Kenali Gejala Omicron yang Diprediksi Jadi Gelombang Ketiga Covid-19

Ilustrasi Omicron

 

Kondisi Indonesia saat ini mulai kembali waspada pasca-datangnya varian baru dari virus Covid-19 yakni Omicron. Bahkan diprediksi hal ini bakal menjadi ancaman terjadinya gelombang ketiga imbas jumlah kasus yang terus naik dalam kurun waktu yang sangat singkat.

Sekadar informasi, dari data yang dirilis Satgas Covid-19, terhitung pada Selasa (1/2/2022) atau ketika libur Imlek, jumlah kasus penularan Covid-19 sudah mencapai angka 16.021 hanya dalam 24 jam terakjir.

Kenaikan harian ini tentu wajib diwaspadai semua pihak, mengingat pada tahun lalu angka puncaknya dari Delta mencapai 56.000.

Belum lagi berdasarkan prediksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), puncak kasus harian Covid-19 untuk varian Omicron ini juga berpeluang tinggi sampai tiga atau empat lebih besar dari kasus harian varian Delta.

BACA JUGA : Terus Perangi Covid-19, JNE Bogor Dukung Vaksinasi Anak Sekolah

Nah, untuk itu penting bagi semua masyarakat untuk tidak mengendrokan aturan-aturan yang sudah berlaku sebelumnya. Salah satunya penggunaan maskert, karena dijelaskan sebelumnya, meski sudah divaksi dua kali pun tak menjadi jaminan terhindar dari Omicron.

Lantas seperti apa gejalan Omicron yang harus diketahui :

Berdasarkan litaerasi yang ada, gejalan Omicron memiliki gejala mirip dengan penyakit flu. Berdarakan global Alliance for Vaccines and Immunisation (GAVI) Covid-19 varian Omicron memiliki kecendrungan membuat infeksi pada saluran pernapasan bagian tas ketimbang di paru-paru.

– Hidung tersumbat atau Pilek

Hal ini menjadi yang umum dikategorikan menjadi salah satu gejalan Omicron. Menurut ZOE Covid Symptom Study di Inggris, pilek dan hidung tersumbat menjadi salah satu indikasi, karena itu, bagi yang emrasakan gejalan tersebut baiknya langsung melakukan pengetesan mandiri.

– Otot nyeri

Kondisi badan yang nyeri atau otot juga menjadi salah satu gejala, yang mana ini mirip dengan Detla. Hal ini didapat dari pertama kali Omicron yang berada di Afrika Selatan yang mana banyak konseum mengeluhkan nyeri pada bagian otot.

BACA JUGA : Pemerintah Klaim, UMKM Kunci Stabilitas Ekonomi Daerah di Semarang

– Badan lemas

Kelelahan atau merasa badan yang lemas juga jadi salah satu tanda Omicron sudah mulai menyerang. Kondisinya sulit dibedakan dengan flu, tapi biasanya badan akan sangat terasa lelah tanpa sebab yang diiring dengan beberapa penyerta lain seperti otot nyeri, tenggorkan, dan pilek.

Exit mobile version