Kenali Penyebab Radiator Bocor Pada Mobil

penyebab radiator bocor

Sama seperti komponen lainnya, radiator juga memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah mobil. Akan sangat bahaya jika radiator sampai bocor. Oleh karenanya, kamu sebagai pemilik kendaraan perlu mengetahui apa saja penyebab radiator bocor.

Sekadar informasi, radiator memainkan peran penting di setiap mobil, dimana berfungsi sebagai sistem pendingin pada mesin. Radiator mampu membuat kinerja mesin tetap bekerja pada temperatur standar.

Baca Juga: 5 Gejala Mobil Matic Bermasalah, Jangan Sampai Terlambat

Jika fungsi radiator sampai terganggu, maka efeknya adalah mesin mobil kamu bisa mengalami overheat atau panas berlebih. Jika sudah berada dalam kondisi overheat, maka mesin mobil akan rusak yang pada akhirnya kamu harus keluar uang banyak untuk biaya perbaikan mesin.

Padahal, jika merawat radiator dengan benar, kamu tidak perlu keluar ongkos mahal-mahal kok. Nah, berikut ini ada beberapa penyebab radiator bocor yang dikutip dari berbagai sumber.

Penyebab Radiator Bocor

1. Saluran air radiator tersumbat

Radiator mengalirkan air atau pendingin ke seluruh mesin mobil dengan tujuan memastikan agar suhu mesin tidak terlalu tinggi. Oleh karenanya penting untuk mengetahui apakah saluran air tersebut tersumbat atau tidak. Sebab jika tersumbat oleh kotoran yang mengendap di dalamnya, maka coolant tidak tersalurkan dengan baik ke bagian mesin dan bisa mengakibatkan kebocoran.

2. Cairan radiator tidak bagus

Beberapa pemilik kendaraan mungkin banyak yang menyepelekan cairan radiator. Ada yang beranggapan menggunakan air mineral saja cukup. Padahal, disarankan untuk menggunakan cairan radiator khusus yang memang memiliki spesifikasi untuk mendinginkan mesin. Jika tidak menggunakan cairan radiator yang berkualitas maka suhu panas pada mesin bisa membuat radiator bocor karena air yang mendidih.

3. Mencampur air radiator dengan material lain

Masih berkaitan dengan air radiator. Mencampur air radiator dengan material lainnya sangat tidak disarankan. Mengapa? Karena hal ini juga bisa menjadi penyebab radiator bocor akibat pengendapan bahan asing. Tidak sedikit dari masyarakat yang masih memiliki pemikiran mencampur air radiator dengan bahan lainnya lho.

Baca Juga: Buat Pemilik Mobil, Begini Cara Deteksi Kerusakan Wiper

4. Komponen karet dan plastik sudah usang

Di samping menjaga kualitas air, kamu juga perlu menjaga karet dan plastik pada radiator. Karet yang getas bisa menyebabkan kebocoran. Biasanya hal ini terjadi pada mobil-mobil yang sudah usang. Selain karet, tabung reservoir juga harus dijaga. Karena terbuat dari bahan plastik, jika suhu panas berlebih maka bisa menyebabkan tabung reservoir menjadi meleleh.

5. Tertabrak benda keras

Penyebab radiator bocor yang satu ini biasanya berada di bagian bawah. Berhati-hatilah jika berkendara dan menemukan ada benda mencurigakan di depan kita. Salah-salah kita tabrak, benda tersebut bisa membentur radiator dan mesin bagian bawah lainnya, sehingga berpotensi menyebabkan radiator jadi bocor.

 

Exit mobile version