Ini Tempat Trekking dan Hiking di Bogor Terbaik

Rekomendasi Tempat Trekking dan Hiking di Bogor – Bukan hanya terkenal akan wisata kuliner, Bogor juga menjadi destinasi favorit bagi pecinta wisata alam yang menyukai petualangan. Buat kamu yang suka trekking, gunung di Bogor pun bisa lho menjadi destinasi trekking yang menarik dan seru.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta dan kota sekitarnya membuat Bogor kerap dikunjungi oleh masyarakat ketika weekend tiba. Nah, salah satu kegiatan yang kembali booming belakangan ini adalah trekking.

Tren trekking yang kembali hype ini bisa kita lihat dari berbagai macam postingan di media sosial yang membuka jasa trekking. Artis Dian Sastrowardoyo pun beberapa waktu lalu membagikan postingan di Instagram miliknya tentang aktivitas trekking bersama teman-temannya. Hal ini pun lantas membuat kegiatan trekking kembali booming di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Simak Tips Mendaki Gunung di Masa New Normal

Beda Trekking dan Hiking

hiking adalah trekking adalah

Pun sama-sama memiliki kegiatan di alam terbuka, nyatanya masih cukup banyak masyarakat kita yang tidak tahu beda trekking dengan hiking. Meski sama-sama dilakukan di outdoor, kedua kegiatan ini memiliki prinsip yang berbeda.

Hiking adalah salah satu kegiatan outdoor di mana pelaku melakukan aktivitas berjalan kaki sebagai bagian dari rekreasi dan olahraga. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, sampai orang tua sekalipun.

Banyak yang menyangka jika hiking sama artinya dengan mendaki gunung. Padahal, jika kamu berjalan di alam bebas dengan pemandangan alam dan terdapat danau sudah bisa diartikan sebagai hiking. Inti dari perjalan ini adalah melihat dan menikmati pemandangan.

Sementara trekking adalah kegiatan yang kurang lebih sama, hanya saja lebih menantang karena kamu akan menempuh perjalanan yang panjang. Trekking pun tidak serta merta dilakukan di daerah pegunungan. Kegiatan trekking sendiri biasanya dilakukan di daerah-daerah yang minim transportasi.

Rekomendasi Trekking di Bogor

Nah, sudah cukup membahas beda trekking dan hiking, sekarang saatnya kami akan memberikan rekomendasi tempat trekking dan hiking di Bogor yang bisa kamu pilih.

Gunung Batu

Rekomendasi trekking di Bogor yang pertama terletak di Gunung Batu. Gunung yang memiliki ketinggian 875 mdpl ini berada di kawasan Jonggol atau tepatnya di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor. Disebut Gunung Batu karena gunung ini memiliki tinggi yang lebih rendah dibanding gunung pada umumnya.

Meski demikian, Gunung Batu tidak bisa diremehkan karena kabarnya jalurnya pun cukup menantang dan bikin adrenalin naik. Buat kamu yang ingin mencoba trekking di sekitaran Bogor, Gunung Batu bisa menjadi pilihan menarik karena kamu bisa melihat pemandangan yang indah ketika sudah berada di puncak.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Glamping yang Kece Buat Liburan

Gunung Eusing

Tempat trekking di Bogor berikutnya adalah Gunung Eusing. Sama seperti Gunung Batu, Gunung Eusing termasuk gunung yang memiliki ketinggian rendah, bahkan lebih rendah dari Gunung Batu, yakni sekitar 360 mdpl. Lokasinya sendiri berada di Desa Gobang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Meski demikian, perjalanan trekking di Gunung Eusing ini cukup bikin menguras tenaga. Jika sudah sampai di puncak, kamu pun akan disajikan pemandangan alam yang tak kalah memukau.

Puncak Lalana

Tidak banyak dari pendaki atau traveller yang mengetahui Puncak Lalana ini. Sebab, Puncak Lalana sejatinya baru resmi dibuka pada tahun 2015 lalu. Berlokasi di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Puncak Lalana termasuk salah satu gunung di Bogor yang rendah dengan ketinggian hanya 385 mdpl.

Pun tidak terlalu tinggi, penggemar hiking atau trekking tidak perlu kecewa, karena trek atau jalur yang ditempuh untuk bisa sampai ke atas cukup menantang. Karenanya, ketika kamu ingin mencoba untuk hiking di Puncak Lalana, sebaiknya kamu musti menggunakan sepatu atau sandal yang memang dikhususkan untuk naik gunung ya. Di sana pun terdapat area camping dengan kapasitas sekitar lima sampai enam tenda.

Gunung Munara

Gunung ini sendiri juga tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung pada umumnya. Namun, jangan salah, walau hanya memiliki ketinggian 1119 Mdpl, mendaki Gunung Munara juga cukup menguras tenaga lho. Kamu pun harus melakukan persiapan yang cukup matang.

Sebab, di tengah pendakian, nantinya kamu bakal bertemu dengan jalur yang cukup terjal. Perlu kehati-hatian memang untuk bisa hiking di Gunung Munara ini. Meski demikian, rasa lelah ketika mendaki akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang disajikan, seperti sawah, hutan, danau, dan lainnya. Mendaki Gunung Munara tidak memakan waktu lama, yakni sekitar 1-2 jam saja.

Curug Baliung

Selain trekking di gunung, kamu juga bisa trekking di curug, salah satunya adalah Curug Baliung. Buat kamu yang pemula, Curug Baliung ini sangat cocok lho. Pasalnya perjalanan yang ditempuh dengan berjalan kaki untuk sampai ke curug hanya memakan waktu 45 menit dengan jalur sekitar 2 km.

Selama perjalanan, kamu bisa melihat bermacam pemandangan alam yang indah, seperti aliran sungai, hutan, dan lereng pegunungan. Ada juga kebun kopi robusta di jalur kamu berada.

Baca Juga: Tips Berlibur Ke Taman Hiburan yang Aman di Masa New Normal

Exit mobile version