Kecelakaan Beruntun di Tol Boyolali, Berikut Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol

viral kecelakaan tol boyolali, berikut tips mengemudi aman di jalan tol

Tips mengemudi aman di jalan tol. foto: Freepik

Sebuah kecelakaan hebat terjadi di ruas Tol Boyolali, Jawa Tengah pada Jumat (13/4) pagi. Hingga artikel ini dibuat, korban tewas dalam kecelakaan beruntun mencapai delapan orang.

Kecelakaan bermula ketika salah satu truk pengangkut besi yang tengah melaju kencang tiba-tiba hilang kendali dan menabrak sebuah mobil travel di depannya. Tidak hanya menabrak mobil travel, truk tersebut pun oleng dan menghajar sejumlah kendaraan yang sedang berhenti di bahu jalan sebelah kiri.

Menurut Kasat Lantas Polres Boyolali AKP Herdi Pratama, seperti melansir detikcom, kendaraan yang berada di bahu jalan tersebut dikatakan tengah beristirahat. Sedikitnya ada enam truk dan satu minibus yang sedang parkir di bahu jalan.

Baca Juga: Ini Pentingnya Mengaplikasi Dashcam di Mobil

Salah satu korban yang selamat, Eka Supriyanto, mengatakan bahwa dirinya hendak beristirahat di rest area 487. Akan tetapi, rest area tersebut sedang penuh, sehingga dirinya memilih untuk beristirahat di bahu jalan.

Padahal, menurut Herdi, bahu jalan menjadi tempat yang tidak boleh dipakai untuk parkir atau beristirahat. Bahu jalan hanya boleh dipakai saat terjadi hal yang urgent, seperti pecah ban, mogok, atau kehabisan bahan bakar.

Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol

Insiden kecelakaan Tol Boyolali setidaknya menjadi pengingat bagi kita akan kewaspadaan dalam berkendara di jalan tol. Berikut ini adalah tips mengemudi aman di jalan tol:

1. Periksa kendaraan sebelum berangkat

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan aman untuk dikendarai. Periksa ban, rem, lampu, dan semua bagian penting kendaraan. Jangan lupa untuk memeriksa tekanan ban, level oli dan pendingin mesin, serta bahan bakar.

2. Kenali rute berkendara

Sebelum memulai perjalanan, periksa peta dan rencanakan rute perjalanan. Cari tahu tentang jalan raya maupun jalan tol yang akan kamu lewati, termasuk batas kecepatan, tikungan tajam, dan tempat-tempat berhenti. Ketahui juga jalur alternatif jika terjadi kemacetan atau kecelakaan.

Baca Juga: Awas, Ban Mobil Kurang Angin Risikonya Celaka

3. Pakai sabuk pengaman

Safety first! Pastikan kamu selalu mengenakan sabuk pengaman ketika berkendara. Sabuk pengaman bisa menyelamatkan nyawamu jika terjadi kecelakaan. Jangan biarkan anak-anak duduk di depan. Usahakan untuk membeli kursi penumpang anak dan selalu gunakan kursi pengaman atau booster seat jika diperlukan.

4. Patuhi Batas Kecepatan

Tips mengemudi aman di jalan tol berikutnya adalah perhatikan batas kecepatan. Selalu patuhi batas kecepatan yang ditetapkan. Jangan melebihi batas kecepatan, karena ini bisa sangat berbahaya dan berisiko tinggi. Selalu perhatikan tanda-tanda lalu lintas dan ikuti instruksi petunjuk jalan yang ada.

5. Tetap fokus dan jaga jarak aman

Selalu tetap fokus saat mengemudi di jalan tol. Jangan terganggu oleh telepon, pesan teks, atau hal-hal lain yang bisa mengalihkan perhatian dari mengemudi. Selain itu, usahakan untuk jaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Hindari mengemudi terlalu dekat dengan kendaraan lain, karena ini bisa membuat kamu tidak memiliki cukup waktu untuk bereaksi jika terjadi kecelakaan.

Baca Juga: 10 Tips Polri untuk Mudik yang Aman, Sehat dan Bahagia

Exit mobile version