KAI Gratiskan Layanan KA BAndara YIA Jogja Sampai 16 September

Layanan Kereta Api Bandara Internasional Yogyakarta (KA Bandara YIA) resmi beroperasi pada 27 Agustus 2021 kemarin. Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun menggratiskan penggunaan KA Bandara YIA terhitung mulai dari 1-16 September 2021.

Adapun penggratisan tarif KA Bandara YIA ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. “Pemberlakuan tarif Rp0 berlaku pada periode 1 s.d 16 September 2021 dengan tujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara Internasional Yogyakarta kepada masyarakat,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari siaran persnya.

Baca Juga: Layanan First Mile – Last Mile di Aplikasi KAI Access Beri Kenyamanan Pengguna

Buat kamu yang ingin mencoba KA Bandara YIA, tiket bisa didapatkan di loket stasiun lintas Yogyakarta – Bandara Internasional Yogyakarta dengan syarat 3 jam sebelum keberangkatan kereta api. Demi mengurangi kerumunan, Joni mengatakan pihak PT KAI hanya membatasi penjualan tiket 50% dari kapasitas.

Tidak hanya itu, PT KAI juga memberlakukan syarat untuk bisa menaiki KA Bandara YIA, yang sebagaimana tertuang dalam SE Kemenhub No 58 tahun 2021, KA Bandara YIA hanya ditujukan pekerja di Sektor Esensial dan Sektor Kritikal termasuk sebagai KA Lokal Perkotaan. Berikut rincian syaratnya:

  1. Menunjukkan STRP
  2. Sebagai alternatif, calon penumpang juga bisa menunjukkan surat keterangan lain yang dikeluarkan oleh Pemda setempat atau surat penugasan dari kantor/perusahaan.
  3. Calon penumpang tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin atau surat keterangan hasil negtif tes RT-PCR atau rapid test antigen.
  4. Namun, petugas akan melakukan pemeriksaan rapid test antigen acark kepada penumpang di stasiun.

“Pelanggan diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin selama menggunakan fasilitas KA Bandara Internasional Yogyakarta untuk menjaga keamanan bersama,” kata Joni.

Untuk mengetahui jadwal perjalanan KA Bandara YIA, berikut rinciannya:

kereta api bandara Internasional Yogyakarta

Meski nantinya setelah tanggal 16 September 2021, KA Bandara YIA tak lagi digtatiskan, PT KAI akan memberlakukan tarif promo, denga rincian:

  1. Stasiun Yogyakarta – Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta sebesar Rp20.000
  2. Stasiun Yogyakarta – Stasiun Wates sebesar Rp10.000
  3. Stasiun Wates – Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta sebesar Rp20.000.

Sebagai informasi, KA Bandara YIA menempuh jarak 40,2 kilometer (km) dari Stasiun Yogyakarta hingga Stasiun Bandara YIA. Dengan menggunakan KA Bandara, waktu perjalanan dipangkas dari 1,5 jam menjadi 39 menit saja. Hadirnya KA ini akan mempermudah masyarakat untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan.

“Integrasi antarmoda seperti ini sangat penting untuk memudahkan masyarakat dalam bertransportasi. KAI mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah mewujudkan integrasi Bandara Internasional Yogyakarta dengan jalur Kereta Api,” tutup Joni.

Baca Juga: KAI Integrasikan Layanan Kereta Api dengan Aplikasi PeduliLindungi

Exit mobile version