.

Sebagai pemilik, memang memiliki tanggung jawab menjaganya tetap bertenaga. Tentu agar nilainya tinggi karena mampu berjalan dengan baik. Selain itu selalu terasa nyaman saat digunakan oleh supirnya.

Baca juga: Senyum Lebar UMKM Usai Bukukan Transaksi Rp 4 Miliar Selama INACRAFT 2022

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan pemilik kendaraan adalah rutin mengganti oli.

Jika Anda bertanya pada montir atau ahli mesin, ternyata pergantian oli memiliki dampak sangat positif. Terutama dalam menjaga kebersihan sampai keringanan gas. Apalagi tidak sulit dan sekarang semakin murah.

Berikut beberapa alasan kenapa oli harus diganti:

1. Mesin Tetap Bersih

Cara merawat mesin kendaraan dengan mengganti oli memang selalu membuat mesin tetap bersih. Terlebih karena dalam masa tertentu, terdapat kotoran atau debu menumpuk. Jika dibiarkan, maka mengganggu kerja mesin.

Kemungkinan jika dibiarkan dalam waktu lama, maka kerusakan bisa menghampiri banyak komponen. Selain olinya, jangan lupa membersihkan bagian filter. Terutama karena filter termasuk sering paling kotor.

2. Gas Ringan

Saat membandingkan antara kendaraan yang rajin ganti oli dengan tidak, pasti berbeda. Terutama jika melihat langsung pada keringanan gas. Jika terlalu lama dibiarkan, kotoran menumpuk dan menimbulkan gesekan.

Baca juga: Intip Tips dan Destinasi Liburan Keluarga ala Nagita Slavina

Pada panduan menjaga kesehatan mobil dan motor, gesekan tersebut terjadi pada bagian mesin. Tentu berdekatan dengan kotoran atau partikel penghambat. Tidak heran terasa berat bahkan menimbulkan mogok.

Nantinya bisa saling melindungi komponen lainnya lebih lama. Akan lebih baik jika belum melewati masa batas pergantian dilakukan servis dulu. Wajib menghindari sudah melewati kilometer batasan baru diganti.

3. Aman untuk Lingkungan

Oli yang rajin diganti ternyata membuat pembuangan aman untuk lingkungan. Termasuk cara merawat mesin kendaraan paling diutamakan saat ini. Terutama menghindari partikel hidrokarbon terproduksi lebih banyak.

Meski dampaknya tidak terlihat secara langsung, tapi tetap harus dilakukan. Terlebih jika tidak ingin keluarga atau pasangan tercinta terkena pencemaran udara. Apalagi dalam bentuk yang tidak terlihat langsung.

Baca juga: Jaga 4 Poin Ini agar Puasa Ramadhan tetap Produktif

Exit mobile version