Jangan Asal, Sebelum Beli Smart TV Cek Dulu Pertimbangannya

Samsung QLED 8K TV

 

Meski masuk dalam kebutuhan skunder, namun di era sekarang ini, hampir rata-rata masyarakat ingin memiliki smart TV dengan segala kelebihan yang ditawarkan.

Tapi dibalik itu semua, tentu dalam memilih smart TV yang baik agak sulit. Apalagi dengan ragam pilihan dan merek yang cukup menjamur di pasaran, belum ditambah dengan iming-iming model serta fitur-fiturnya.

Karena itu, sebelum membeli baiknya dipikirkan terlebih dulu. Perlu diingat juga, penting menimang mana yang baik tidak selaku karena faktor harga, tapi umumnya orang membeli TV untuk kebutuhan jangka panjang juga.

Ada beberapa pertimbangan yang wajib diperhatikan bila ingin membeli smart TV, meski kisaran harganya beragam, tidak bisa menjadi jaminan. Artinya, mahal belum berarti bagus, begitu juga sebaliknya.

BACA JUGA : Jangan Gaptek Soal NFC dan Apa Kegunaannya

Melansir dari beberapa literatur yang ada, ternyata cukup banyak pertimbangan yang harus ditimang sebelum membeli smart TV. Berikut bahasannya :

1. Merek adalah hal pertama yang harus diputuskan saat membeli smart TV. Anda harus mengetahui dengan jelas tentang merek smart TV apa yang dapat Anda pilih.

Sebaiknya pertimbangkan garansi yang ditawarkan, kualitas layanan purna jual, termasuk jaringan pusat layanan, dan tambahan seperti pemasangan dan aksesori. Jika membeli dari toko offline, hindari memilih merek hanya berdasarkan saran eksekutif penjualan. Memeriksa ulasan online akan membantu Anda membuat keputusan yang cerdas.

2. Ukuran layar juga menjadi bahan pertimbagnan ketika akan membeli smart TV. Kondisi ini sangat tergantung di mana Anda ingin meletakkannya yang koneksinya sudah tentu akan berhubungan dengan dimensi ruangan, lalu ada berapa banyak orang yang akan menonton.

Telihat sepele, tapi sebenarnya hal ini cukup penting karena menyangkut soal kenyamanan. Contohnya, layar TV juga akan berkaitan dengan jarak pandan saat menonton, dan ini pun juga ada korelasinya dengan sudut dan dimensi ruangan.

BACA JUGA : Samsung TV Ini Bikin Liburan Akhir Tahun di Rumah Tetap Seru

3. Layar Smart TV tersedia dalam tiga jenis layar utama, yakni OLED, QLED, dan LED. Ketiganya ini juga cukup penting lantaran menyangkut soal kualitas tampilan secara keseluruhan. Karena itu, sebelum membeli tahu dulu bedanya.

4. Resolusi layar berperan menentukan jumlah piksel, kaitannya tentu saja soal ketajaman layaknya kamera. Semaki tinggi, tentunya piksel dan kualitas gambar bakal lebih tajam. Bahkan saat ini sendiri, smart TV dengan fitur HD sudah mulai ditinggalkan, kebanyakan memiliki ke Full HD atau 4K.

5. Refresh rate merupakan berapa kali tampilan menyegarkan kontennya per detik. Ini didefinisikan dalam Hertz (Hz). Kecepatan refresh standar untuk tampilan TV adalah 60Hz. Refresh rate yang lebih tinggi seperti 90Hz, 120Hz, 144Hz, atau lebih memberikan gerakan yang lebih halus.

Dengan demikian, penonton tidak akan melihat keburaman pada objek yang bergerak cepat, biasanya pada panel standar. Ini bukan fitur yang harus dimiliki tetapi penting jika Anda berencana untuk bermain game atau menggunakan TV sebagai monitor untuk komputer Anda.

6. Software, aplikasi, dan fitur lainnya Meskipun memiliki tag “Smart TV”, model tertentu mungkin memiliki sistem operasi miliknya sendiri, bukan Android. TV dapat menjalankan beberapa aplikasi dan menawarkan fungsi pintar tertentu tetapi mungkin tidak mendukung fitur Android seperti akses ke Google Play, Asisten, kontrol suara, dan sebagainya.

7. Audio soal ini juga tak kalah penting, seperti diketahui kulaitas kenyamanan dalam menonton salah satunya ditopang oleh dentuman suara dari audio. Smart TV dengan bandero mahal umumnya disajikan dengan kualitas audio yang jernih dan keras dengan speaker watt tinggi dan menawarkan tambahan seperti Dolby Audio, Surround Sound, dan lain-lain.

BACA JUGA : Trik UMKM Bikin Pinjaman Modal Cepat Cair

8. Fitur konektivitas, namanya smart TV sudah tentu harus ditopang dengan ragam konektifitas yang mempunni. Sebelum membeli, perhatikan fiturnya apa saja, ada berapa port yang disajikan agar tak perlu repot soal urusan kabel. Biasanya juga tersedia port USB yang, Jack 3.5mm, dan dukungan Bluetooth.

9. Harga, ini faktor pamungkas yang harus dipertimabangkan baik-baik. Apakah banderol smart TV sesuai dengan fitur dan kinerjanya, lalu apakah sesuai dengan kebutuhan Anda juga.

10. Jangan lupa soal garansi, sebisa mungkin menjari yang memiliki jaminan jelas. Baik soal waktu, apa saja yang digaransi dan lainnya.

Exit mobile version