Inilah 10 Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia

Stasiun Leles

JNEWS – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki beragam stasiun kereta api yang menarik. Dari mulai yang kaya dengan nilai sejarah, karena dibangun pada masa penjajahan Belanda hingga stasiun-stasiun yang terletak di dataran tinggi dengan pemandangan alam yang indah di sekitar stasiun.

Hal tersebut dinyatakan oleh Vice President Public Relations KAI Anne Purba, bahwa terdapat  10 stasiun dengan lokasi tempat tertinggi. Di mana, ada 8 stasiun berada di wilayah Daop 2 Bandung, sedangkan 2 stasiun lainnya berada di wilayah Daop 1 Jakarta dan Daop 4 Semarang. Bagi para pecinta traveling dengan moda transportasi kereta, bisa mencoba berhenti di stasiun ini untuk mendapatkan pengalaman mengesankan.

Berikut adalah 10 stasiun tertinggi di Indonesia :

1. Stasiun Nagreg (+848 m). Stasiun tertinggi di Indonesia ini terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan beroperasi sejak 1890. Stasiun Nagreg adalah simbol dari sejarah perkeretaapian di Indonesia dan menjadi tantangan tersendiri bagi operator kereta api karena gradien (kemiringan) curam di sekitarnya.

Stasiun Nagreg. (Foto: Wikipedia/A2613)

2. Stasiun Lebak Jero (+818 m). Terletak di Kabupaten Bandung, Stasiun Lebak Jero adalah stasiun kelas III yang hanya disinggahi oleh kereta api lokal rute Purwakarta-Cibatu dengan keindahan alam di sekitar stasiunnya.

3. Stasiun Cipeundeuy (+772 m). Dikenal sebagai “stasiun sakti,” Cipeundeuy adalah titik wajib bagi semua kereta api untuk pemeriksaan rem sebelum melewati jalur terjal.

Stasiun Cipendey. (Foto: Wikipedia/Wibowo Djatmiko)

4. Stasiun Andir (+750 m). Terletak tidak jauh dari pusat Kota Bandung, Stasiun Andir adalah stasiun kecil yang dulunya pernah digunakan sebagai tempat turun naik penumpang KA lokal.

5. Stasiun Cimindi (+736 m). Stasiun Cimindi terletak di antara Kota Cimahi dan Bandung, menjadikannya tempat transit yang strategis. Meskipun merupakan stasiun kecil, Cimindi melayani berbagai kereta lokal. Lingkungan di sekitar stasiun ini cukup ramai, dengan banyak pedagang dan aktivitas masyarakat.

6. Stasiun Cimahi (+723 m). Stasiun Cimahi, Jawa Barat merupakan salah satu stasiun penting di kawasan Cimahi. Stasiun ini melayani kereta api lokal dan jarak jauh dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

7. Stasiun Bedono (+711 m). Berlokasi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Stasiun Bedono memiliki keindahan alam di sekitarnya. Meskipun tidak sebesar stasiun lainnya, Bedono menawarkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan.

8. Stasiun Ciroyom (+709 m). Stasiun Ciroyom adalah salah satu stasiun penting di Kota Bandung tempat naik turun kereta lokal. Lingkungan di sekitar stasiun cukup ramai. Ciroyom juga memiliki akses alternatif menuju berbagai lokasi di Kota Bandung.

9. Stasiun Cigombong (+699 m). Terletak di Kabupaten Bogor, Stasiun Cigombong menjadi tempat transit bagi kereta lokal dan memiliki suasana yang tenang.

10. Stasiun Leles (+697 m). Stasiun Leles merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Stasiun ini memiliki panorama alam yang sangat menawan dengan sudut pandang yang luas dan terbuka, dikelilingi gunung sehingga udaranya sangat sejuk. *

Baca juga: Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung: Sejarah, Rute, dan Info Lain yang Penting untuk Diketahui

 

Exit mobile version