Cara Membaca Instagram Insight untuk Mengembangkan Akun dan Bisnis

JNEWS – Instagram memiliki sejumlah fitur yang mendukung branding akun pribadi maupun bisnis yaitu Instagram insight. Oleh karena itu penting untuk tahu cara membacanya supaya tahu demografi followers hingga mengukur engagement.

Dikutip dari laman Help Instagram, insight bisa digunakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang tren yang terjadi di followers dan melihat sejauh mana kinerja dari konten yang telah diunggah. Fitur ini diakses gratis dan hanya bisa digunakan oleh akun Instagram bisnis atau creator.

Informasi yang disajikan di Instagram insight akan memudahkan pengguna dalam melakukan analisis dan konten apa saja yang cocok untuk followers-nya. Fitur ini memegang peran penting dalam digital marketing untuk meningkatkan brand awareness, menjaring calon pembeli potensial hingga mengatrol penjualan.

Mengenal Instagram Insight dan Manfaatnya

Instagram Threads: Penjelasan Lengkap dan Cara Daftarnya

Instagram insight adalah fitur yang bisa digunakan di akun bisnis. Jadi, untuk bisa menggunakannya, pengguna harus mengubah akun personal menjadi akun bisnis. Fitur bawaan dari Instagram ini tersedia gratis. Bisa dikatakan fitur ini akan memberikan informasi lengkap terkait performa akun dari postingan baik di feed maupun stories.

Secara sederhana, fitur insight ini akan berguna sebagai alat analisis sekaligus penyedia data untuk mengetahui sejauh mana tindakan followers terhadap akun yang dimiliki. Hadirnya fitur ini sangat memudahkan dalam mengukur kampanye brand, perbandingan konten dan melihat sejauh mana kinerja konten.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat dari Instagram insight.

1. Menyajikan Data Penting

Informasi yang disajikan oleh insight ini meliputi demografi followers yang terbagi ke dalam rentang usia, geografi, kelamin, lalu jumlah interaksi yang terjadi. Untuk jumlah interaksi akan menentukan engagement rate.

Dari data tersebut, pengguna bisa membuat konten sesuai audiens, selain itu pemilik bisnis bisa tahu produk yang mana lebih diminati oleh pria, perempuan, remaja hingga daerah mana saja yang lebih banyak peminatnya.

2. Efektivitas Konten

Tidak semua konten yang diunggah disukai oleh followers. Di sinilah peran penting insight dari Instagram.

Dengan fitur insight ini, pengguna bisa mengukur efektivitas konten dari skala mingguan hingga bulanan. Bisa dilihat konten mana yang memiliki performa terbaik atau engagement-nya paling tinggi.

3. Bahan Evaluasi

Dari data tersebut, pengguna yang merupakan pemilik bisnis bisa mengevaluasi konten, mengatur strategi marketing dan mengambil kebijakan tepat untuk konten. Melakukan evaluasi berkala, pengguna bisa tahu kemajuan dari target pemasaran yang sudah dicapai.

Baca juga: Konten yang Menjual: Ide Postingan Instagram untuk UMKM

Metrik Instagram Insight

Metrik Instagram adalah elemen penting yang perlu diketahui oleh pengguna. Karena dari metrik ini, pengguna bisa tahu format postingan seperti apa yang sesuai untuk followers.

Adapun metrik ini bisa dilihat di berbagai postingan seperti feed dalam bentuk foto maupun reels, Instagram Story, dan Instagram Live Video. Instagram melakukan pembaruan terus-menerus terkait metrik ini.

Contohnya dulu ada metrik reach yang meliputi impressions, profile, other, lalu ada metrik engagement. Namun sekarang ini berubah nama, seperti Reach menjadi Views. Tidak ada lagi Impressions melainkan lebih didetailkan ke home, hashtags, profile, other. Untuk metrik Engagement berubah menjadi Interactions.

Berikut adalah ulasan metrik yang dikutip dari laman Help Instagram.

1. View

View adalah berapa kali konten diputar atau ditampilkan. Untuk view ini ada di postingan reels, Instagram Live Video, ads, stories, dan postingan feed.

Adapun untuk metrik view ini didapatkan dari jumlah penayangan yang dilihat dari beranda, hashtag, profil, dan other.

2. Account Reached

Account reached adalah jumlah akun yang telah melihat konten setidaknya satu kali. Untuk metrik ini bisa dilihat di insight per postingan atau di professional dashboard.

Apabila melihat metrik ini di postingan feed, account reached meliputi grafik followers dan non followers. Jadi, sejauh mana postingan tersebut menjangkau akun yang merupakan followers dan bukan followers.

Sedangkan di professional dashboard, metrik ini menunjukkan informasi demografis tentang akun yang telah dijangkau dalam rentang waktu tertentu, termasuk negara, kota, rentang usia dan jenis kelamin.

3. Interaction

Untuk interaction adalah jumlah tindakan yang dilakukan orang saat mereka berinteraksi dengan konten yang dibuat, seperti suka, komentar, simpan, dan bagikan.

4. Account Engaged

Account engaged adalah jumlah akun unik yang berinteraksi dengan konten yang diunggah. Metrik ini juga termasuk informasi demografis.

Cara Membaca Instagram Insight

Tidak sulit untuk bisa membaca Instagram insight apabila sudah memahami metrik-metrik yang ada. Berikut cara membacanya yang perlu diketahui.

1. Postingan Feed

Cara membaca data Instagram insight pada postingan feed yaitu:

Overview:

2. Instagram Story

Cara membaca untuk data insight dari Instagram Story pun kurang lebih sama dengan feed.

Baca juga: 7 Langkah Cara Menambah Instagram Follower yang Mungkin Belum Pernah Dicoba

Instagram merupakan salah satu platform untuk digital marketing terbaik saat ini. Mempelajari Instagram insight lebih lanjut, akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis kecil, menengah untuk jangka panjang.

Exit mobile version