Kiat Manfaatkan Momen Ramadan Bareng Komunitas agar Lebih Berkesan

Selfie with friends in the park. Beautiful japanese girl holding a tablet and make a selfie with her friends in the park. They seem very happy.

Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk berbagi kebaikan kepada sesama, termasuk kepada teman-teman di dalam komunitas. Dua miliar orang di seluruh dunia menjalani Ramadan.

Banyak komunitas muslim yang kembali merayakan bulan baik ini dengan konsep pertemuan hybrid. Tidak sedikit pula komunitas-komunitas tersebut membuat beragam cara dan pengalaman yang berkesan untuk anggota mereka.

Untuk membantu komunitas Muslim merayakan Ramadhan, berikut kiat memanfaatkan momen spesial ini bersama komunitas agar lebih berkesan dan menyenangkan.

Baca juga: 5 Bisnis Franchise di Bawah Rp50 Juta

Cari tahu bagaimana menciptakan kebersamaan bersama komunitas

Kira-kira apa yang dibutuhkan komunitas kamu selama bulan Ramadan, dan bagaimana kamu bisa menciptakan rasa kebersamaan, kegembiraan, dan interaksi untuk komunitas kamu?

Ini bisa jadi momen tepat buat kamu untuk memetakan beragam tipe anggota dari komunitas hybrid dan memahami bagaimana masing-masing kelompok di komunitas kamu ini memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Siapkan rencana untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

Apa yang telah berhasil di tahun-tahun sebelumnya, dan apa yang saat ini diharapkan oleh komunitas kamu? Ini akan membantumu fokus untuk membuat konten dan aktivitas (daring maupun tatap muka) yang sesuai dengan tujuan kamu tersebut.

Cari tahu anggota komunitas kamu yang dapat diandalkan!

Lihatlah anggota komunitas Anda yang paling aktif, secara offline atau online, sebagai kandidat utama untuk membantumu mengembangkan komunitas. Ajak dia untuk ikut mendukung inisiatif komunitas selama #BulanKebaikan.

Baca juga: Kenali Ciri Password Lemah, Rentan Dibobol

Manfaatkan jaringan kamu untuk berkolaborasi

Coba lihat kembali jaringan pertemanan kamu, kenalan di komunitas lain, dan buat inisiatif untuk berkolaborasi dengan komunitasmu. Kalau kamu mengelola grup publik, periksa apakah kamu memenuhi syarat untuk menggunakan fitur Brand Collabs Manager kami.

Sehingga menjadi lebih mudah terlihat dan ditemukan oleh sebuah bisnis atau perusahaan yang sedang mencari mitra untuk berkolaborasi di bulan Ramadan ini.

Lakukan hal-hal ini agar kontenmu semakin menarik selama #BulanKebaikan

Exit mobile version