JNE Bidik Kiriman Sektor Ritel di Wonogiri

Kepala Cabang JNE Wonogiri, Muhammad Narulloh (paling kananm baju kotak-kotak) bersama Ksatria danSrikandi JNE Wonogiri, Jawa Tengah.

JNEWS – Menjelang akhir tahun setiap kantor cabang JNE di seluruh Indonesia terus bekerja keras meningkatkan volume kiriman. Tak terkecuali Kantor Cabang JNE Wonogiri yang manajemen operasinya berada di bawah JNE Cabang Utama Solo. Segmen retail yang kirimannya berasal dari para pelaku UMKM menjadi bidikan JNE Wonogiri.

Wonogiri merupakan sebuah kabupaten yang secara geografis terletak di bagian tenggara Jawa Tengah, dan berbatasan langsung dengan Jawa Timur, tepatnya dengan Kabupaten Pacitan. Nama Wonogiri sendiri dari dulu sudah populer, antara lain lewat kuliner bakso dan mie ayam-nya yang tersebar di seantero negeri. Banyak para pedagang bakso dan mie ayam berasal dari Wonogiri.

Sebagai wilayah yang sebagian besarnya terdiri dari sawah, hutan dan pegunungan, Wonogiri mempunyai perkebunan singkong dan kacang mete yang sangat luas. Tak heran apabila Wonogiri dijuluki sebagai Kota Gaplek dan juga Kota Mete, karena kedua hasil pertanian tersebut sangat melimpah. Gaplek adalah singkong yang dikeringkan sebelum digiling atau ditumbuk menjadi tepung dan dimakan sebagai pengganti nasi.

Selain gaplek, melimpahnya hasil perkebunan kacang mete, membuat Wonogiri dikenal juga sebagai salah satu sentra kacang mete di Indonesia. Camilan dari kacang mete banyak diproduksi oleh para pelaku UMKM setempat.

Baca juga: Hotel di Jogja yang Bersejarah: Kenali Keindahan Arsitektur dan Budaya

Camilan kacang mete, salah satu produk andalan UMKM Wonogiri. Camilan ini bisa dipesan via Pesona JNE. (foto istimewa/net)

Menurut Kepala Cabang JNE Wonogiri, Muhammad Narulloh, sektor UMKM memiliki potensi yang cukup besar di Wonogiri, dan kesadaran untuk merambah ke penjualan online di kalangan pelakunya semakin tinggi.

“Untuk sekarang ini produk unggulan UMKM di Wonogiri, yaitu kacang mete yang permintaannya terus meningkat naik, termasuk dari luar kota. Bila menjelang Lebaran peningkatan kiriman kacang mete cukup signifikan,” ujar Narulloh, saat berbincang dengan JNEWS, Rabu (28/9/2023).

Selain itu, menurut pimpinan cabang yang mulai bergabung di JNE sejak 2012 ini,  potensi lainnya yang akan terus dimaksimalkan adalah dari segmen retail, yang barang-barang kirimannya masih bersumber dari para pelaku UMKM lokal baik yang ada di kota maupun kecamatan-kecamatan.

“Kami juga memiliki beberapa pelanggan corporate yang sejauh ini terakomodir dengan baik, sehingga mereka tetap mempercayakan jasa pengirimannya kepada JNE. Seperti di daerah-daerah lain, di Wonogiri juga persaingannya ketat, namun hal itu menjadi motivasi kami untuk memberikan palayanan yang terbaik kepada para pelanggan,” tegas Ksatria yang hobi bermain basket dan mendengarkan musik ini.

Baca juga: Kiat Antarkan Paket COD agar Pelanggan Senang ala Kurir Teladan JNE Cilacap

Sekilas mengenai JNE Cabang Wonogiri, berdiri pada 2011 dan seiring berjalannya waktu sekarang sudah mempekerjakan 32 karyawan. Adapun area operasional mencakup seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Wonogiri dengan didukung sebanyak 22 mitra agen. Alamat kantor JNE Wonogiri berada di Jl. Diponegoro No 24 Wonogiri, Jawa Tengah. *

Exit mobile version