Itinerary Bali 3 Hari 2 Malam: Waktu Terbatas untuk Liburan Maksimal

JNEWS – Bingung mau ke mana saat berlibur di Pulau Dewata adalah hal yang lumrah. Setiap sudut pulau ini memiliki pesona yang luar biasa. Hampir semua tempat ingin dikunjungi. Namun, sayangnya durasi waktu liburan sering terbatas. Oleh karena itu, punya itinerary Bali yang komprehensif itu penting, agar bisa puas mengunjungi tempat wisata yang ingin didatangi meski waktunya tidak banyak.

Menurut data Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, ada tiga kabupaten dan kota di Bali yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yaitu Kabupaten Badung, Kota Denpasar, dan Kabupaten Bangli.

Tidak mengherankan ketiga kabupaten dan kota tersebut menjadi destinasi favorit para wisatawan, karena ada banyak tujuan wisata yang terdapat di lokasi-lokasi tersebut. Sebut saja di Denpasar ada kawasan Seminyak, Pantai Sanur, Tanah Lot, lalu beranjak ke Badung ada Garuda Wisnu Kencana, Sangah Monkey Forest, Pura Uluwatu. Kabupaten Bangli memiliki Desa Wisata Penglipuran yang terkenal hingga mancanegara, Pura Kehen hingga air terjun Tukad Cepung.

Dengan banyaknya destinasi wisata baik pantai, kuliner hingga oleh-oleh, tentunya akan membingungkan mau mulai dari mana, bukan? Umumnya, wisatawan berlibur ke Bali menghabiskan waktu 3 hari 2 malam. Agar tiga hari bisa dimaksimalkan mengunjungi beragam tempat wisata, membuat itinerary Bali adalah solusi terbaik.

Itinerary Bali 3 Hari 2 Malam

Tip dan Trik Berburu Tiket Pesawat ke Bali

Itinerary Bali ini akan mengambil rute Jakarta-Bali. Jadi, untuk harga tiket pesawat bisa menyesuaikan kota masing-masing. Agar bujetnya tidak membengkak, sebaiknya pilih liburan saat weekdays bukan di akhir pekan maupun peak season.

Sebagai gambaran, harga tiket pesawat termurah saat artikel ini ditulis untuk rute Jakarta-Bali yaitu Rp883.800/orang. Namun, untuk harga tersebut, waktu penerbangannya sore hari. Apabila ingin mengambil penerbangan pagi, harganya mulai dari Rp914.400.

Baca juga: Liburan Hemat: Tip dan Trik Berburu Tiket Pesawat ke Bali dan Mendapatkan Akomodasi Terjangkau

Hari Pertama

Tiba di I Gusti Ngurah Rai International Airport. Sebaiknya mengambil penerbangan pagi, agar bisa mengunjungi banyak tempat, mengingat waktunya terbatas. Untuk hari pertama, bisa langsung menuju Kabupaten Badung, tetapi sebelumnya bisa mampir dulu untuk makan di salah satu kuliner legendaris Denpasar.

Tujuan pertama: Warung Mak Beng Sanur

Warung makan ini salah satu yang terkenal di Bali dan sudah ada sejak tahun 1941. Warung Mak Beng memiliki dua cabang yakni di Sanur dan Ubud. Warung ini menjual aneka olahan ikan laut goreng, sup kepala ikan, sup sayur, dan nasi. Aneka minuman yang bisa dipilih seperti es teh, temulawak, dan es jeruk.

Tujuan kedua: Pura Uluwatu

Dari Warung Mak Beng Sanur menuju Pura Uluwatu akan menempuh waktu 1 jam 16 menit via Jl. Bypass Ngurah Rai/Simpang Pesanggaran – Simpang Sanur and Jimbaran – Uluwatu.

Menjelang sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Pura Uluwatu. Daya tarik utama dari pura ini adalah letaknya yang di atas tebing dengan pemandangan ke arah samudra. Selain itu, kawasan pura ini masih asri dengan hutan yang masih dihuni kawanan kera.

Momen matahari tenggelam adalah yang ditunggu wisatawan di Pura Uluwatu. Karena di kawasan pura ini ada pertunjukan Tari Kecak dan Tari Api. Atraksi ini dimulai pukul 17.00 sampai 18.00 WITA. Untuk tiket masuknya bisa dibeli di OTA (online travel agent) seperti Traveloka.

