Kapan Kaesang Menikah? Ini Jadwal dan Lokasinya

kapan kaesang menikah, simak jadwal nikahan kaesang pangarep dan erina gudono

Jadwal nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (foto: Dok. Instagram pribadi)

Kapan Kaesang menikah? Hingga saat ini pertanyaan tersebut telah banyak dipertanyakan oleh masyarakat di Indonesia dan bahkan menghasilkan puluhan juta pencarian di Google. Ya, Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini akan melangsungkan pernikahan dengan Erina Sofia Gudono.

Sejumlah persiapan pun telah dilakukan dalam melangsungkan acara pernikahan keduanya. Berikut ini adalah informasi mengenapai kapan Kaesang menikah, lokasi Kaesang menikah, dan serba-serbinya.

Catat Tanggal Kapan Kaesang Menikah

Menurut informasi yang beredar, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menggelar akad pada Sabtu, 10 Desember 2022 pukul 13.00 WIB di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Meski demikian, rangkaian acara pernikahan keduanya akan dimulai dari tanggal 8 Desember 2022, dengan rincian sebagai berikut.

– 8 Desember 2022: Semaan (pengajian)

– 9 Desember 2022: Siraman, pemasangan bleketepe (janur dan dekorasi) yang dilanjutkan malam midodareni

– 10 Desember 2022: Upacara nikah Kaesang-Erina.

– 11 Desember 2022: Unduh mantu

Baca Juga: Ingin Dapat Restu Ortu dan Camer? Ikuti 3 Tips Ini Sebelum Menikah

Siraman Kaesang Terbatas Hanya untuk Keluarga Inti

Sebelum melangsungkan pernikahan, Kaesang Pangarep akan melaksanakan siraman di kediamannya, yakni di Sumber, Solo, Jawa Tengah. Acara siraman ini terbatas hanya untuk keluarga inti.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai kakak Kaesang menyebut acara akan berlangsung pada Jumat (9/12) pada 09.00 WIB dan berlangsung singkat.

“Acarane sedelok tok (sebentar saja), satu jam. Siraman sejam tok, besoknya ijab, resepsinya di Solo prosesi adatnya,” ujarnya seperti dikutip dari detikcom.

Jadwal Unduh Mantu Kaesang-Erina

Selepas menggelar acara akad dan resepsi pada 10 Desember 2022, Kaesang dan Erina akan menggelar acara unduh mantu di Solo pada 11 Desember 2022. Acara unduh mantu akan berlangsung di dua tempat, yakni di Loji Gandrung yang tak lain adalah rumah dinas Wali Kota Solo dan di Puro Mangkunegaraan.

Untuk upacara adatnya sendiri dilangsungkan di Loji Gandrung dengan undangan terbatas dengan dibalut pesta rakyat. Asmoro Decoration sebagai EO dari acara unduh mantu menyebut pelaksanaan unduh mantu akan menggunakan tema Mataram Islam.

“Audiens dikasih masuk tapi terbatas, sekitar 300 (orang). Konsepnya katanya Ibu (Iriana) kan Pesta Rakyat. Biar ikut merasakan kebahagiaan,” kata Art Director Asmoro Decoration Pandji Vasco Da Gama, dikutip Jnewsonline.

Di samping itu, acara kirab juga akan dilaksanakan di Loji Gandrung. Mengutip dari detikcom, Gibran mengatakan bahwa masyarakat tetap akan bisa beraktivitas seperti biasa meski Loji Gandrung dipakai untuk acara adiknya.

Sedangkan untuk di Puro Mangkunegaraan sifatnya hanya pesta. Pesta tamu dan pesta makan tidak ada upacara adat.

Tamu Dilarang Menggunakan Batik Parang

Dalam melaksanakan pesta pernikahan, ada satu larangan yang tidak boleh dilakukan oleh tamu undangan, yakni dilarang mengenakan batik motif parang atau lereng. Aturan ini dibuat langsung dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegoro X.

Aturan ini pun sudah lama diatur dalam adat Mangkunegaraan. Gibran pun berharap tamu undangan yang sudah mengetahui hal tersebut mematuhi aturannya.

Baca Juga: Kisah Rafki Mendirikan Usaha Live Streaming Nikahan, Untung Banyak

Exit mobile version