Intip Tips Capai Berat Badan Ideal Lewat Cara Aman dan Alami

ilustrasi berat badan

Shot of an unrecognizable woman weighing herself at home

Memiliki tubuh ideal menjadi dambaan setiap orang. Banyak orang berlomba-lomba menurunkan berat badan untuk mencapai proporsi ideal. Namun, tahukah kamu jika kekurangan berat badan sama buruknya dengan obesitas?

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan US National Library of Medicine, kekurangan berat badan ternyata sama buruknya dengan obesitas.

Ditinjau dari sisi kesehatan, kekurangan berat badan dapat membuat risiko kematian dini meningkat menjadi 140 persen lebih besar pada pria, dan 100 persen lebih besar pada wanita.

Baca juga: Kiat Jitu Kembangkan Bisnis UKM di Platform Digital

Oleh karena itu, ada beberapa cara menggemukkan badan secara alami yang dapat dilakukan. Maka, sangat penting untuk agar menjaga berat badan tetap ideal. Berikut adalah beberapa tips menaikkan berat badan secara alami:

1. Makan banyak kalori

Memperbanyak mengkonsumsi makanan berlemak dan minuman berkadar gula tinggi bukan cara terbaik untuk menggemukan badan. Kamu harus memenuhi kebutuhan gizi lewat makan makanan sehat. Caranya dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin, serta sumber protein tanpa lemak, seperti kacang-kacangan, ikan, dan daging ayam tanpa kulit. Jenis makanan ini bisa membuat badan kamu menjadi lebih berisi dan sehat.

2. Makan lebih banyak protein

Nutrisi terpenting untuk menambah berat badan adalah protein. Perlu kamu tahu, otot terbuat dari protein. Tanpa adanya protein, maka sebagian besar kalori ekstra bisa menjelma jadi lemak tubuh. Jika kamu ingin menaikkan berat badan, targetkan untuk 0,7-1 gram protein per pound berat badan atau 1,5 hingga 2,2 gram protein per kilogram.

3. Rajin makan 3 kali sehari

Usahakan untuk tidak mengurangi karbohidrat atau lemak jika kamu ingin menaikkan berat badan. Sebab, membatasi asupan karbohidrat dan lemak akan membuat tubuh sulit mendapatkan kalori yang cukup. Maka, konsumsilah makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak jika penambahan berat badan menjadi prioritas. Rajinlah makan 3 kali sehari.

Baca juga: Hanya Tiga Hari, 5 Brand Lokal Indonesia Jual 4.000 Produk di Singapura

4. Makan makanan padat energi

Penting sekali untuk mengkonsumsi makanan dengan bahan tunggal. Makanan dengan bahan tunggal akan lebih banyak mengisi energi. Makanan ini juga mengandung banyak kalori yang menguntungkan.

5. Memilih cemilan bernutrisi

Ngemil adalah kegiatan yang dianggap ampuh untuk meningkatkan berat badan. Tapi, kamu harus ingat bahwa camilan seperti gorengan, kue-kue, dan keripik sangat tidak sehat dan tidak memiliki manfaat untuk tubuh. Jadi, pilihlah camilan sehat. Misalnya tomat ceri, kacang macadamia, kacang almond, atau alpukat.

6. Ganti minuman manis dengan minuman sehat

Ganti minuman manis dengan minuman lebih sehat, seperti jus buah atau smoothies tanpa gula, campuran susu dan yoghurt yang nikmat dan menyegarkan.

Sebaiknya, jangan minum air sebelum makan. Lebih baik lagi, jika kamu minum minuman tinggi kalori secara bersamaan dengan makan atau sebelum makan. Langkah ini bisa menjadi cara efektif untuk menambah berat badan secara alami.

7. Lakukan olahraga angkat beban

Bukan hanya untuk melangsingkan, olahraga juga bisa dilakukan untuk meningkatkan berat badan. Olahraga yang melatih kekuatan, seperti berenang, aerobik, angkat beban, dan berlari bagus untuk menambah berat tubuhmu.

Jenis olahraga tersebut bisa membuat ototmu terbentuk dan tubuh menjadi lebih berisi. Kamu bisa menaikkan berat badan dengan pergi ke gym dan lakukan olahraga angkat beban 2 hingga 4 kali per minggu.

Baca juga: Intip 3 Ide Kreatif Bikin Kerajinan Tangan Unik ala Konten Kreator

Terakhir, perlu kamu ingat bahwa sebelum memulai program penggemukkan badan, kamu perlu mengecek apakah berat badan kamu memang berada di bawah berat badan normal atau sebaliknya.

Jika berat badan kamu kurang dari kondisi ideal, maka jangan gunakan cara yang sembarangan untuk membuat tubuh menjadi berisi. Hindari mengkonsumsi junk food, sering minum minuman yang manis, dan malas berolahraga. Mulailah terapkan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan bernutrisi.

Exit mobile version