Keunggulan Kerja di BUMN, Menarik Banget Sih

lowongan kerja BUMN dan keunggulan kerja di BUMN

Kamu tahu nggak ada beberapa keunggulan kerja di BUMN? Siapa di antara kamu yang lagi nyari lowongan kerja di BUMN? Setiap tahun beberapa BUMN memang selalu membuka lowongan pekerjaan untuk sejumlah posisi. Walaupun memang lowongan pekerjaan yang dibuka tidak sebanyak ketika sebelum masa pandemi Covid-19.

Lowongan kerja BUMN tak dimungkiri selalu dinanti oleh para pencari kerja. Siapa sih yang nggak mau kerja di BUMN? Hampir sebagian besar masyarakat kalau ditanya mau atau tidak kerja di BUMN, mungkin jawabannya mau banget.

Baca Juga: JNE Buka Lowongan, Cek Syarat dan Posisinya Yuk

Kelebihan Kerja Sebagai Karyawan BUMN

Kenapa sih banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa kerja sebagai karyawan BUMN? Jawabannya mudah, karena bekerja di BUMN memiliki setidaknya lima kelebihan, di antaranya:

1. Jenjang Karir yang Pasti

keunggulan kerja di BUMN pertama adalah jenjang karir yang pasti. Dengan bekerja sebagai karyawan di BUMN, kamu bisa meniti karir secara perlahan. Dan ketika karir kamu meningkat, otomatis gaji pun akan ikut meningkat, begitu juga dengan tunjangan. Lalu apakah meniti karir di BUMN susah? Biasanya sih promosi jabatan bisa terjadi dengan mudah, tidak seperti bekerja di perusahaan lain. Asalkan kamu juga harus memastikan bahwa kinerjamu cukup baik.

2. Ada Tunjangan dan Asuransi

Nah, ini nih yang paling dicari oleh para pencari kerja. Bekerja di BUMN, selain mendapat gaji bulanan, juga mendapat tunjangan yang menggiurkan, seperti misalnya THR, gaji ke-13, sampai gaji ke-14. Belum lagi kalau kamu kebagian tugas untuk ke luar kota atau luar negeri, akan ada lagi tunjangan berupa biaya perjalanan dinas yang diberikan.

Lalu keunggulan kerja di BUMN berikutnya ada di asuransi. Jadi, selain asuransi untuk dirimu, ada juga asuransi untuk istri dan anak bila sudah berkeluarga. Hal ini tentu akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap karyawannya.

Baca Juga: Ini 4 Lowongan Kerja yang Sedang Dicari JNE Surabaya, Tertarik !

3. Jaminan Hari Tua

Bekerja di perusahaan BUMN nggak bakal bikin kamu was-was kehilangan pekerjaan. Sebab, perusahaan tersebut bergerak dengan dana dari negara, jadi kecil kemungkinan perusahaan tersebut akan tutup. Berbeda kalau kamu kerja di perusahaan swasta, walau sebesar apapun perusahaan tersebut ada kemungkinan untuk tutup.

Nah, ini juga akan menjadi jaminan kamu di masa tua. Ketika sudah memasuki masa pensiun, nantinya kamu akan diberikan pesangon dan tunjangan pensiun. Pesangon diberikan sekali pada saat kamu berhenti bekerja dengan jumlah yang besar. Namun, tunjangan pensiun ini tetap akan diberikan meski kamu sudah tidak bekerja selama kamu hidup, walau jumlahnya tidak lah besar.

4. Fasilitas

Selain tunjangan, fasilitas juga menjadi kelebihan kerja sebagai karyawan BUMN. Namun, biasanya ini berlaku untuk posisi tertentu setingkat anggota Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN, di mana untuk posisi tersebut mendapat perlindungan hukum.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Nomor: SE-19/MBU/2008, di poin pertama yang  menyebutkan, “BUMN wajib memberikan fasilitas bantuan hukum kepada Anggota Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas dalam hal terjadi tindakan/perbuatan untuk dan atas nama jabatannya tersebut yang berkaitan dengan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha perusahaan.”

5. Melanjutkan studi

Bekerja sebagai karyawan BUMN juga bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan kamu. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menawarkan beasiswa bagi karyawan terpilih untuk melanjutkan studi S2 atau S3. Dengan jenjang pendidikan yang meningkat, otomatis kamu juga bisa meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Itu dia tadi beberapa kelebihan jika kamu bekerja di perusahaan BUMN. Tertarik? Yuk langsung saja cari lowongan kerja BUMN yang tersebar.

Baca Juga: Apa Sih Meterai Elektronik dan Gimana Menggunakannya

Exit mobile version