Kenali Tanda Gangguan Kecemasan Pada Anak, Bun!

tanda gangguan kecemasan atau anxiety disorder pada anak

Closeup shot of a crying little girl hugging her mom around her neck

Anxiety disroder atau gangguan kecemasan tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Kondisi ini pun nyatanya juga banyak terjadi pada anak-anak. Nah, sebagai orangtua kamu tentu harus mengenali ciri tanda anxiety disorder pada anak.

Sekilas mengenai gangguan kecemasan, anxiety disorder adalah kondisi di mana seseorang mengalami rasa cemas atau khawatir di dalam diri yang hingga menggangu aktivitas sehari-hari. Raca cemas yang muncul ini menyebabkan emosi meluap hingga stres, sehingga akan bahaya apabila dibiarkan.

Baca Juga: Sebab Munculnya Plak Gigi, Begini Cara Pencegahannya

Kondisi seperti ini umumnya dialami oleh orang dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan anak-anak mengalami hal yang serupa. Kamu sebagai orangtua harus bisa waspada jika anak mengalami gangguan kecemasa. Kenali cirinya di bawah ini!

1. Sulit berkonsentrasi

Tanda-tanda anak mengalami anxiety disorder yang pertama adalah merasa kesulitan dalam berkonsentrasi. Hal ini mungkin bisa ditanyakan kepada guru yang mengajar di sekolah, kira-kira bagaimana konsentrasi anak. Jika menurun, kemungkinan anak mengalami gangguan kecemasan.

2. Sulit tidur dan mengalami mimpi buruk

Tanda berikutnya yang perlu kamu waspadai adalah jika anak kesulitan untuk tidur di malam hari. Biasanya anak-anak akan mudah terlelap, bukan? Di samping itu, ada juga tanda yang menyertai. Jika memang anak tidur, ia akan terbangun pada malamnya karena bermimpi buruk.

Sulit makan

Kalau kamu melihat si kecil tidak nafsu makan, kemungkinan ia mengalami anxiety disorder. Segera cek ke dokter psikolog yah bun.

3. Mudah tersinggung atau cepat marah

Nah, kalau kamu melihat si kecil merasa cepat marah, ada kemungkinan ia terkena tanda-tanda anxiety disorder tuh. Semisal, kamu hanya memberikan instruksi sederhana, tapi si kecil malah marah-marah, itu bisa menjadi salah satu tanda-tanda, bun.

4. Tidak terkendali

Masih berkaitan dengan mudah tersinggung dan cepat marah, jika anak terkena gangguan kecemasan maka ia bisa emosi hingga meledak-ledak tidak terkendali. Seram ya.

5. Selalu menangis

Di samping mudah marah, ada juga anak yang gampang menangis ketika mengidap kondisi seperti ini. Banyak yang menyebut ini menjadi tanda gangguan kecemasan yang paling jelas di antara yang lain.

6. Jadi sering manja

Coba deh kamu perhatikan, apakah anak jadi sering manja atau tidak. Bisa jadi ia juga terkena anxiety disorder.

Nah, itu dia tadi tanda gangguan kecemasan pada si kecil. Sebagai orangtua kamu bisa mengatasinya dengan melakukan pendampingan. Jika mengalami kecemasan seperti itu, hal pertama adalah jangan terlalu mendesaknya. Bikin si kecil nyaman terlebih dahulu ya, bun.

Baca Juga: Telemedisin Mudahkan Akses Kesehatan Selama Pandemi COVID-19

Exit mobile version