Keresahan, Jadi Pemicu Andovi da Lopez Mulai Bisnis Kopi

Salah narasumber Ngajak Online 2023 di Jakarta adalah Andoni da Lopez

Talkshow JNE Ngajak Online Goll..Aborasi 2023 di M Bloc Space, Jakarta Selatan

Banyak orang tahu bila Andovi da Lopez terkenal dengan konten-kontenya di dunia Youtube. Namun itu dulu, pria yang bergelut di bidang Entrepreneurship dan Content Creator ini kini juga sedang menekuni usaha barunya dengan memulai binis kopi.

Tapi kopi bukan sembarang kopi, Andovi mencoba memberikan warna baru di dunia “perkopian” tanah air dengan menyediakan sajian kopi plant based yang terkenal alami dan kerap disebut ramah lingkungan.

Dalam talk show JNE Goll..Aborasi 2023 di Jakarta, Andovi da Lopez menuturkan tak banyak orang paham mengenai kopi plant-based yang gelutinya, dan hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk memulai bisnisnya tersebug.

Lantas apa yang membuat Andovi memulai usaha bisnis kopinya tersebut, dan tips apa saja yang membuatnya bertahan sampai saat ini?

BACA JUGA : JNE Goll..Aborasi 2023 Kembali Digelar, Bidik UMKM Go Global

“Apapun yang saya lakukan datang dari keresahan, pada akhirnya namanya manusia kan punya keresahan yang berbeda-beda, mau lewat karya atau pun kopi plant based ini,” ucapnya.

“Masuk ke bisnis, proses kopi datang dari keresahan, kenapa? kopi gue itu plant-based, jadi ini market yang niche, orang yang vegan dan tidak minum susu, ketika mau membuka rata-rata banyak yang bilang jangan, tapi justru ini yang memicu gue,” lanjut Andovi.

Lebih lanjut, Andovi mengatakan banyak orang masih mengalami kesalahpahaman soal kopi plant-based lantaran memang banyak yang belum mengetahui. Kondisi ini pun menjadi pekerjaan rumah terbesar untuk memberikan edukasi ke market, soal dairy free dan veganism.

BACA JUGA : Dorong Rantai Pasok UMKM, INABUYER B2B2G Expo Siap Digelar

Karena itu, sambil berjalan dia besama tim bertekat untuk tetap mengenalkan dan mamasarkan kopi plant-based tersebut meskipun memang masih dalam skala kecil.

“Pada kenyataannya, semua orang akan melewati masa down, kesal, bosan dan entah kenapa didorong itu justru membuat gue ingin coba keresahan itu. Jadi PR terbesar bagaimana kita tahu apa keresahan kita, bisnis bukan sekadar menghsilkan income, bisnis yang juga bisa menjawab keresahan orang juga,” kata Andovi.

Tak hanya itu, Andovi juga memberikan tips terpenting lainnya bagi yang ingin memulai usaha, yakni menemukan orang-orang yang tepat yang nantinya bakal menjadi tim dalam membangun bisnis yang akan digeluti.

Karena tanpa ada bantuan dari orang-orang yang tepat, maka bila ada masalah akan sulit untuk dilalui. Terutama bagi yang produknya memang menyajikan sesuatu yang berbeda dari lainnya.

“Dari semua pembelajaran yang paling penting adalah menemukan partner yang tepat, karena pada dasarnya gue sadar akan kelemehan-kelemahan gue. Gue tidak mengerti soal apapun mengenai menjual kopi, ada teman-teman yang mengerti, yang gue ngerti itu adalah mengedukasi market soal kopi plant-based,” katanya.

 

Exit mobile version