Khasiat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Apa Saja?

minum air putih hangat di pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Foto: Canva

JNEWS – Ada cara mudah dan murah untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satunya dengan minum air putih hangat di pagi hari saat bangun tidur dan perut dalam keadaan kosong atau belum makan apa pun.

Saat kita tidur, tubuh tidak mendapatkan cukup cairan selama berjam-jam selama kita tidur. Itulah sebabnya rasa haus wajar terjadi ketika bangun tidur. Segelas atau lebih air putih hangat adalah pilihan tepat untuk pelepas dahaga dan sekaligus menjaga kesehatan tubuh kita.

Sudah terbukti, beragam manfaat minum air putih hangat di pagi hari. Tidak hanya untuk menghilangkan rasa haus, tetapi juga sangat baik buat kesehatan. Di antaranya meredakan berbagai keluhan seperti hidung tersumbat, batuk berdahak, meningkatkan fungsi otak dan juga baik untuk kesehatan mental.

Selain manfaat di atas, masih banyak khasiat lain yang akan kita dapatkan bila rutin minum air putih hangat ketika bangun tidur di pagi hari.

Menetralkan racun

Dengan rutin minum 1-3 gelas air putih hangat di pagi hari, maka dapat melindungi ginjal dan mengencerkan racun dalam darah, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Efeknya, tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

Melancarkan sistem pencernaan

Minum air putih hangat di pagi hari bisa melancarkan sistem pencernaan. Air putih hangat dapat melarutkan makanan yang sulit dicerna di usus dan mengurangi sembelit.

Mengatasi sembelit

Manfaat lainnya adalah mengatasi sembelit atau susah BAB. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kekurangan cairan dalam saluran pencernaan. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh, salah satunya dengan air putih hangat di pagi hari dapat melunakkan feses dan memudahkan saat BAB.

Mencegah dehidrasi

Minum air putih hangat setelah bangun tidur di pagi hari, maka kebutuhan cairan tubuh tercukupi sebelum memulai aktivitas.

Meningkatkan fungsi sistem saraf

Kurang minum air putih bisa berdampak negatif pada sistem saraf yang mempengaruhi fungsi otak. Oleh karena itu, minum air putih hangat di pagi hari bisa menunjang kinerja kognitif otak, seperti konsentrasi dan penalaran.

Megurangi stres

Manfaat minum air putih hangat juga di pagi hari bisa menjaga suasana hati (mood), sehingga menurunkan rasa cemas maupun stres. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan air minum dengan konsumsi air putih hangat di pagi hari sebelum beraktivitas. *

Baca juga: Kesehatan dan Ergonomi: Memilih Meja Kantor yang Mendukung Postur Tubuh yang Baik

Exit mobile version