Intip 3 Ide Bisnis Rumahan Bermodal Kecil untuk Anak Muda

Ilustrasi

Milenial dirikan koperasi dan umkm makin mudah

Menjelang akhir tahun, anak muda Indonesia dapat memanfaatkan waktu yang singkat ini untuk meraup keuntungan #DiRumahAja. Manfaatkan penggunaan teknologi terbaik dan cobalah bisnis rumahan skala kecil dengan biaya minimum dengan bantuan dari Zilingo Trade.

Pandemi COVID-19 sangat mempengaruhi keadaan sebagian besar UMKM Indonesia. Pemerintah mendorong masyarakat, khususnya para kaum muda untuk berkontribusi sekecil apapun bagi pemulihan perekonomian nasional.

Head of Commercial Zilingo Melina Marpaung menyebut bahwa ada banyak platform pengadaan yang bisa digunakan oleh mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis. Salah satunya, Zilingo Trade. Ia lantas membagikan tiga rekomendasi bisnis bermodal kecil yang efektif untuk dijalankan dan dikembangkan bagi siapapun yang ingin mencoba peruntungan bisnis dari rumah. Apa saja?

1. Bisnis Makanan Sehat
Pandemi COVID-19 telah mengubah pola konsumsi masyarakat Indonesia, terutama terkait asupan nutrisi dan gizi makanan. Menurut survei Deloitte Consumer Insights, konsumen Indonesia semakin sadar tentang cara produksi makanan yang mereka konsumsi dan memprioritaskan pilihan yang lebih sehat dalam keputusan pembelian mereka.

Dari survei tersebut responden mencari empat fitur utama dalam memilih produk makanan: tinggi vitamin & mineral, rendah kolesterol, rendah lemak, dan rendah gula. Konsumen di kota-kota besar bahkan rela merogoh kocek lebih untuk mendapatkan pilihan yang lebih sehat terutama di kondisi seperti sekarang.

2. Telusuri bisnis fesyen yang on-demand
Studi Knowledge E menemukan bahwa di antara konsumen Indonesia nilai emosional merek mendorong minat beli dan faktor inilah yang harus ditelusuri lebih lanjut saat ini oleh pelaku bisnis ketika sentimen terhadap produk dan merek lokal tinggi; terutama untuk produk fesyen lokal, termasuk pakaian dan sepatu.

Selain itu, rutinitas ‘bekerja dari rumah’ mendorong konsumen untuk mencari jenis pakaian yang nyaman namun tetap modis serta mendorong meningkatnya permintaan produk pelindung pribadi yang trendi. ”Bagi mereka yang ingin memulai bisnis fesyen dan gaya hidup yang terjangkau, bisa jelajahi beragam katalog produk Zilingo Trade dalam kategori Kecantikan, Fesyen dan Gaya Hidup,” ujar Melina.

3. Usaha bisnis elektronik
Karena keterbatasan mobilitas yang ada, terjadi lonjakan dalam penggunaan gawai elektronik, baik untuk menghibur konsumen di rumah maupun memenuhi tugas dan kebutuhan sehari-hari yang terus meningkat.mHal ini membuka permintaan dan peluang baru bagi para pelaku bisnis yang ingin mendalami bisnis perangkat elektronik. Mulai dari peralatan masak, kamera dan aksesoris, home theater hingga mesin pembuat kopi.

Exit mobile version