7 Kolam Renang dengan Desain Paling Menakjubkan di Dunia

JNEWS – Kolam renang menjadi salah satu tempat favorit berbagai kalangan untuk berolahraga maupun bersantai bersama keluarga. Untuk menarik perhatian pengunjung, beberapa pengelola baik pihak hotel maupun swasta membuat desain yang unik hingga menghadirkan pemandangan lanskap alam yang memesona.

Berenang memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Dikutip dari website Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan, manfaatnya mulai dari untuk kesehatan jantung, kesehatan mental, meningkatkan metabolisme hingga membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Apalagi bagi anak-anak, mengajak mereka bermain di kolam renang pasti akan disambut wajah semringah.

Di berbagai tempat di dunia, ada beragam kolam untuk berenang yang terkenal karena desainnya unik baik dari segi ukuran, teknologi yang digunakan, fasilitas memadai sehingga membuat pengunjungnya betah berlama-lama.

Ada juga yang membangun kolamnya di alam terbuka sehingga bisa menyaksikan pemandangan hijau gunung, perbukitan serta laut lepas. Ditambah lagi, adanya spot-spot instagramable yang menjadi nilai plus dari kolam tersebut.

Berikut ini ulasan berbagai kolam renang di berbagai belahan dunia yang unik, memiliki teknologi canggih dan pemandangan eksotis.

7 Kolam Renang dengan Desain yang Unik dan Antimainstream

Kolam renang San Alfonso del Mar
Sumber: Crystal Lagoons

1. San Alfonso del Mar, Algarobbo, Chili

San Alfonso del Mar merupakan resor pribadi yang terletak di Algarrobo, Chili, sekitar 100 km (62 mil) di sebelah barat ibu kota Santiago.

Kolam renang di resor ini memegang rekor Guinness World Records sebagai kolam outdoor terbesar sejak tahun 2006. Bentuknya memanjang dan ada lekukan di berbagai sisi, luas dari kolam ini sekitar 20 hektare. Panjangnya lebih dari 1 km dengan kedalaman mencapai 3,5 meter di beberapa bagian. Dengan luas tersebut, membuatnya lebih besar dari 20 kolam renang standar olimpiade. Tak hanya itu saja kolam ini dapat menampung 250 juta air laut.

Adapun fitur unik dari kolam ini adalah penggunaan air laut yang disaring. Air laut dipompa langsung dari Samudra Pasifik, kemudian disaring dan diproses menggunakan teknologi inovatif. Teknologi ini memastikan airnya tetap jernih dan mampu menciptakan suasana laiknya di pantai.

Teknologi inovatif ini berasal dari perusahaan Crystal Lagoon. Sistem dari kolam ini menggunakan sensor dan komputer dalam mengontrol kualitas air, mengurangi kebutuhan bahan kimia dan energi. Berkat teknologi inilah, kolam renang ini menjadi pionir serta model untuk pembangunan kolam renang besar di seluruh dunia.

Baca juga: Cara Berenang Tanpa Takut untuk Pemula

2. Marina Bay Sands, Singapore

Berkunjung ke negeri jiran, Singapore, ada satu kolam renang populer yang selalu diincar wisatawan, Marina Bay Sands. Infinity pool sepanjang 146 meter ini terletak di atas gedung Hotel Marina Bay Sands, tepatnya di lantai 57. Tentu saja yang bisa masuk ke tempat ini hanyalah tamu hotel.

Kolam dengan desain panjang melengkung, dilengkapi dengan pohon palem yang cukup banyak, jaraknya hanya beberapa jengkal saja. Ini membuat tampilan kolamnya rindang dan enak untuk berteduh. Menariknya di setiap pohon tersebut, disediakan kursi berjemur.

Berenang di lantai 57 ini, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan lanskap kota yang indah. Apalagi kalau berenang saat petang hari. Pemandangan makin sempurna dengan menyaksikan matahari tenggelam dan city light dari gedung-gedung pencakar langit.

Di kolam ini selain tersedia, handuk, tabir surya, pengunjung juga bisa menikmati santapan kelas dunia dari Poolside Bar – Wolfgang Puck dari pinggir kolam.

3. The Hanging Gardens of Bali, Ubud

Pulau Dewata tidak berhenti menghadirkan destinasi wisata yang unik dengan pesona alam memukau. The Hanging Gardens of Bali, Ubud salah satunya. Hotel mewah ini tampak seperti surga tersembunyi karena berada di ketinggian dan dikelilingi bangunan-bangunan yang tersebar harmonis di antara hutan tropis alami dan lembah hijau.

Fasilitas hotel semakin lengkap dengan hadirnya kolam infinity bertingkat yang ikonik. Berada di tepi perbukitan, kolam renang ini berbentuk lekukan yang menjorok ke luar dan memiliki dua tingkat. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman unik seolah berenang melayang di atas lembah Sungai Ayung. Ditambah lagi, kolam ini memanjakan mata dengan pesona alam yang spektakuler.

Apabila ingin duduk berjemur, tersedia deretan kursi khusus berjemur yang dilengkapi kanopi kecil di kolam bagian bawah.

