Kiprah Koperasi Punakawane, Tumbuh Pelan-pelan tapi Berkelanjutan

JNEWS, Juni – Koperasi karyawan JNE, Punakawane menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang kedua untuk Tahun Buku 2022, Kamis lalu (8/6/2023), di Ballroom JNE, Tomang, Jakarta Barat.

Presiden Direktur JNE, M. Feriadi ikut memberikan sambutan dalam RAT yang dihadiri anggota dan pengurus secara luring (offline) dan daring (online) ini. Dalam sambutannya, M. Feriadi mengapresiasi kinerja semua pihak, termasuk pengurus dan anggota, yang telah bekerja sangat baik untuk memajukan koperasi. “Semoga koperasi ini semakin maju di masa-masa mendatang, dan memberikan manfaat lebih besar kepada para anggotanya,” terangnya.

Dalam RAT tahun buku 2022 tersebut, Pengurus, Pengawas dan Anggota bersama-sama menyepakati secara bulat sejumlah substansi yang dibahas, antara lain: Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas Koperasi tahun buku 2022; Rencana Kerja dan Anggaran Pendapatan dan Belanja tahun 2023; Pembaharuan Anggaran Rumah Tangga Koperasi; dan pengalokasian sisa hasil usaha koperasi Tahun Buku 2022 serta peningkatan modal cadangan untuk tahun 2023.

Baca juga: Nonton Argentina Bareng JNE

Dalam sesi tanya-jawab, beberapa anggota mengusulkan kepada pengurus masukan-masukan untuk mengkaji ide-ide usaha yang potensial bagi pengembangan Punakawane di masa mendatang.

Ketua Koperasi Punakawane Malvino Yudonegoro mengapresiasi masukan dan aspirasi anggota yang mencuat dalam sesi tanya jawab. Sama seperti harapan anggota, Malvino mengungkapkan bahwa Punakawane ingin tumbuh, tetapi tumbuh secara organik, sesuai kemampuan dan prinsip kehati-hatian (prudent), agar berkelanjutan. “Fokus Punakawane saat ini adalah traction volume dulu yang melibatkan peran aktif anggota. Setelah itu kita berfokus pada steadyness dan independensi pendapatan, tidak hanya terbatas pada JNE namun juga melayani kebutuhan dan aktivitas usaha para anggota dan potensi pihak ketiga lainnya,” tuturnya kepada JNEWS.

Para pengurus Koperasi Punakawane memberikan laporan pertanggunwaban pengurus kepada anggota dalam RAT Tahun Buku 2022

Digitalisasi menjadi salah satu fokus yang akan dikembangkan lebih intens dalam rencana kerja Punakawane di tahun 2023 ini. Setelah meluncurkan aplikasi Android yang memudahkan anggota untuk mengakses jumlah simpanannya di koperasi, Punakawane akan merilis aplikasi versi IOS-nya, yang bisa diakses paling cepat dalam satu-dua bulan ke depan.

Selain itu saat ini Punawakane juga sedang menggarap kelayakan – baik secara teknis maupun bisnis – aplikasi marketplace untuk anggota dan karyawan. “Soal digitalisasi, kami pikir aplikasi marketplace adalah yang paling bermanfaat untuk anggota dan karyawan, serta berpotensi jadi sumber pendapatan baru. Dengan target kenaikan 10-20 persen anggota baru koperasi, kami harap aplikasi marketplace ini bisa meningkatkan awareness terhadap koperasi, khususnya di cabang,” pungkas Malvino.

Baca juga: Merangkul Muda-mudi Kota Semarang Membangun Brand Sendiri

Seusai RAT, anggota Koperasi Punakawane yang ditemui JNEWS, Kuncoro Jati menyampaikan apresiasinya pada pengurus, pengawas, dan sesama anggota. “Harapannya, koperasi bisa semakin banyak berkontribusi kepada perusahaan, JNE, dan memberikan manfaat yang semakin besar kepada karyawan di tahun-tahun mendatang,” tutupnya.

 

Exit mobile version