JNE Dukung Logistichamp 2024 di Universitas Internasional Semen Indonesia

Oleh Widiana

JNE memberikan materi di logistichamp 2024

Kepala Divisi Business Development and Partnership Mayland H. Prasetyo berfoto sesuai memberikan materi di LogistiChamp 2024

JNEWS –  Komit terhadap dunia pendidikan, JNE berpartisipasi dalam kegiatan LogistiChamp 2024 yang digelar oleh Universitas Internasional Semen Indonesia. Dalam kegiatan tersebut JNE, yang diwakili oleh Kepala Divisi Business Development and Partnership Mayland Hendar Prasetyo, berbagi pengetahuan seputar proses bisnis pengiriman di JNE serta peluang pasar produk frozen food di Indonesia.

LogistiChamp adalah sebuah ajang kompetisi yang diadakan oleh Program Studi Teknik Logistik UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia) bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat di seluruh Indonesia. Tahun ini, LogistiChamp 2024 yang mengangkat tema “Fresh Food Logistics Challenge For Creating Sustainable Supply Chain”.

Di depan para peserta kompetisi Mayland menjelaskan bahwa market untuk frozen food cukup besar. Peluang ini juga yang kemudian membuat JNE meluncurkan layanan ROKET Indonesia pada tahun 2022. ROKET Indonesia merupakan layanan instan kurir berbasis aplikasi. Dengan fitur pelacakan real-time, pelanggan dapat memantau paket mereka secara langsung hingga sampai ke tujuan dalam waktu 1 jam. Selain itu, fitur multi-drop memudahkan pengiriman ke berbagai lokasi dalam satu order. Layanan ini dapat menjangkau jarak pengiriman hingga 20 km dan berat kiriman maksimal 7 kg.

Namun di sisi lain Mayland juga menjelaskan tantangan yang dihadapi bisnis logistik di Indonesia di antaranya adalah kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Untuk itu Mayland mengajak para peserta berpikir kritis mengenai peluang sekaligus tantangan logistik di Indonesia.

Baca juga: Kolab JNE dan Shopee, Mengasah Kreativitas 100 UMKM kota Bandung

Aldy Nuari Irnianto, Ketua LogistiChamp 2024 menyampaikan bahwa pihaknya senang sekali JNE sebagai perusahaan logistik Indonesia dapat hadir dalam kegiatan ini. Aldy menyampaikan acara ini merupakan acara tahunan oleh Departemen Teknik Logistik Universitas Internasional Semen Indonesia dan telah memasuki tahun ke-9 (Sembilan).

Kompetisi ini dirancang sebagai salah satu strategi yang paling efektif untuk mempromosikan UISI, khususnya Program Studi Teknik Logistik. Dengan adanya LogistiChamp, diharapkan para pelaku di dunia pendidikan akan lebih mengenal dan memahami Teknik Logistik, baik dari segi materi pembelajaran maupun prospek kerja yang ditawarkan.

Ajang perlombaan ini menjadi lebih bergengsi karena sejak tahun 2018 LogistiChamp mulai memperebutkan Piala Gubernur Jawa Timur. LogistiChamp 2024 kali ini mengangkat tema “Fresh Food Logistics Challenge For Creating Sustainable Supply Chain” yang menyoroti tantangan dalam rantai pasokan makanan segar yang berkelanjutan.

Editor: Iwan Hendarmawan

 

Exit mobile version