Transportasi Umum Jakarta-Bandung: Kereta Reguler, Kereta Cepat, Bus, dan Pesawat

Sejak diresmikan bulan Oktober 2023, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh menarik perhatian publik. Animo masyarakat yang ingin menjajal kereta Jakarta Bandung ini terbilang tinggi. Dengan kecepatan 350 km/jam, perjalanan dari Jakarta ke Bandung pun bisa ditempuh dalam waktu 45 menit.

Moda transportasi umum seperti kereta, sudah ada sejak abad ke-18 di Indonesia. Sejarah kereta api di Indonesia dimulai dari pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta) yang berlokasi di Desa Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda saat itu yakni Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele pada tanggal 17 Juni 1864.

Dari masa ke masa transportasi kereta api mulai berkembang pesat. Ini didukung oleh kecanggihan teknologi yang menjadi bagian penting dalam inovasinya. Sekarang ini muncul beragam kereta api mulai dari LRT, MRT, KRL hingga kereta cepat.

Kereta api sebagai moda transportasi yang menghubungkan Jakarta-Bandung, sekarang memiliki berbagai pilihan, ada yang reguler atau kereta cepat. Apabila ingin menggunakan transportasi lainnya pun bisa.

Sebagai transportasi yang tengah populer di masyarakat, tentunya kereta Jakarta Bandung memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan transportasi lainnya seperti bus, pesawat maupun kereta reguler.

Berikut ini adalah penjelasan apa saja kelebihan dan kekurangan dari moda transportasi yang biasa digunakan masyarakat untuk rute Jakarta-Bandung.

Kelebihan dan Kekurangan Kereta Jakarta Bandung beserta Transportasi Umum Lainnya

Kereta Api Cepat Jakarta - Bandung: Sejarah, Rute, dan Info Lain yang Penting untuk Diketahui

1. Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung

Dunia transportasi Indonesia semakin maju. Kereta cepat yang ada di negara-negara maju seperti Jepang, kini telah ada di Indonesia. Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung memiliki rute Halim Perdanakusuma, Padalarang, dan Tegalluar.

Total ada 14 perjalanan kereta Jakarta Bandung ini per hari dengan rincian tujuh perjalanan dari stasiun Halim dan tuju perjalanan dari stasiun Tegalluar. Membeli tiket kereta ini bisa dilakukan secara online dan offline.

Kelebihan dari Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung:

Kekurangan dari kereta api ini yaitu:

Baca juga: Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung: Sejarah, Rute, dan Info Lain yang Penting untuk Diketahui

2. Kereta Reguler

Kereta api dengan rute Jakarta-bandung berangkat dari Stasiun Gambir atau Stasiun Pasar Senen Jakarta. Tiba di Bandung, tujuannya Stasiun Bandung atau Stasiun Kiaracondong. Ada beberapa jenis kereta yang bisa dipilih mulai dari eksekutif, ekonomi, luxury.

Kelebihan dari kereta api reguler:

Kekurangan kereta api reguler yaitu:

Beberapa kereta yang melewati rute ini antara lain KA Argo Parahyangan (luxury dan tambahan), KA Serayu, dan KA Cikuray.

3. Bus

Bus kerap menjadi pilihan masyarakat karena harga terjangkau dan memiliki waktu keberangkatan yang bervariasi. Untuk keberangkatan dari Jakarta ada di beberapa titik seperti dari Kalideres, Ciputat, Cililitan, Priok, Kampung Rambutan, Epicentrum, Kalibata hingga Mangga Dua.

Kelebihan dari bus:

Kekurangan bus yaitu:

Bus yang melayani rute Jakarta-Bandung antara lain Primajasa, MGI, Harum Prima, Sinar Jaya, Damri, Arimbi, Bima Suci.

4. Pesawat

Moda transportasi pesawat tidak terlalu populer di kalangan masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Pasalnya, tidak ada pesawat yang langsung ke Bandung, harus satu atau dua kali transit terlebih dulu.

Untuk saat ini di berbagai layanan tiket online seperti Traveloka dan tiket.com, tidak ada maskapai penerbangan yang melayani rute ini.

Baca juga: Keuntungan Memesan Tiket Kereta Online: Kenapa Lebih Baik dan Lebih Praktis?

Memilih transportasi umum Jakarta dan Bandung melibatkan beberapa pertimbangan seperti kecepatan, kenyamanan, harga, dan fleksibilitas jadwal. Berbagai moda transportasi umum di atas memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Untuk saat ini kereta Jakarta Bandung khususnya Whoosh memang jadi pilihan terbaik dari sisi efisiensi waktu dan kenyamanan.

Exit mobile version