Jurus Jitu Kembangkan UKM, Jangan Ada yang Terlewatkan!

Langkah UKM Sambut New Normal

Usaha Kecil Menengah (UKM) menunjukkan geliat yang positif beberapa tahun terakhir, walaupun saat ini sedang mengalami kesulitan dengan mewabahnya virus Covid-19. Merambah dunia digital atau go online akan menjadi solusi untuk memperluas jangkauan pasar, sebab pola hidup masyarakat yang ingin praktis dan mudah.

Mengalami kendala saat memulai ataupun di tengah perjalanan bisnis adalah hal yang lumbrah, bukan Anda saja yang pernah mengalaminya. Untuk menimalisir, yuk simak tips serta jurus jitu untuk kembangkan UKM berikut ini!

Gencarkan Promosi 

Jangan sepelekan kekuatan promosi dalam bisnis, bahkan tahap ini menjadi sangat penting guna mempeluas jangkauan pasar. Buatlah promosi semenarik mungkin untuk menarik minat pembeli untuk produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, selain bisa mendatangkan keuntungan, medsos juga bisa Anda jadikan sebagai wadah bisnis online. Untuk menaikkan penjualan, tidak adalah salahnya  memasang endorse melalui selebgram, cara ini masih cukup ampuh untuk menaikkan penjualan dan memperkenalkan produk secara luas.

BACA JUGA: 5 Jenis Usaha yang Bisa Dikelola dengan Mudah Bagi Pebisnis Pemula

Ikut Pameran 

Pameran juga bisa menjadi jurus jitu untuk memperluas jangkauan pasar, serta memperkenalkan produk secara luas. Banyak sekali manfaat dari mengikuti pameran, seperti mengenal vendor baru, mengetahui kompetitor bisnis dan mendapatkan calon pelanggan.

Pilihlah pameran yang sesuai dengan bisnismu, jangan sampai Anda bisnis kuliner, malah ikut pameran fashion, jadi kurang pas gitukan. Saat mengikuti pameran, persiapkan kartu nama, dan memberikannya ke setiap orang yang mampir ke stand-mu. Tujuannya agar mereka dengan mudah menghubungi Anda kembali atau sekadar merekomendasikan ke rekan-rekannya.

BACA JUGA: Tertarik Bisnis Online? Kenali Dulu Lima Jenis E-Commerce Berikut Ini

Lakukan Inovasi dan Tingkatkan Mutu Pelayanan 

Pebisnis yang kreatif adalah pebisnis yang tidak cepat puas dengan yang didapatkan. Jangan merasa puas dan maksimal dengan perolehan saat ini, sehingga tidak pernah melakukan inovasi. Alhasil pelangganmu akan mudah bosan dan berpaling ke tempat lain.

Banyak ragam inovasi yang bisa Anda lakukan dalam berbisnis, seperti halnya mengeluarkan produk baru, merubah tampilan atau kemasan, promosi-promosi yang menarik perhatian, hingga rebrending. Sebagai pebisnis Anda tidak boleh anti kritik, sehingga tidak mau menerima kritik dan saran dari pelanggan, apalagi begitu ketus  menaggapi keluhan pelanggan.

Bangun Relasi Sesama Pengusaha 

Meskipun Anda seorang pebisnis, Anda tidak perlu mengangam pebisnis lain sebagai saingan dalam hubungan personal. Justru Anda harus menambah relasi untuk membuka peluang lebih luas lagi. Anda bisa memulainya dengan bergabung dalam komunitas.

Ikuti Perkembangan Teknologi

Sebagai seorang pebisnis Anda tidak boleh nih ketinggalan perkembangan teknologi, ini sangat penting untuk pemasaran, dan paling terpenting tidak ketinggalan dengan pebisnis lainnya.

Apalagi di era digital saat ini perkembangan teknologi kian pesat untuk mempermudah pengusaha maupun pelanggan dalam melakukan jual-beli. Contohnya saja dalam hal transaksi keuangan, komunikasi maupun penjualan. Jika Anda tidak mengikuti era digital, alhasil bisnis Anda bisa ketinggalan.

Semua tips dan jurus diatas dapat mempengaruhi perkembangan usaha Anda, karena pasar menuntut cepat, tepat dan terpercaya. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Ini Empat Dampak Positif Jika UKM Terhubung Ke Dunia Digital Menurut Facebook

Exit mobile version