Cara Memilih Jenis Paket JNE yang Tepat untuk Kebutuhan Pengiriman

Ada banyak jenis paket JNE yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Setiap paket pengiriman, tentunya memiliki pengemasan, waktu pengiriman, dan kesiapan bujet yang berbeda.

Sekarang ini, mau berbelanja online ataupun mengirimkan dokumen penting ke seluruh wilayah Indonesia tidak sulit. Perusahaan ekspedisi seperti JNE menyediakan banyak titik kantor cabang dan agen yang siap menampung serta mengirimkan paket dari konsumen.

Apalagi sekarang ini, tren berbelanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban, maka pengiriman paket memiliki peran yang sangat penting. Banyak barang yang bisa dikirimkan melalui JNE, mulai dari produk fashion, aksesori, bahan makanan hingga barang pecah belah. Konsumen pun tidak perlu khawatir karena pengemasan paket di JNE disesuaikan dengan isi paket.

Bagi konsumen pun diberikan kebebasan dalam memilih jenis paket JNE dengan mempertimbangkan dari segi harga, waktu pengiriman hingga barang yang akan dikirimkan. Berat barang juga menjadi faktor utama dalam penentuan harga, semakin berat maka semakin besar pula biaya yang akan dibayarkan.

Lantas, apa saja jenis paket JNE yang bisa dijadikan pilihan?

Jenis Paket JNE

Mengenal Status Pengiriman Paket JNE dari Awal Hingga Akhir

1. Roket Indonesia

Ada yang membutuhkan pengiriman instan di dalam kota? Maka, bisa memilih Roket Indonesia. Layanan ini bisa diakses dengan mengunduh aplikasi Roket Indonesia yang sudah tersedia di Google Play Store.

Layanan dari jenis paket ini antara lain:

Baca juga: Mengenal Status Pengiriman Paket JNE dari Awal Hingga Akhir

2. Diplomat

Ingin mengirimkan dokumen yang bernilai tinggi dan dibawa langsung oleh petugas JNE (hand carry), maka pilihlah jenis paket Diplomat. Paket ini mengutamakan keamanan, kecepatan dan kepastian kiriman mulai dari penjemputan hingga diterima di tangan penerima.

Beberapa ketentuan di bawah ini perlu diperhatikan yaitu:

3. Super Speed

Super Speed (SS) merupakan layanan pengiriman dengan mengutamakan kecepatan sehingga paket bisa diterima sesuai waktu yang telah ditentukan.

Beberapa ketentuan di bawah ini harus dipahami oleh konsumen, yaitu:

4. YES (Yakin Esok Sampai)

YES merupakan layanan paket dengan waktu tiba di tujuan pada hari besok, ini termasuk hari Minggu dan hari libur nasional.

Ketentuan dari jenis paket ini antara lain:

5. Reguler

Reguler adalah layanan pengiriman paket ke seluruh Indonesia, dengan estimasi waktu tiba sekitar 1-7 hari kerja. Ini tergantung pada zona daerah tujuan pengiriman.

Beberapa ketentuan dari layanan ini yaitu:

6. OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

Layanan OKE mencakup pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan tarif yang ekonomis. Untuk perkiraan waktu tiba akan sedikit lebih lama dari layanan reguler. Ini tergantung pada zona daerah yang nantinya akan menjadi tujuan pengiriman.

Adapun ketentuan dari paket JNE ini adalah tidak berlaku untuk garansi uang kembali (money back guarantee) dan pengiriman dengan servis ini tidak berlaku di dalam kota.

7. JNE Trucking (JTR)

JTR adalah layanan pengiriman dalam jumlah atau volume yang besar melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif. Ini menjadi solusi terbaik bagi konsumen yang akan mengirimkan barang dalam jumlah besar atau pecah belah.

Beberapa ketentuan di bawah ini harus ditaati oleh pengirim yaitu:

Cara Memilih Jenis Paket JNE

Dari tujuh layanan paket JNE tentunya harus dipilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih jenis paket JNE yang tepat.

1.  Jenis Barang

Yang pertama adalah jenis barang. Konsumen perlu memerhatikan, barang apa saja yang akan dikirimkan karena ini akan memengaruhi beberapa hal seperti waktu dan biaya.

Jika mengirimkan paket dokumen penting tentunya lebih baik memilih paket Diplomat. Atau berada dalam satu kota dan harus mengirimkan makanan ke saudara misalnya, bisa memilih Roket Indonesia.

2. Waktu Pengiriman

Terkadang, ada paket yang diminta untuk dikirimkan dengan cepat karena kebutuhan dari si penerima. Misalnya, menjelang Lebaran banyak yang belanja online dan ingin tiba dalam waktu singkat. Untuk kasus seperti ini bisa memilih paket YES. Jika, tidak terburu-buru, bisa memilih paket Reguler.

Apabila sangat membutuhkan paket tersebut karena kondisinya ‘emergency’, bisa memilih paket Super Speed.

3. Tujuan Pengiriman

Tujuan pengiriman ini akan berpengaruh terhadap waktu dan harga. Ada beberapa paket JNE yang bisa digunakan untuk pengiriman dalam kota tapi untuk wilayah jauh misalnya Indonesia bagian timur, biasanya akan memakan waktu cukup lama.

Biasanya wilayah di Indonesia timur, sulit untuk menggunakan paket Super Speed karena di beberapa daerah harus ditempuh dengan pergantian transportasi udara dua kali. Sedangkan syarat untuk SS khusus wilayah yang ada penerbangan langsung.

Baca juga: Ini Dia Cara Kirim Paket JNE yang Mudah dan Antiribet

4. Biaya

Biaya dari tiap jenis paket JNE berbeda. Bahkan jika memilih paket YES misalnya, harganya akan berbeda menyesuaikan dengan tujuan pengiriman. Mengapa demikian? Ini menyakut jarak tempuh dari pengirim ke tujuannya. Semakin jauh maka akan semakin mahal.

Dengan mempertimbangkan empat faktor di atas, konsumen bisa memilih layanan jenis paket JNE yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Exit mobile version