JNE Timika Penuhi Kebutuhan Pengiriman Masyarakat Sampai ke Tembagapura

Branch Manager JNE Timika Harianto Arief bersama Ksatria dan Srikandi JNE Timika

JNE Cabang Timika, Papua Barat, terus melakukan penetrasi untuk memperluas jaringan, sehingga memudahkan pelanggan dalam melakukan pengiriman. Bahkan, JNE Timika kini sudah membuka agen dan bisa beroperasi di area PT Freeport di Tembagapura, yang merupakan kawasan tambang emas terbesar di Indonesia.

Area operasional JNE Cabang Timika salah satunya adalah kawasan PT Freeport Indonesia, yang juga menjadi penyumbang utama pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mimika, dengan ibukota Timika. Kebutuhan pengiriman paket oleh masyarakat karena keberadaan tambang yang berada di daerah dataran tinggi tersebut dipenuhi oleh JNE Timika.

“Karena banyak kiriman barang dari dan untuk karyawan atau keluarganya di PT Freeport. Sejak 2017 sudah ada agen JNE di area PT Freeport. Itu menjadi nilai plus bagi JNE, karena bisa membuka perwakilan di area PT Freeport lumayan susah, sehingga sampai kini hanya ada 2 perusahaan pengiriman dan logistik yang bisa membuka agennya di sana,” ujar Harianto Arief, Branch Manager JNE Timika, kepada JNEWS, Senin (14/12/2020).

Baca Juga : Ingin Eksis Pasca-Pandemi, UMKM Wajib Lakukan 3 Transformasi Ini

JNE Cabang Timika sendiri sudah berdiri pada 2002 silam. Pada awalnya hanya meng-handle kiriman inbound yang masuk ke kawasan Timika, dengan ditangani oleh 3 karyawan dan berkantor di ruangan sederhana beralamat di Jalan Ahmad Yani No 25. Namun, seiring berjalannya waktu dan tumbuhnya geliat ekonomi masyarakat yang berimbas pada semakin meningkatnya kiriman barang, maka pada 2005 JNE Cabang Timika pindah alamat ke Jalan Cendrawasih No 4 F, di mana bangunan untuk kantor lebih besar dan memadai.

Baca Juga : Inilah Para Peraih Penghargaan JNE Best Manager 2019

Harianto Arief, Branch Manager JNE Timika.

“Tahun 2005 merupakan awal di mana JNE Timika mulai melayani kiriman outbound, mengirim paket keluar Timika karena ingin ikut andil membantu masyarakat yang ingin mengirimkan paket dan dokumen keluar Timika. Dengan mudahnya masyarakat melakukan aktivitas kirim – mengirim barang, maka perekonomian akan lebih meningkat lagi,” ujar branch manager yang mulai bergabung sejak pertama kali JNE Timika berdiri dan mengawali kariernya sebagai kurir ini.

Menurut Harianto, saat ini JNE Timika sudah  memiliki 20 orang karyawan. Adapun bangunan pendukung sebagai kantor operasional yang beralamat di Jalan Budi Utomo cukup untuk manampung barang kiriman dalam jumlah besar. Demi mendukung kiriman barang yang terus meningkat, saat ini juga sudah dipersiapkan sebuah gudang baru.

Baca Juga : Bisnis yang Diawali dari Ide Agar Ibadah Nyaman

Wilayah operasional JNE Timika, meliputi hampir semua distrik atau kecamatan yang ada di kabupaten Mimika termasuk distrik di mana area tambang PT Freeport yang ada di dataran tinggi Tembagapura berada. Setidaknya sudah belasan ribu shipment kiriman baik outbound maupun inbound yang setiap bulan ditangani JNE Timika.

“Selain mengandalkan paket kiriman dari masyarakat, JNE Timika juga terus berusaha menjalin kerjasama dengan para pelaku UMKM, meski untuk kabupaten Mimika sendiri mereka yang bergiat di bidang UMKM masih sedikit. Kami di JNE Timika tetap optimis bahwa JNE akan menjadi perusahaan jasa pengiriman yang terbaik dan tetap jadi pilihan nomor 1 masyarakat yang ada di Mimika,” tandas Harianto. *

Baca Juga : Karung Goni yang “Fashionable” dari Madiun

Exit mobile version