Komponen Penting di Mobil yang Tak Boleh Diabaikan Perawatannya

 

Salah satu kewajiban pemilik mobil adalah melakukan perawatan rutin. Tujuannya, agar usia komponen pada mobil bisa digunakan dengan optimal dan memiliki usia pakai lebih lama.

Dengan demikian, secara tak langsung juga menghemat pengeluaran pemilik mobil lantaran tak harus mengganti komponen sebelum waktnya.

Untuk pengecekan dan servis rutin, menurut General Manager Branch Operation & Commercials Carsome Indonesia Donald Rachmat, tak harus dilakukan tiap enam bulan sekali atau berpatokan pada jarak tempuh yang biasanya mengacu pada 10.000 km.

“Kilometer tidak selamanya menjadi acuan untuk melakukan servis mobil, namun pada teori umum 10.000 km pada mobil baru dapat dicapai dalam waktu 6 bulan. Jika tidak mencapai kilometer tersebut tetap wajib melakukan servis mobil,” katanya.

BACA JUGA : Hemat dan Praktis, Ini 6 Langkah Cuci Mobil Sendiri di Rumah

Nah, di luar dari kewajiban melakukan servis berkala, pemilik kendaraan perlu tahu bila ada beberapa komponen wajib yang harus diperhatikan kondisinya. Balik lagi, tujuannya agar usai pakai dari komponen tersebut bisa lebih panjang.

Persiapan kendaraan

Apa saja komponen tersebut, berikut kisi-kisinya ;

1. Pengereman

Sistem pengereman pada mobil memiliki peran penting, tapi lebih dari itu kinerjanya bisa dibilang cukup keras sama seperti mesin. Bagi yang suka melewati rute kemacetan, otomatis penggunaan rem akan lebih sering yang membuat kerjanya lebih ekstra.

Karena itu penting untuk pemilik mobil melakukan pengecekan kondisin sistem rem yang biasanya terdiri dari kampas, minyak rem, dan selang rem.

2. Ban

Untuk komponen yang satu ini juga tak kalah pentin dicek kondisinya. Apalagi ban menjadi komponen yang langsung bersentuhan dengan aspal dan memiliki perang penting dari segi kenyamanan sampai keselamatan.

Pemilik kendaraan wajib melakukan pengecekan secara berkala. Salah satunya dengan memastikan tekanan udara juga melihat permukaannya apakah masih bagus atau sudah tipis.

3. Aki

Aki memiliki peran penting dalam menyalurkan daya listrik ke komponen elektrik pada mobil. Jika kurang diperhatikan kondisinya, aki bisa membuat anda kesulitas karena mobil yang susah distarter.

BACA JUGA : 4 Kunci Penting Menjaga Bisnis UMKM Berkelanjutan

Sebaliknya, bila aki terawat, maka kinerjanya akan selalu optimal. Paling penting lagi, usai pakai juga bisa lebih lama.

4. Filter

Komponen yang memiliki fungsi sebai penyaringan ini tak boleh diabaikan. Pemilik mobil wajib melakukan pengecekan berkala dari filter oli, filter bahan bakar, filter udara dan filter AC. Keempatnya harus dicek agar debu dan kotoran tidak menyumbat sirkulasi.

Exit mobile version