Karena keunikan desain dan lokasinya, infinity pool Hanging Gardens ini pernah dinobatkan sebagai ‘The World’s Best Swimming Pool’ versi Nast Traveller dan berada di peringkat satu di Tripadvisor.

4. The Tank, Las Vegas

Beralih ke Negeri Paman Sam, ada kolam renang di The Golden Nugget Hotel di Las Vegas yang memiliki desain unik.  Nama kolamnya adalah The Tank. Keunikan dari kolam ini karena bersebelahan dengan akuarium penuh hewan laut termasuk di dalamnya pari manta dan hiu.

Kolam ini juga memiliki perosotan setinggi tiga lantai. Apabila naik dan berseluncur di perosotan tersebut, pengunjung akan melintasi akuarium yang berisi 300 hewan laut.

Selain berseluncur, pengunjung juga bisa berenang di kolam yang mengelilingi tank akuarium di bagian bawah. Bisa dibayangkan, berenang dan berseluncur berdampingan dengan hiu, tentunya akan menjadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup.

Berkat konsepnya yang unik tersebut, The Tank berhasil meraih beberapa penghargaan seperti World’s Coolest Pools versi Smart Travel, America’s Most Amazing Hotel Pools versi CNN hingga One of The Most Extreme Pools in The World versi Travel Channel.

5. The Oberoi Udaivilas, Udaipur, India

Udaipur dikenal juga dengan sebutan Kota Danau yang merupakan ibu kota Kerajaan Mewar. Di kota ini ada salah satu hotel terkenal di India yang seperti istana dan dikelilingi puncak bukit, The Oberoi Udaivilas.

Hotel yang terletak di tepi Danau Pichola ini memiliki luas 55 hektare. Desainnya sangat khas bagunan istana kerajaan di India dengan kubah dan koridor yang saling terhubung. Tak hanya itu saja, hotel ini dikelilingi taman yang luas.

Salah satu fasilitas yang menarik adalah kolam renangnya. Berenang di kolam ini berasa seperti royal princess karena latar belakang bangunannya megah seperti istana dan memiliki pemandangan taman yang indah.

Dikutip dari website resmi The Oberoi Udaivillas, tersedia dua kolam renang yang dikontrol suhu dengan fitur desain terinspirasi dari arsitektur Mughal. Arsitektur Mughal adalah jenis arsitektur yang dikembangkan oleh Mughal di abad ke-16, 17 dan 18 di seluruh wilayah kekaisaran yang terus berubah di anak benua India.

Adapun panjang dari kolam renang utama yakni 27 meter dan kolam spa yang khusus dewasa memiliki panjang 25 meter.

6. Bondi Icebergs, Australia

Bondi Icebergs adalah kolam renang umum yang terletak di tepi Pantai Bondi Australia. Kolam ini milik klub renang musim dingin berlisensi dunia dan sudah ada sejak tahun 1929.

Awal mula berdirinya klub ini dari sekelompok penyelamat lokal yang memiliki keinginan untuk menjaga kebugaran mereka selama bulan-bulan musim dingin. Sejak didirikan pada tahun 1929, klub ini memiliki reputasi sebagai salah satu klub renang paling terkenal di Australia.

Ada dua ukuran kolam renang di Bondi Icebergs yakni ukuran olympic dengan air berwarna biru, dan satunya lebih dangkal karena khusus untuk anak-anak. Keunikan dari kolam ini adalah airnya.

Umumnya air kolam renang adalah air tawar dan menggunakan kaporit. Namun berbeda dengan kolam di tempat ini karena menggunakan air laut. Kendati demikian, suhu air di kolam ini selalu lebih dingin dari air laut.

Keunikan lainnya adalah lokasi dari kolam ini yang berada di atas batu karang, sehingga kadang diempas semburan ombak. Terlebih saat angin besar dan ombak tinggi. Kondisi ini tidak menyeramkan bagi pengunjung justru menjadi daya tariknya.

Sumber: Life beyond spot

7. Infinity Pool One & Only Reethi Rah, Maldives

Beberapa tahun belakangan ini Maldives menjadi negara yang populer di kalangan wisatawan karena memiliki wisata bahari yang menakjubkan. Terkenal dengan laut jernih berwarna biru toska, pasir putih, negara ini memiliki hotel dengan kolam renang unik. Salah satunya adalah One & Only Reethi Rah.

Spa hotel ini termasuk yang terbaik di Pulau Maldives. Namun, yang mencuri perhatian adalah infinity pool-nya yang unik. Mengapa? Karena desain kolam ini memanjang ke dalam laut! Kolam dengan panjang 30 meter ini hanya diperbolehkan untuk orang dewasa saja.

Memang bentuknya standar seperti kolam pada umumnya tapi sensasi yang ditawarkan sangat berbeda dari hotel lainnya. Kapan lagi bisa berenang seolah di tengah laut? Tentunya ini akan menjadi pengalaman terbaik bagi pengunjung. Ditambah lagi latar belakang pemandangannya yang sangat instagramable, cocok untuk konten media sosial.

Baca juga: 10 Villa di Jogja dengan Kolam Renang Pribadi

Berbagai kolam renang di atas membuktikan bahwa minat masyarakat dunia akan olahraga ini sangat tinggi. Walau tidak bisa berenang, berendam di kolam dangkal menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Exit mobile version