Instagram Sembunyikan Jumlah “Likes”, Facebook Menyusul

Instagram melakukan uji coba menyembunyikan jumlah likes untuk melihat apakah opsi tersebut dapat mengurangi tekanan sosial dari pengguna.

Per Kamis, (27/5) kemarin, pengguna Instagram bisa melihat dan sembunyikan jumlah likes dari postingan. Opsi ini dipegang kendali penuh pemilik akun. Jadi pengguna bisa menentukan apa yang diinginkan dari dua layanan tersebut.

Sebelumnya, Instagram sudah melakukan uji coba dengan sembunyikan jumlah likes. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah opsi tersebut dapat mengurangi tekanan sosial dari pengguna Instagram.

Hasilnya ada pengguna yang merasakan manfaat dari jumlah likes yang disembunyikan. Sedangkan sebagian lagi memilih untuk tetap melihat jumlah likes pada postingan. Alasannya, pengguna bisa mengetahui postingan yang tengah trending dan populer di media sosial ini.

BACA JUGA : Bikin Gampang Transaksi Nontunai, DANA Luncurkan Fitur Baru Nih

“Lebih dari itu, Anda juga bisa menentukan kapan ingin menyembunyikan tampilan jumlah like pada postingan tertentu. Sehingga pengguna lain tidak melihat jumlah likes yang Anda dapatkan,” jelas Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik Philip Chua.

Ditambahkan Philip, langkah ini diambil Instagram agar pengguna bisa lebih fokus pada kualitas foto dan video yang dibagikan. Dibanding melihat jumlah likes yang didapatkan.

Nah, untuk dapat menikmati layanan baru ini, pengguna cukup mengunjungi bagian “Postingan” di Pengaturan Privasi. Pengaturan ini berlaku untuk seluruh postingan pada timeline di feed Instagram pengguna. Dengan begitu, pengguna tidak akan melihat jumlah likes yang didapatkan dari pengguna lain.

Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan dan menonakktifan pengaturan ini. Bahkan setelah memposting konten. Dalam beberapa minggu ke depan, pengaturan ini tersedia di Facebook.

BACA JUGA : 5 Strategi Mempertahankan Bisnis UMKM di Zaman Pandemi

“Mengubah cara orang melihat jumlah likes merupakan sebuah langkah besar bagi kami. Instagram dan Facebook akan terus berupaya mencari cara baru untuk memberikan lebih banyak pilihan dan kendali bagi para pengguna, sehingga mereka dapat merasa nyaman dalam mengekspresikan diri, terhubung dengan orang lain, serta menjelajahi minat mereka di layanan-layanan kami,” tutup Philip.

 

Exit mobile version