Jackson Shoes, Brand Fesyen Lokal yang Sampai ke Mancanegara berkat Inovasinya

JNEWS – Beberapa tahun terakhir ini, pasar sepatu di Indonesia semakin “beragam”. Yang menarik dicermati, merek-merek lokal ikut meramaikan persaingan pasar sepatu di Indonesia. Salah satunya adalah Jackson Shoes.

Jackson Shoes, seperti tuturan pendirinya Jackson, menghadirkan konsep affordable luxury yang menawarkan desain berkelas namun dengan harga bersahabat.

Jackson merintis Jackson Shoes pada tahun 2019. Ide merintis merek sendiri muncul saat Jackson melihat pasar sepatu yang terbagi menjadi dua segmen, yaitu mass market yang cenderung monoton dan formal, serta niche market yang lebih mengarah ke brand internasional dan lifestyle. Jackson ingin menciptakan sepatu yang bisa menjembatani keduanya dengan pilihan yang luas namun tetap mengusung gaya hidup modern.

“Ada opportunity untuk kita buat sepatu yang bisa ada di di dua-duanya. Artinya kita bisa distribute secara masif kita punya barang yang sangat banyak pilihannya tapi kita juga bisa kasih model-model yang benar-benar lifestyle,” tuturnya dalam Cerita Joni.

Pada mulanya, Jackson Shoes hanya fokus pada sepatu dewasa. Namun, sejak 2021, mereka mulai memperluas pasar dengan merambah ke segmen anak-anak dan sepatu olahraga. Inovasi terus dilakukan hingga saat ini, termasuk kolaborasi menarik dengan SpongeBob pada tahun 2023. Meskipun awalnya dirancang untuk anak-anak, ternyata SpongeBob juga memiliki banyak penggemar dewasa. Kolaborasi ini menjadi salah satu langkah strategis Jackson Shoes untuk belajar dari brand internasional dan memperkuat posisi mereka di pasar.

Namun, kolaborasi ini bukan tanpa tantangan. Proses adaptasi terhadap aturan ketat yang ditetapkan oleh SpongeBob memaksa tim Jackson Shoes untuk berkembang dan belajar membuat produk dengan standar internasional. Ini menjadi pengalaman berharga bagi mereka dalam menciptakan produk yang detail dan berkualitas.

Baca juga: Pusat Layanan Usaha Terpadu Jadi Mesin Penggerak UMKM di Daerah

Keunikan lain dari Jackson Shoes adalah konsep Jackson Kids, yang mengadaptasi desain sepatu dewasa menjadi versi anak-anak. Ini memungkinkan anak-anak mengenakan sepatu serupa dengan orang tua mereka, bahkan bisa memiliki sepasang sepatu yang cocok untuk seluruh keluarga.

Jackson Shoes juga bekerja sama dengan AZA, brand dari DBL, dalam meluncurkan Jackson Active di tahun 2023. Kolaborasi ini menyatukan visi mereka dalam dunia olahraga dan membangun komunitas yang solid.

Selain sepatu kasual dan sneakers yang menjadi fokus utama, Jackson Shoes juga memiliki lini sepatu olahraga. Salah satu inovasi terbaru mereka adalah sepatu lari dengan teknologi carbon plate yang dapat dilepas pasang, memberikan fleksibilitas bagi penggunanya untuk berjalan nyaman atau berlari dengan performa maksimal.

Dalam perjalanan bisnisnya, Jackson Shoes banyak terbantu oleh JNE dalam hal pengiriman, terutama ketika bisnis online mereka mulai berkembang pesat. JNE memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan Jackson Shoes, terutama selama pandemi ketika e-commerce melonjak.

“Awal-awal memulainya, online ini ‘kan dulu masih awam, maksudnya masih bingung.  JNE banyak support bahkan sampai waktu covid waktu online benar-benar naik. Nah, itu saya sih paling ngerasain jasanya ada JNE ya bantu brand kita sih,” terangnya.

Baca juga: JNE Pulau Pramuka, Solusi Pelaku UMKM Lokal Rambah Pasar Luar Pulau

Pak Jackson berbagi pesan penting bagi para kepada para pengusaha muda Indonesia. “Membangun brand bukan hanya tentang mengikuti tren, tetapi juga tentang konsistensi dan menjaga identitas brand itu sendiri. Konsistensi adalah kunci dalam membangun brand yang kuat dan bertahan lama,” pungkasnya.

Exit mobile version