Jasa Marga Bawa UKM Batik dan Kulit di Ajang INACRAFT 2023

UKM binaan Jasa Marga/ Dok. Jasa Marga

Sama seperti Pertamina, PT Jasa Marga (Persero) TBk, juga ikut meramaikan pameran The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2023) dengan membawa mitra UMK binaannya.

Dalam ajang Inacraft tahun ini Jasa Marga menggandeng dua Usaha Mikro Kecil (UMK) yang merupakan Mitra Binaannya, yakni, Al-Ghifari yang bergerak dibidang produk kerajinan kulit, dan Batik Masniri yang menjual produk kain batik.

Pada pembukaan Inacraft, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno mengatakan, presiden sangat bangga dengan pameran ini dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya gelaran ini.

“Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 5 Maret 2023. Tahun ini kita mengundang buyer dari luar negeri seperti Brunei, Malaysia, Mesir dan Maroko dengan tujuan agar dapat melakukan tukar menukar kerajinan,” jelas Sandiaga Uno.

BACA JUGA : 24 UMKM Pertamina Siap Unjuk Gigi di INACRAFT 2023

Adapun secara tujuan, Inacraft 2023 diadakan untuk membangun semangat para Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar dapat berkiprah di perdagangan domestik dan menuju global.

Tahun ini, pameran diikuti oleh 1.200 peserta perwakilan dari mitra binaan Instansi, Kementerian, Dinas, perusahaan BUMN dan industri kreatif. Ditahun sebelumnya, Inacraft 2022 berhasil dikunjungi 170 ribu pengunjung dengan total transaksi senilai 143 miliar.

Corporate Communication & Community Development Group Head, Lisye Octaviana menjelaskan, Jasa Marga sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri jalan tol dan dekat dengan aktivitas masyarakat selalu berkomitmen mendukung penyediaan tempat promosi serta pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya UMK yang tergabung dalam mitra binaan Jasa Marga.

“Jasa Marga juga telah memfasilitasi tempat promosi serta mengembangkan Koperasi dan UMKM di ruang publik milik BUMN dengan ikut dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian BUMN, yang dilaksanakan di Rest Area Km 260 B Jalan Tol Pejagan-Pemalang pada bulan Juli 2022 lalu,” ujar Lisye.

Selain menyediakan sarana promosi, Jasa Marga juga turut serta dalam melaksanakan berbagai program UMKM seperti pelatihan dan sertifikasi halal, serta pengembangan desa wisata, seperti Balkondes Majaksingi dan Taman Tresno yang menjadi bukti kepedulian Jasa Marga dalam mengembangkan potensi UMKM dan wisata masyarakat desa binaan.

Total, di 60 Rest Area yang telah beroperasi di ruas Jasa Marga Group, telah mengakomodasi rata-rata 70% UMKM dan telah melebihi ketentuan minimal (sebanyak 30%) sesuai ketentuan dari Peraturan Menteri PUPR No. 02 Tahun 2021.

Exit mobile version