Jari Mungil by Gi yang Awalnya Dipasarkan ke Rekan Kerja Kini Rambah Seluruh Nusantara

Oleh : Aprieliya Puspitasari, Tracer Inbound JNE Cabang Klangenan

Jari Mungil by Gi kirim paket ke customer

Sudah hampir 2 tahun lamanya Negara kita “Indonesia” dilanda bencana wabah Corona Virus Disease-2019 atau yang biasa kita sebut dengan Covid. Virus yang berasal dari Wuhan China pada akhir tahun 2019 tersebut memberikan dampak yang besar bagi seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Virus ini mendadak menjadi teror mengerikan bagi masyarakat dunia, terutama setelah merenggut nyawa ratusan orang hanya dalam kurun waktu dua pekan. Virus tersebut sendiri masuk ke Indonesia awal Maret tahun 2020. Sejak virus tersebut masuk dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia, sejak saat itu pula hampir semua sektor di Indonesia mengalami kelumpuhan.

Hampir semua sektor pariwisata tutup dan membuat income menjadi turun atau bahkan tidak ada pemasukan sama sekali, kantor-kantor yang karyawannya bekerja di rumah (WFH), atau bahkan sampai ada yang terkena dampak PHK.

Tidak hanya itu saja, sekolah-sekolah pun belajar dengan sistem daring. Banyak para orang tua murid khususnya dari menengah kebawah yang merasa sangat kesulitan dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli kuota internet.

Dampak dari pandemi tersebut membuat masyarakat banyak memanfaatkan peluang untuk berbisnis, memutar otak untuk ide bisnis apa yang hendak mereka lakukan. Tak hanya peran orang tua saja, tetapi para muda-mudi bahkan anak remaja memanfaatkan waktu mereka untuk menghasilkan rezeki di masa pandemi ini.

Tak terkecuali saudari Gia Ayu, Jr. Spv Accounting JNE Cabang Klangenan Cirebon. Di usianya yang terbilang masih cukup muda, dia cukup banyak berinovasi.

Karya Jari Mungil by Gi awalnya dipasarkan ke teman-teman karyawan JNE Klangenan Cirebon

Dia memulai berbisnis makanan atau cemilan berupa salad buah. Tak hanya dipromosikan di ruang lingkup kantor saja, namun dia juga mempromosikan di seluruh kota maupun kabupaten Cirebon. Dengan menggunakan buah yang segar dan bahan – bahan yang berkualitas baik, hingga isian yang cukup banyak tak heran jika salad buahnya banyak diminati orang.

Tak hanya berniaga salad buah saja, dengan skill yang dia miliki, dia juga berinovasi membuat konektor masker hijab. Karena saat ini memang masyaratakat Indonesia diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yaitu salah satunya wajib menggunakan masker saat berkegiatan diluar rumah. Masker saat ini sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia.

Teman karyawan JNE Klangenan Cirebon membeli konektor masker hijab dari Jari Mungil by Gi

Berkolaborasi dengan sang Ibunda, dia menuangkan ide dan memulai bisnis membuat konektor masker hijab, yang mana saat ini sangat digandrungi oleh hijabers. Bentuk model yang lucu dan unik banyak sekali diminati para hijabers khususnya hijabers muda dan selebgram.

Dengan bermodalkan bahan baku manik – manik serta senar plastik, dia dapat mengubahnya menjadi sebuah konektor masker yang cantik – cantik. Konektor masker hijab tersebut di-share ke rekan –rekan kantor JNE Cabang Klangenan Cirebon, JNE Cirebon Pusat, pihak keluarga serta rekan diluar tempat kerja.

Tak hanya sampai disitu saja, dia juga mempromosikan melalui media sosial Instagram “@jarimungil.bygi”. Peminatnya pun tidak hanya dari dalam kota maupun kabupaten Cirebon, namun dari luar kota juga sangat antusias. Dengan harga yang terjangkau, tidak terlalu menguras kantong kalangan anak muda maupun kalangan karyawan serta model yang cantik tentu saja membuat konektor masker tersebut laris manis.

Instagram Jari Mungil by Gi

Tak hanya dapat order via Instagram, namun kita juga dapat order by whatsapp yang di-share di bio. Pun pengirimannya tentu saja menggunakan expedisi JNE, selain tariff yang terbilang cukup murah dibandingkan dengan ekspedisi lainnya pelayananannya pun sangat memuaskan.

Pengiriman yang tepat waktu, packing kemasan yang rapih, selalu menambahkan bubble wrap, sehingga isi kirimanpun akan tetap aman, tak jarang “@Jarimungil.bygi” pun banjir orderan. Sebagaimana yang dianjurkan Rasulullah kepada umatnya “Hendaklah kamu berdagang, karena di dalamnya terdapat 90% pintu rezeki” hadist riwayat Imam Ahmad.

Dari Mu’az bin Jabal, Rasulullah SAW berkata, ”Sesungguhnya, sebaik-baik usaha adalah usaha perdagangan,” hadist riwayat Baihaqi. Dan dia pun berpesan khususnya untuk kalangan muda, jangan malas dan malu untuk mencari rezeki, apapun itu asal halal dan masih di jalan Allah.

Dan semoga pandemi ini segera berakhir, agar masyarakat tak perlu resah maupun khawatir akan virus corona jika ingin berkegiatan di luar rumah. Semoga kita semua sehat dan selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.*

Baca juga : 5 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Sampai Luar Negeri

Exit mobile version