Tujuan Ketiga: Istirahat Hotel

Tujuan berikutnya adalah check in hotel. Istirahat sebentar untuk mandi dan bersih-bersih. Ada banyak referensi tempat menginap dari harga yang murah hingga mahal. Hostel pun banyak yang bisa dipilih.

Akan lebih menyenangkan apabila memilih penginapan di daerah Jimbaran, karena bisa lanjut makan malam di pantainya.

Tujuan Keempat: Makan Malam di Pantai Jimbaran

Sebelum istirahat malam, ada baiknya mengisi perut dengan makan malam di Pantai Jimbaran. Di kawasan pantai ini, ada sejumlah kafe yang bisa dijadikan pilihan untuk makan malam dengan pemandangan laut dan diiringi lagu romantis.

Hari Kedua

Tujuan Pertama: Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Setelah sarapan di hotel, perjalanan pertama di hari kedua adalah ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Lokasi GWK masih ada di kawasan Jimbaran. Untuk tiket masuk sebesar Rp120.000.

Di sini, wisatawan bisa menyaksikan berbagai tari tradisional Bali di area amphitheater. Pertunjukkan tari di area ini hadir mulai dari pukul 11.00-15.00 WITA. Setiap jam akan menampilkan pertunjukan tari yang berbeda.

Selain itu, di area Plaza Wisnu ada parade budaya Bali di pukul 16.00 WITA. Sedangkan di area Lotus Pond, pukul 17.00 WITA ada joged bumbung dan di pukul 18.00 WITA ada pertunjukan Tari Kecak.

Apabila lapar, di GWK tersedia restoran yang menyediakan aneka menu nusantara dan khas Bali. Ingin membeli oleh-oleh pun bisa mampir di toko suvenir.

Tujuan Kedua: Alam Sari Agrotourism

Daya tarik dari agrowisata ini adalah wisata edukasi kopi luwak. Wisatawan bisa melihat langsung dan mempelajari perawatan hewan luwak hingga bagaimana pemanfaatannya untuk kopi luwak. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati kopi hasil olahan sendiri.

Tujuan Ketiga: Goa Gajah

Apabila masih memiliki waktu yang cukup sebelum pukul enam sore, bisa mengunjungi Goa Gajah.

Namanya memang Goa Gajah, tetapi tidak ada gajah di tempat wisata ini. Goa Gajah adalah tempat pertapaan para biksu Buddha di pinggir sungai. Tempat ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Istirahat di Hotel

Setelah perjalanan seharian, istirahat di hotel adalah waktu terbaik untuk memulihkan tenaga. Di Ubud, ada banyak hotel hingga villa yang memiliki konsep alam. Bahkan ada beberapa yang pemandangannya menghadap langsung ke Sungai Ayung yang terkenal.

Apabila sudah lelah, bisa memilih untuk makan malam di hotel. Kalaupun ingin makan di luar, beberapa restoran yang bisa dijadikan pilihan seperti Pison, Ubud; Hujan Locale, Casa Luna hingga Warung Makan Bu Rus. Di restoran tersebut menjual aneka makanan nusantara hingga western.

Baca juga: 8 Jenis Watersport Bali yang Seru dan Lokasi Terbaik untuk Mencobanya

Hari Ketiga

Hari ketiga adalah persiapan untuk pulang. Pagi hari bisa sarapan di hotel untuk menghemat waktu. Apabila penerbangannya siang, bisa menyempatkan sebentar membeli oleh-oleh di Krisna Oleh-Oleh Bali Nusa Kambangan yang terletak di Kota Denpasar.

Perjalanan bisa dilanjutkan sebentar untuk mencicipi ayam betutu di Ayam Betutu Ibu Nia Renon Denpasar yang berjarak hanya 10 menit dari tempat beli oleh-oleh.

Itinerary Bali 3 hari 2 malam di atas bisa dijadikan referensi bagi wisatawan yang akan berlibur di Pulau Dewata baik bersama keluarga maupun teman-teman. Persiapkan kesehatan sebaik mungkin karena akan menempuh perjalanan yang lumayan banyak dan bujet tentunya. Selamat berlibur!

Exit mobile version