Jujur, Disiplin dan Tanggung Jawab Balasannya Surga

Oleh : KH Ahmad Lutfi Fathullah

Ketua Baznas - Bazis Provinsi DKI Jakarta, Dr. KH. Ahmad Lutfi Fathullah MA

Kejujuran, disiplin dan tanggung jawab bila dilakukan akan membawa berbagai kebaikan. Dari kebaikan itu kelak di akhirat akan mengantarkannya ke surga. Ketiga sifat tersebut yang juga merupakan bagian dari core value perusahaan JNE, bila dilakukan oleh para karyawan akan membawa kebaikan dan kemajuan bagi perusahaan.

Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua Baznas – Bazis Provinsi DKI Jakarta, Dr. KH. Ahmad Lutfi Fathullah MA, saat dihubungi JNEWS, Kamis (25/3/2021). Menurut Kiai yang beberapa kali pernah memberikan tausiyah di Yatuna, Kampung Makasar, Jakarta Timur, kejujuran seperti diterangkan dalam sebuah hadits: “Sesungguhnya jujur itu membawa kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga.”

“Seorang Muslim yang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, niscaya akan dicatat oleh Allah SWT sebagai seorang Muslim yang jujur. Sebaliknya sesorang yang tidak jujur atau suka berdusta akan melahirkan berbagai kebohongan berikutnya dan akan membawanya kepada perbuatan jahat yang balasannya adalah neraka”, jelasnya.

“Seseorang yang suka berdusta atau memilih kedustaan maka akan dicatat oleh Allah SWT sebagai pembohong,” tambah kiai Ahmad Lutfi yang kenal dekat dan mengaku mengagumi sosok pendiri JNE (alm) H. Soeprapto Suparno ini.

Baca juga : Ini Wasiat dari Pendiri JNE Alm. H. Soeprapto Soeparno

Direksi dan Top Management JNE saat menyerahkan donasi untuk penanganan Covid-19 kepada Pemprov DKI Jakarta pada April 2021.

“Saya mengenal pendiri JNE, Bapak Soeprapto dan dulu beberapa kali mengisi tausiyah di Yatuna. Sosok Bapak Soeprapto begitu baik terhadap karyawan, anak yatim, para janda miskin dan para tuna netra,” tambahnya.

Berbuat jujur, menurut Kiai Ahmad Lutfi, di mana melahirkan perbuatan baik, berkaitan erat dengan disiplin atau dalam Islam disebut dengan istiqomah, sebagai kunci kesuksesan, termasuk dalam hal mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca juga : Syukur Nikmat Akan Mendatangkan Nikmat Lainnya

“Disiplin dalam menjalankan perintah Allah SWT, seperti disiplin menjalankan shalat 5 waktu, disiplin mengeluarkan zakat, disiplin berpuasa, disiplin saat melaksankan ibadah haji dan sebagainya. Itu semua sama dengan istiqomah yang akan melahirkan derajat ketaqwaan,” ucap alumnus S-2 Jordan University, Jordania ini.

Sementara tanggung jawab dimiliki oleh semua orang. Manusia yang diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah di muka bumi memikul tanggung jawab untuk beribadah, tanggung jawab kepada dirinya, keluarganya, orang tuanya dan yang lainnya.

Kiai Ahmad Lutfi juga mengatakan, “Jujur, disiplin dan tanggung jawab yang merupakan bagian dari nilai-nilai perusahaan JNE, selaras dengan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam. Bila dilaksanakan dengan ikhlas maka balasannya adalah surga”.

“Pesan saya kepada seluruh karyawan JNE, pada saat bekerja berlakulah jujur, disiplin dan penuh tanggung jawab yang dilandasi keikhlasan mengharap ridah Allah, maka balasannya surga dan akan membawa perusahaan JNE terus maju dan berkembang,” pungkas pendiri Pusat Kajian Hadist Indonesia ini. *

Baca juga : Memakmurkan Masjid Al Isra H. Soeprapto Soeparno JNE Medan

Exit mobile version