Targetkan Tumbuh, JNE Cilacap Dekati Penggiat Social Commerce

Guna memenuhi target di tahun 2023 yang lebih besar dari tahun sebelumnya, JNE Cabang Utama Cilacap, Jawa Tengah, akan memaksimalkan potensi para seller yang memanfaatkan media sosial sebagai media penjualan (social commerce), selain terus menyasar pelanggan berbasis retail dan korporat.

Pasca pandemi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap dalam tahun 2023 mencanangkan berbagai program demi pemulihan ekonomi. Di antaranya pembangunan infrastruktur, penguatan SDM, daya saing daerah serta pengembangan sektor UMKM.

Bangkitnya perekonomian masyarakat yang didorong oleh program pembangunan pemerintah setempat, membuat JNE Cilacap mengarungi tahun 2023 dengan lebih optimistis untuk bisa memenuhi target yang meningkat dari tahun sebelumnya.

“Memasuki 2023 JNE Cilacap punya optimisme dan semangat tinggi, karena dengan hal tersebut, berharap dapat menumbuhkan tren positif untuk peningkatan revenue pengiriman setahun ke depan. Mindset harus berubah dan harus memiliki mindset terhadap pertumbuhan yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” ujar Kepala Cabang Utama JNE Cilacap, Bagus Indra Zulfikar, saat berbincang dengan JNEWS, Kamis (19/1/2022).

Menurut Bagus, dewasa ini di Cilacap dan sekitarnya banyak bemunculan seller-seller baru yang berjualan lewat media sosial, dan perlu didekati dengan lebih intensif agar kontribusinya bis mengimbangi kontribusi penjualan retail dan corporate.

“Tanpa mengesampingkan segmen lainnya, seperti corporate dan retail, kami melihat tren penjualan para seller lewat media sosial di tahun 2023 ini akan terus meningkat. Ini peluang dan potensi yang bisa dimanfaatkan JNE sebaik mungkin. Sektor retail dan corporate tentu juga masih akan kita kembangkan,” ungkapnya.

Hal lainnya, JNE akan terus berkolaborasi sekaligus turut membina komunitas-komunitas UMKM di sana. “Kita fokuskan untuk membina para key person dari setiap UMKM yang ada di Cilacap, yang nantinya key person tersebut akan mengarahkan komunitasnya untuk terus selalu berkolaborasi dengan JNE. Hal ini kita lakukan mengingat besarnya peluang kiriman dari sektor UMKM yang dari waktu ke waktu terus bertumbuh,” tuturnya.

Adapun dari sisi internal, JNE Cilacap akan mengadakan improvement tim sales dan agen yang rencananya akan dilaksanakan minimal 3 kali dalam setahun. Hal ini dilakukan supaya para sales, SCO dan agen penjualan memiliki pengetahuan produk yang mumpuni dan bisa memberikan solusi bisnis kepada pelanggan.

“Pada 2023 ini, JNE Cilacap diberi kenaikan target dari tahun sebelumnya oleh manajemen JNE Pusat. Dengan evaluasi yang telah dilakukan terhadap pencapaian di 2022, dan tentunya dengan kerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik kapada para customer, kami para Ksatria dan Srikandi JNE Cilacap optimis target tersebut bisa tercapai,” pungkas Bagus. *

Baca juga: Efek Imlek, Kiriman JNE Pontianak Alami Peningkatan

Exit mobile version