Ketahui 6 Langkah Naik Pesawat bagi Pemula

ilustrasi penumpang menunggu jadwal pesawat

Image of an Asian Chinese woman tourist holding smartphone in airport terminal and looking at airport runway

Bepergian menggunakan pesawat menawarkan beberapa kelebihan, salah satunya hemat waktu. Tak salah bila banyak yang mengandalkan pesawat, terutama untuk perjalanan liburan.

Namun, bagi yang belum pernah merasakan naik pesawat, pengalaman pertama pastinya cukup mendebarkan. Agar perjalanan lancar, sebaiknya kamu memahami aturan dan tata cara naik pesawat ke luar negeri atau tujuan domestik.

Baca juga: Berkenalan dengan Frugal Living: Gaya Hidup Hemat dan Tetap Bahagia

1. Memesan tiket terlebih dulu

Sebelum berangkat, sebaiknya pesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Selain bisa mendapat promo menarik, kamu juga dapat mengecek harga tiket pesawat turun di tanggal berapa. Lumayan kan untuk menghemat bujet.

Apalagi saat ini segalanya dimudahkan melalui layanan online. Kamu bisa pesan tiket di mana dan kapan pun. Tiket elektronik pun langsung dikirim ke e-mail kamu. Sehingga memudahkan saat proses check in nanti.

2. Unduh PeduliLindungi

Karena masih dalam masa pandemi, pastikan kamu sudah mengundur aplikasi PeduliLindungi di handphone. Khususnya buat sobat tiket yang akan melakukan perjalanan dalam negeri.

Kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store atau App Store. Cara penggunaannya pun mudah, kamu hanya perlu scan QR code check in untuk memverifikasi perjalanan.

3. Vaksinasi lengkap

Saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Antara lain menyiapkan identitas diri seperti KTP, visa, ataupun passport. Baik perjalanan domestik maupun luar negeri, kamu wajib telah melakukan vaksinasi.

Sementara untuk kamu yang memiliki riwayat komorbid, sehingga tidak bisa melakukan vaksinasi, wajib menyertakan dokumen medis dari dokter atau pihak terkait.

Baca juga: Cara Gampang Login dan Menggunakan WhattsApp di Laptop untuk Pemula

4. Pastikan ketentuan berat bagasi

Pastikan kamu mengetahui informasi ketentuan berat bagasi. Hal ini untuk menekan biaya ekstra bagasi. Sebab bila sampai kelebihan berat barang bawaan, maka kamu akan dikenakan charge per kilogramnya.

Selain itu, jangan membawa barang bawaan yang dilarang agar proses lebih cepat dan nyaman.

5. Lokasi terminal

Langkah lain yang perlu dilakukan newbie adalah mencari tahu letak terminal maskapai yang dipilih. Memastikan lokasi terminal maskapai ini dapat menghemat waktu dan tenaga saat berangkat liburan.

6. Regulasi destinasi

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan sebelum perjalanan adalah memeriksa regulasi yang berlaku di destinasi tujuan. Tentunya, beberapa tempat baik di Indonesia atau pun luar negeri sekalipun memiliki regulasi perjalanan yang perlu kamu patuhi.

Baca juga: Cara Mudah Melacak HP dengan Fitur Temukan Perangkat Saya dari Google

Exit mobile version